Makassar Terkini https://makassar.terkini.id Makassar Lebih Baik Mon, 26 Jun 2017 00:37:22 +0000 id-ID hourly 1 Hari pertama Idul Fitri, Wakil Bupati open house di 2 tempat https://makassar.terkini.id/hari-pertama-idul-fitri-wakil-bupati-open-house-2-tempat/ https://makassar.terkini.id/hari-pertama-idul-fitri-wakil-bupati-open-house-2-tempat/#respond Mon, 26 Jun 2017 00:37:22 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31738 TERKINI.id, JENEPONTO – Setelah menghadiri open house bupati di rumah jabatan bupati,Wakil bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu juga menggelar open house […]

Posting Hari pertama Idul Fitri, Wakil Bupati open house di 2 tempat Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JENEPONTO – Setelah menghadiri open house bupati di rumah jabatan bupati,Wakil bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu juga menggelar open house di rumah jabatan wakil bupati Jeneponto di jalan Sirajuddin, kelurahan Empoang kecamatan Binamu Jeneponto, Minggu, 25 Juni 2017.

Diacara Open house wakil bupati, ratusan tamu dari PNS Pemda Jeneponto dan tokoh masyarakat disajikan menu coto daeng dengan sajian khas dari daging sapi.

Dengan senyuman khasnya Mulyadi menerima tamu di dipekarangan rumah jabatannya yang menyalami setiap tamu yang datang.

Diacara yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita itu, pelayanan tamu terbagi dua, diteras rumah jabatan wakil bupati itu di sediakan untuk melayani tamu laki-laki dan ruangan tamu untuk pelayanan tamu perempuan.

Menurut ketua DPC Hanura itu, open house yang dilaksanakan dihari pertama perayaan hari kemenangan idul fitri itu dilaksanakan di dua tