Makassar Terkini https://makassar.terkini.id cerdas tak menggurui Sun, 18 Feb 2018 22:51:06 +0000 id-ID hourly 1 Deng Ical ajak masyarakat deteksi dini kanker https://makassar.terkini.id/deng-ical-ajak-masyarakat-deteksi-dini-kanker/ https://makassar.terkini.id/deng-ical-ajak-masyarakat-deteksi-dini-kanker/#respond Sun, 18 Feb 2018 22:51:06 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68782 Terkini.id, Makassar – Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, mengajak seluruh masyarakat berperan aktif mendeteksi dini penyakit kanker. Hal […]

Posting Deng Ical ajak masyarakat deteksi dini kanker Makassar Terkini.

]]>

Terkini.id, Makassar – Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, mengajak seluruh masyarakat berperan aktif mendeteksi dini penyakit kanker.

Hal itu disampaikan Deng Ical, saat menghadiri aksi peduli anak-anak penderita kanker, di Trans Studio Mall Makassar, Minggu 18 Februari 2018.

“Banyak hal dimana kita bisa mengambil peran untuk peduli kepada mereka. Bisa melalu donasi, motivasi dan lainnya,” kata Deng Ical, sapaan Wakil Wali Kota.

Ia juga memotivasi para pasien dan anak-anak penderita kanker untuk tidak patah semangat.

“Kita tidak menginginkan mereka ini hilang kesempatannya untuk berbuat yang terbaik sesuai dengan potensinya, karena pada hakekatnya anak-anak penderita kanker itu tidak selamanya hidupnya selesai. Karena ada potensi hidup yang ditentukan Allah,” katanya.

Dia menambahakan, jika yang hadir di sini pasti memiliki kepedulian dan perhatian terhadap anak-anak penderita kanker. 

“Saya berharap perhatian ini bisa keluar dan bisa terwujud pada posisi yang tepat. Yang uangnya banyak bisa memberikan donasi dan yang punya kemampuan ilmu bisa memberikan pengetahuan dan keterampilannya,” tutupnya.

Posting Deng Ical ajak masyarakat deteksi dini kanker Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/deng-ical-ajak-masyarakat-deteksi-dini-kanker/feed/ 0
Peneliti Antariksa ungkap fakta baru Matahari akan terbit dari Barat https://makassar.terkini.id/peneliti-antariksa-ungkap-fakta-baru-matahari-akan-terbit-dari-barat/ https://makassar.terkini.id/peneliti-antariksa-ungkap-fakta-baru-matahari-akan-terbit-dari-barat/#respond Sun, 18 Feb 2018 17:09:53 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68771 Terkini.id, – Kiamat mungkin memang rahasia Tuhan, namun demikian Dia telah memberi petunjuk akan kedatangan hari pembalasan itu di kitab […]

Posting Peneliti Antariksa ungkap fakta baru Matahari akan terbit dari Barat Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, – Kiamat mungkin memang rahasia Tuhan, namun demikian Dia telah memberi petunjuk akan kedatangan hari pembalasan itu di kitab sucinya.

Mulai dari tanda-tanda kecil seperti kemaksiatan yang meraja rela, hingga gejala matahari terbit dari barat bukti kiamat telah dekat. Alhasil beberapa peneliti pun berbondong-bondong membuktikan kebenaran tanda-tanda tersebut.

Dilansir dari Boombastis, beberapa waktu yang lalu seorang peneliti menemukan teori mencengangkan mengenai salah satu tanda kiamat.

Ya, peristiwa terbitnya matahari dari barat kini bukan lagi mitos belaka namun bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan. Lalu seperti apa hasil penelitian ilmuwan itu? Simak ulasan berikut.

Magnet bumi melemah, matahari bisa terbit dari barat

Ilustrasi magnet bumi melemah, matahari bisa terbit dari barat. (foto/blogspot.com)

Beberapa waktu yang lalu, perhatian saintis tertuju pada penelitian baru yang lumayan menggemparkan dunia. Teori mengenai melemahnya magnet bumi menjadi perbincangan hangat di kalangan para ahli.

Dilansir dari The Sun, terjadi pelemahan serta pergeseran dari kutub bumi saat ini. Yang dimaksud di sini bukanlah nama tempat bernama kutub utara atau pun selatan, melainkan poros magnetik dari planet bumi kita.

Alhasil, kemungkinan yang terjadi adalah perputaran rotasi bakal mengalami pembalikan, sehingga matahari akan terbit dari barat.

Sejatinya kejadian ini telah ratusan kali terjadi dalam rentang  1.000 hingga 10.000 tahun. Akan tetapi terakhir kali terjadi pada 780.000 tahun yang lalu.

Efek paling ringan adalah gangguan listrik di seluruh penjuru dunia

Ilustrasi efek paling ringan adalah gangguan listrik di seluruh penjuru dunia. (foto/lintasntt.com)

Dilansir dari Dailymail, Direktur Laboratory for Atmospheric and Space Physics di University of Colorado, Amerika Serikat, Daniel Baker juga membenarkan akan kemungkinan perputaran rotasi bumi ini.

Kemungkinan paling minim dengan adanya kejadian alam ini adalah gangguan listrik parah di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya untuk di Bumi, keadaan saltelit-satelit di luar angkasa pun mengalami gangguan serupa.

Seperti yang dilaporkan Badan Antariksa Eropa, Swarm Trio, adanya perubahan rotasi ini mengakibatkan gangguan listrik di satelit luar angkasa apalagi ditambah dengan badai matahari lebih besar dari biasa.

Skenario kiamat baru

Ilustrasi skenario kiamat baru. (foto/scienceblogs.com)

Dilansir dari Kompas, skenario terburuk dari adanya kejadian rotasi terbalik dari bumi ini adalah bencana yang luar biasa.

Adanya perputaran tidak biasa itu mengakibatkan beberapa daerah di bumi tidak bisa dihuni lagi. Bahkan kemungkinan manusia juga bisa saja musnah karena adanya perubahan ekstrem dari suhu bumi.

Planet kita yang dulunya sangat subur, bisa jadi tandus dan tidak mampu lagi menyandang kehidupan yang ada. Kemungkinan, Bumi bisa saja jadi seperti planet Mars yang panas dan tidak bisa dihuni.

Perubahan rotasi bumi masih belum dipastikan

Ilustrasi. (foto/eco-business.com)

Meskipun banyak teori yang bikin merinding mengenai rotasi terbalik dari bumi ini, namun beruntung masih belum dipastikan waktu hal itu akan terjadi. Namun demikian, adanya pelemahan kutub magnetik dari bumi ini memang benar adanya.

Hal itu dibuktikan dari data penelitian yang menunjukkan kalau medan magnet dan bisa mengakibatkan partikel bersinergi terus menerus dan menembus atmosfer membuat lapisan yang menyerupai ozon.

Efeknya selama ini hanyalah gangguan listrik yang terjadi pada satelit luar angkasa seperti yang dingkapkan sebelumnya, dan masih belum ada masalah gangguan serius.

Tentu dengan adanya penelitian semacam ini semakin membuktikan apa yang ada di kitab-kitab suci. Memang masalah kiamat adalah rahasia yang Maha Kuasa, yang bisa kita lakukan adalah meyakininya. Entah nanti akan benar-benar terjadi atau tidak, penelitian dari para peneliti Antariksa masih terus berlanjut.

Posting Peneliti Antariksa ungkap fakta baru Matahari akan terbit dari Barat Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/peneliti-antariksa-ungkap-fakta-baru-matahari-akan-terbit-dari-barat/feed/ 0
Tinggal di desa, ini 15 peluang bisnis yang patut Anda coba https://makassar.terkini.id/tinggal-di-desa-ini-15-peluang-bisnis-yang-patut-anda-coba/ https://makassar.terkini.id/tinggal-di-desa-ini-15-peluang-bisnis-yang-patut-anda-coba/#respond Sun, 18 Feb 2018 16:25:12 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68764 Terkini.id, – Selama ini masyarakat perdesaan dicirikan dengan kondisinya yang serba kurang apabila dibandingkan dengan masyarakat perkotaan. Dari segi ekonomi, […]

Posting Tinggal di desa, ini 15 peluang bisnis yang patut Anda coba Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, – Selama ini masyarakat perdesaan dicirikan dengan kondisinya yang serba kurang apabila dibandingkan dengan masyarakat perkotaan.

Dari segi ekonomi, masyarakat kota mempunyai taraf kehidupan di atas masyarakat perdesaan. Dari segi pendidikan, jumlah, serta kualitas pendidikan masyarakat desa juga di bawah masyarakat perkotaan.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hidup di kota lebih ideal untuk mencari uang, sebelum menyadari betapa banyaknya ide dan peluang usaha yang ada di desa. Tinggal di desa bukan berarti tidak dapat berkembang dan sukses.

Membuka usaha atau bisnis di desa memang bukan merupakan pilihan yang akan banyak menguntungkan karena daya beli masyarakat desa yang cenderung kecil. Namun apabila anda menjual barang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, tidak mustahil membuka bisnis di desa dapat memberikan keuntungan banyak yang tidak anda kira sebelumnya.

(foto/ils)

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 15 rekomendasi peluang usaha yang ada di desa yang patut anda coba.

1. Membuka toko kelontong
2. Jualan pulsa
3. Bisnis sembako
4. Buka usaha menjahit
5. Bisnis ternak hewan
6. Bisnis jasa cukur
7. Membuka pom bensin mini
8. Bisnis online sebagai reseller
9. Bisnis pertanian atau pengepul hasil panen
10. Bisnis warnet
11. Membuka lembaga kursus
12. Bisnis service elektronik
13. Usaha bengkel
14. Usaha anyaman buat pengrajin
15. Bisnis sewa mesin

Itulah beberapa peluang bisnis yang kami rekomendasikan kepada para pembaca. sukses dan tidaknya bisnis yang anda jalani tergantung bagaimana semangat dan kerja keras yang telah anda lakukan, karena berbisnis dapat menimbulkan banyak resiko.

(foto/ils)

Namun suatu yang wajar jika kita mengalami suatu kendala saat memulai suatu usaha. Oleh karena itu marilah kita menjadi jeli melihat peluang dan memaksimalkan peluang usaha di desa terpencil.

Posting Tinggal di desa, ini 15 peluang bisnis yang patut Anda coba Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/tinggal-di-desa-ini-15-peluang-bisnis-yang-patut-anda-coba/feed/ 0
Gandeng PNUP dan ELC, komunitas ENT sukses gelar Talkshow Beasiswa https://makassar.terkini.id/gandeng-pnup-dan-elc-komunitas-ent-sukses-gelar-talkshow-beasiswa/ https://makassar.terkini.id/gandeng-pnup-dan-elc-komunitas-ent-sukses-gelar-talkshow-beasiswa/#respond Sun, 18 Feb 2018 15:51:25 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68742 Terkini.id, Makassar – Scholarship Talkshow dan TOEFL Workshop yang diselenggarakan oleh Komunitas Bahasa Inggris, English Entertainment (ENT) di Aula kampus […]

Posting Gandeng PNUP dan ELC, komunitas ENT sukses gelar Talkshow Beasiswa Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, Makassar – Scholarship Talkshow dan TOEFL Workshop yang diselenggarakan oleh Komunitas Bahasa Inggris, English Entertainment (ENT) di Aula kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, berjalan sukses dan terselenggara dengan lancar.

English Entertainment adalah komunitas yang didirikan pada tanggal 12 November 2015 oleh mahasiswi asal Makassar, Dewi Damayanti Abdul Karim yang bertujuan membantu pemuda-pemudi yang belum memiliki dasar berbahasa Inggris dan berlatarbelakang organisasi guna berkembang bersama ENT.

“Setiap tahunnya, kami mengadakan kegiatan besar berskala nasional. Mengawali tahun 2018 ini kami ingin membuatnya menjadi sesuatu yang berbeda,” kata Rusman Hadi Takbir, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh Makassar selaku Project Leader. Sabtu, 17 Februari 2018.

Rusman juga mengungkapkan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di bulan Februari ini karena 3 beasiswa yang dibahas kali ini sedang proses pembukaan pada bulan ini.

“Kami juga menawarkan proses following up bagi partisipan yang mau menjadi salah satu bagian dari beasiswa unggulan, yakni beasiswa resmi dari Kementrian Pendidikan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Suasana jalannya Talkshow beasiswa yang digelar oleh komunitas ENT

Untuk kegiatan kali ini ENT menggandeng salah satu lembaga kursus Makassar, ELC Education dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang serta beberapa media dan organisasi untuk mendukung kegiatan mereka.

Talkshow Beasiswa inipun dirancang kurang lebih 1 bulan yang terdiri dari 8 orang panitia dan hanya bermodalkan niat juga keberanian serta optimisme bahwa kegiatan ini akan berhasil jika dibarengi dengan usaha dan kerja keras.

“Tahun ini ENT kembali mengadakan TOEFL Workshop. Kegiatan itu merupakan agenda tahunan yang sempat terlewatkan pada tahun 2017 lalu dikarenakan kami memilih untuk menyelenggarakan kompetisi Esai Nasional sebanyak 2 kali, bazar tes TOEFL dengan harga terjangkau, kegiatan mentoring untuk mendapatkan beasiswa luar negeri dan perekrutan member baru. Belum lagi dengan kegiatan internal kami yakni Speaking dan Grammar yang diadakan dua kali dalam seminggu,” ujar Hamka Ninsyah, mahasiswa Farmasi Universitas Indonesia Timur selaku Community Leader.

Para pembicara Talkshow Beasiswa

Kegiatan Talkshow ENT ini tidak hanya membahas tentang beasiswa yang mengundang 3 penerima beasiswa sebagai narasumber yakni penerima beasiswa LPDP, BU, dan AAS.

Ketiga beasiswa tersebut adalah yang paling populer di kalangan mahasiswa dari sekian banyak program beasiswa yang ada di Indonesia.

Talkshow ini juga menawarkan program tambahan yakni TOEFL Workshop dan tes TOEFL dimana salah satu master TOEFL yang disiapkan oleh ELC Education akan membahas tips dan trik menjawab soal TOEFL dan juga disediakan tes resmi TOEFL guna mengukur kemampuan bahasa Inggris para peserta.

Para peserta mengikuti tes resmi TOEFL dari lembaga kursus ELC sebagai rangkaian dari kegiatan Talkshow Beasiswa oleh ENT

Tak hanya itu, di kegiatan yang diikuti oleh ratusan mahasiswa ini, para panitia bahkan mengajak pemateri dan peserta untuk sama-sama mengucapkan dengan lantang slogan komunitas ENT yakni “Speak and Relax”.

ELC sebagai lembaga kursus yang turut mendukung kegiatan tersebut juga memberikan voucher kursus di ELC yang diperuntukkan bagi 3 orang peserta dengan skor TOEFL tertinggi.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan memotivasi seluruh mahasiswa di penjuru negeri untuk terus mengejar mimpi dan jangan pernah menyerah. Dan untuk menguasai bahasa Inggris, tidak ada tips untuk itu. Belajar dan teruslah berlatih. Dan jika ingin, bergabunglah bersama kami,” pungkas Hamka.

Posting Gandeng PNUP dan ELC, komunitas ENT sukses gelar Talkshow Beasiswa Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/gandeng-pnup-dan-elc-komunitas-ent-sukses-gelar-talkshow-beasiswa/feed/ 0
Jalin harmonisasi antara calon dan KPU, ini yang dilakukan di Barru https://makassar.terkini.id/jalin-harmonisasi-calon-dan-kpu-dilakukan-barru/ https://makassar.terkini.id/jalin-harmonisasi-calon-dan-kpu-dilakukan-barru/#respond Sun, 18 Feb 2018 15:26:48 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68752 Terkini.id, Barru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Barru, menggelar acara jalan santai dalam rangka menjalin silaturahim dan juga sebagai […]

Posting Jalin harmonisasi antara calon dan KPU, ini yang dilakukan di Barru Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, Barru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Barru, menggelar acara jalan santai dalam rangka menjalin silaturahim dan juga sebagai ajang kedekatan antara tim pemenangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Minggu 18 Februari 2018.

Jalan santai ini dilakukan demi menciptakan adanya pilkada damai dalam proses demokrasi di Kabupaten Barru pada pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan, acara itupun dimeriahkan para  simpatisan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, serta pada tim pemenangan masing-masing.

Selain itu, turut ambil bagian dalam jalan sehat tersebut para pengurus KPU tingkat Kabupaten serta jajaran tingkat Kecamatan, tingkat Lurah dan Desa.

Ketua KPU Kabupaten Barru, Sarifuddin H Ukkas, menuturkan, kalau Jalan santai yang digelar pihaknya itu sebagai bentuk dukungan KPU dan juga para tim serta simpatisan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, untuk tetap menjaga proses Pilkada serentak ini.

“Semoga dengan acara seperti ini membangun jiwa emosional antara tim dan simpatisan calon Gubernur dan Wakil gubernur dalam penyelenggaraan Pilkada serentak agar berjalannya Pilkada yang damai dan bersahaja,” katanya.

Sarifuddin menjelaskan, kalau dengan acara seperti ini sebagai bentuk kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2018 ini, dan ini sebagai apresiasi dan dukungan semua pihak dalam menjalankan proses Pilkada ini nantinya.

“Ini bagian dari pada bagaimana memberikan testimoni kepada masyarakat kalau penyelenggara mulai dari tingkat daerah sampai tingkat Kecamatan serta Lurah dan Desa sudah bersedia dalam melaksanakan Pilkada serentak ini,” pungkasnya.

Ia menyebut kami sebagai penyelenggara Pemilu tidak bisa menerima tekanan ataupun intimidasi dari pihak manapun.

“Kita abaikan semua tekanan itu bahwa kita siap melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018. Maka dari itu jalan santai ini adalah penanda akan hal tersebut,” papar Sarifuddin.

Posting Jalin harmonisasi antara calon dan KPU, ini yang dilakukan di Barru Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/jalin-harmonisasi-calon-dan-kpu-dilakukan-barru/feed/ 0
Plt Wali Kota Parepare sambangi Taufan Pawe dan timnya https://makassar.terkini.id/plt-wali-kota-parepare-sambangi-taufan-pawe-dan-timnya/ https://makassar.terkini.id/plt-wali-kota-parepare-sambangi-taufan-pawe-dan-timnya/#respond Sun, 18 Feb 2018 15:20:56 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68749 Terkini.id Parepare – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Parepare, Luthfi Natsir, tiba tepat waktu di lokasi acara Deklarasi Kampanye Damai, […]

Posting Plt Wali Kota Parepare sambangi Taufan Pawe dan timnya Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id Parepare – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Parepare, Luthfi Natsir, tiba tepat waktu di lokasi acara Deklarasi Kampanye Damai, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum kota Parepare, di lapangan Andi Makkasau kota Parepare, Minggu 18 Februari 2018.

Dalam acara tersebut, Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare pasangan Taufan Pawe – Pangerang Rahim, hadir lebih dahulu ketika saat itu baru sejumlah panitia dan juga pengamanan sudah dilokasi acara, sementara rivalnya belum hadir dalam acara tersebut.

Setelah kehadiran paslon nomor urut satu, Taufan Pawe-Pangerang Rahim, turut hadir sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tak berselang lama turut hadir Pelaksana Tugas Wali Kota Parepare, Luthfi Natsir.

Berdasarkan Undangan Komisi Pemilihan Umum Kota Parepare sebagai penyelenggara dalam acara tersebut sedianya diadakan pada pukul 13.00 berdasarkan undangan yang beredar, namun acara baru dimulai sekitar pukul 14.30 sesaat setelah itu baru kemudian seremoni Deklarasi Pilkada Damai dilaksanakan oleh penyelenggara.

Ketua Tim Pemenganan pasangan Calon Wali Kota nomor urut Satu, Kaharuddin Kadir, mengatakan, kalau kehadirannya cepat dalam acara tersebut tidak lain bagaimana memberikan kepada masyarakat bukti keseriusan paslon TP pada Pilkada serentak untuk menciptakan Pilkada Damai.

“Kita sepaham dan komitmen bersama tim, bagaimana dalam pelaksanaan Pilkada Tahun ini kami ikut andil dalam.melaksanakan Pilkada damai, dan kami sebagai Paslom Nomor urut satu sangat setuju untuk menjunjung Pelaksanaan Pilkada serentak ini menjadi Pilkada yang paling damai dan kami sudah ada di lokasi sebelum sejumlah tamu undangan hadir,” pungkasnya.

Kahar menuturkan, bahwa selama ini kepedulian dirinya dalam penyelenggaraan pilkada serentak sebagai peserta Pilkada yang taat aturan, selalu mengikuti beberapa item proses Pilkada serentak selama ini.

“Kami memang selama ini ketika memang waktunya tepat sedang berada di Kota Parepare, kami pastikan Paslon kami hadiri setiap Undangan KPU dan selalu berkeinginan agar tepat waktu, bahkan saat Pangeran Rahim Calon Wakil kita sedang berduka dirinya tetap menyempatkan hadir dalam acara penetapan Calon,” terang dia.

Diapun berharap, kedepannya penyelenggaraan seperti ini tidak lagi terlalu molor panjang sehingga dalam.pelaksanaaannya betul-betul dilakukan dengan semaksimal mungkin.

“Kami berharap kedepannya tidak ada lagi kendala dalam pelaksanannya dan semoga kedepannya pelaksanaan setiapa acara bisa berjalan dengan lancar dan baik,” ucapnya.

Posting Plt Wali Kota Parepare sambangi Taufan Pawe dan timnya Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/plt-wali-kota-parepare-sambangi-taufan-pawe-dan-timnya/feed/ 0
KPU Jeneponto gelar deklarasi kampanye damai, ini aktivitas 4 Paslon https://makassar.terkini.id/kpu-jeneponto-gelar-deklarasi-kampanye-damai-aktivitas-4-paslon/ https://makassar.terkini.id/kpu-jeneponto-gelar-deklarasi-kampanye-damai-aktivitas-4-paslon/#respond Sun, 18 Feb 2018 15:11:29 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68746 Terkini.id, Jeneponto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan […]

Posting KPU Jeneponto gelar deklarasi kampanye damai, ini aktivitas 4 Paslon Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, Jeneponto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, pada Pilkada serentak Tahun 2018, Minggu, 18 Februari 2018.

Penyelenggaraan deklarasi ini dilaksanakan secara serentak di 171 daerah yang menyelenggarakan pemilihan di tahun 2018 yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten di seluruh Indonesia.

Deklarasi Kampanye damai yang diselenggarakan KPU Jeneponto, dihadiri 4 Pasangan calon, Kapolres, Perwakilan Dandim 1425, Perwakilan Kejari, Panwaslu Jeneponto dan ratusan tim Kampanye dari 4 Paslon

Ketua KPU Jeneponto Muh Alwi, mengingatkan kepada Paslon, tim kampanye dan masyarakat, bahwa penyelenggaraan deklarasi damai ini dilaksanakan dengan tujuan agar pelaksanaan Pilkada yang telah memasuki tahapan kampanye dapat berjalan sesuai dengan aturan.

“Kami berharap Pilkada Jeneponto dapat berlangsung dengan damai demi mewujudkan Pilkada yang bermartabat dan berbudaya serta berintegritas,” jelas Alwi.

Sedangkan, Ketua Panwaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful menegaskan kepada semua elemen, bahwa Pilkada Jeneponto harus damai.

“Pilkada Jeneponto harus damai untuk itu, saya harapkan kepada peserta pemilu,dalam tahapan Kampanye ini agar menyosialisasikan program kepada masyarakat, sampaikan visi misi anda, bertarunglah secara secara hormat, dengan tetap menjunjung budaya assipakatau,” tegas Saiful di depan 4 paslon.

Saiful juga menyampaikan kepada pasangan calon, agar meraih kemenangan secara terhormat karena menurutnya, jabatan Bupati dan Wakil Bupati adalah jabatan yang terhormat.

“Jabatan bupati dan wakil bupati adalah jabatan mulia,  untuk itu semua harus sepakat untuk taat aturan, taat normah, kedepankan budaya saling menghargai, dan saling menghormati, untuk mencapai jabatan mulia itu,” tegasnya.

Dalam deklarasi damai itu dibuktikan dengan penandatanganan kampaye damai oleh ke 4 Paslon, KPU, Panwaslu, Unsur Muspida, dan semua tim Kampanye.

Selain penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh para kandidat, deklarasi kampanye damai ini juga dilakukan pelepasan burung merpati oleh segenap kandidat dan seluruh tamu undangan yang hadir sebagai simbol kedamaian dalam proses Pemilihan Serentak 2018.

Yang dilanjutkan dengan Roadshow Bersama Empat Pasangan calon Peserta Pilkada, KPU, Panwaslu, unsur Muspida yang diikuti 60 mobil dari tim kampanye ke 4 paslon.

Posting KPU Jeneponto gelar deklarasi kampanye damai, ini aktivitas 4 Paslon Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/kpu-jeneponto-gelar-deklarasi-kampanye-damai-aktivitas-4-paslon/feed/ 0
Rayakan HUT Barru, peserta jalan santai padati alun-alun https://makassar.terkini.id/rayakan-hut-barru-peserta-jalan-santai-padati-alun-alun/ https://makassar.terkini.id/rayakan-hut-barru-peserta-jalan-santai-padati-alun-alun/#respond Sun, 18 Feb 2018 15:04:07 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68743 Terkini.id Barru – Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barru, dirangkaian dengan sejumlah acara, termasuk acara yang digelar di alun-alun […]

Posting Rayakan HUT Barru, peserta jalan santai padati alun-alun Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id Barru – Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Barru, dirangkaian dengan sejumlah acara, termasuk acara yang digelar di alun-alun Kabupaten Barru yakni acara jalan santai turut diramaikam masyarakat Kabupaten Barru, pada Minggu 18 Februari 2018.

Acara tersebut akhirnya membuat alun-alun Kabupaten Barru menjadi ladang manusia, bahkan diprediksi dalam acara itu dihadiri ribuan masyarakat Kabupaten Barru untuk mengambil andil bagian dalam menyemarakkan acara tersebut.

Bupati Barru, Suardi Saleh, usai melepas rombongan jalan santai dalam acara itu, mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan support masyarakat tentang kemajuan Kabupaten Barru.

“Dengan acara seperti ini memberikan daya dorong dan apresiasi masyaralat agar bagaimana kita saling bersama dalam menata dan menbangun Kabupaten Barru untuk kedepannya, selain itu sebagai bentuk keterlibatan semua pihak dalam menyelenggarakan acara ini,”ucapnya.

Selain itu, kata Suardi, acara ini juga tidak lain adalah bagaimana menjalin silaturahim dan persaudaraan antara sesama masyarakat Barru, sehingga peratuan dan kesatuan dalam membangun Kabupaten Barru ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

“Acara ini juga menjadi ladang untuk menjalin silaturrahim dan kebersamaan antara sesama masyarakat Kabupaten Barru,” pungkasnya.

Ketua panitia pelaksana HUT Kabupaten Barru, Abustan, mengatakan dalam acara ini sendiri diprediksi jumlah masyarakat yang hadir itu mencapai ribuan orang, serta para peserta ini sendiri harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer.

“Peserta dalam acara ini sendiri harus melalui jalur sejauh lima kilometer, dan itu dihadiri ribuan masyarakat,” terang dia.

Posting Rayakan HUT Barru, peserta jalan santai padati alun-alun Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/rayakan-hut-barru-peserta-jalan-santai-padati-alun-alun/feed/ 0
Lantang, TP bacakan deklarasi kampanye damai https://makassar.terkini.id/lantang-tp-bacakan-deklarasi-kampanye-damai/ https://makassar.terkini.id/lantang-tp-bacakan-deklarasi-kampanye-damai/#respond Sun, 18 Feb 2018 14:58:32 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68738 Terkini.id, Parepare – Calon Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) tampil dengan suara lantang dalam membacakan ikrar atau deklarasi kampanye […]

Posting Lantang, TP bacakan deklarasi kampanye damai Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, Parepare – Calon Wali Kota Parepare Taufan Pawe (TP) tampil dengan suara lantang dalam membacakan ikrar atau deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Mingg 18 Februari 2018.

Didampingi oleh masing-masing pasangannya, Taufan dengan Pangerang, dan Faisal dengan Asriadi, keduanya membacakan ikrar itu di depan Pjs Wali Kota Parepare Luthfi Nasir, Kepala Kejari Reskiana Ramayanti, dan sejumlah unsur forkopimda yang hadir, serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisioner KPU Kota Parepare

Ketua Tim Pemenangan paslon Taufan-Pangerang (TP), Kaharuddin Kadir mengatakan, suara lantang saat Taufan membacakan deklarasi tersebut, merupakan wujud kepemimpinanan TP yang dinilai tegas, dan amanah untuk membawa Parepare nomor satu.

“Suara lantang Pak TP adalah bukti keseriusan beliau dalam mengucapkan ikrar deklarasi kampanye damai. Kami ingin Parepare tetap nomor satu, tanpa ada perpecahan,” ungkap Kahar yang juga Ketua DPRD Kota Parepare ini.

Posting Lantang, TP bacakan deklarasi kampanye damai Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/lantang-tp-bacakan-deklarasi-kampanye-damai/feed/ 0
Infografik: ini saldo rekening kandidat pilgub Sulsel https://makassar.terkini.id/infografik-saldo-rekening-kandidat-pilgub-sulsel/ https://makassar.terkini.id/infografik-saldo-rekening-kandidat-pilgub-sulsel/#respond Sun, 18 Feb 2018 14:51:04 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=68731 Terkini.id, Makassar – Dana kampanye para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, untuk tahap pertama telah disampaikan oleh KPUD. […]

Posting Infografik: ini saldo rekening kandidat pilgub Sulsel Makassar Terkini.

]]>
Terkini.id, Makassar – Dana kampanye para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, untuk tahap pertama telah disampaikan oleh KPUD.

Dalam Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) tersebut, Paslon nomor urut 1, Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar (NH-Aziz) memiliki LADK tertinggi, yakni Rp 501 juta.

Kandidat kedua terbesar, adalah Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) Rp 100 juta.

Kemudian, di posisi ketiga adalah Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman sebesar Rp80.000.000 dan terakhir Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo Rp 75 juta.

Sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2017 ada tiga jenis pelaporan dana kampanye yakni LADK (Laporan Awal Dana Kampanye), LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye), LPPDK (Laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye).

Posting Infografik: ini saldo rekening kandidat pilgub Sulsel Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/infografik-saldo-rekening-kandidat-pilgub-sulsel/feed/ 0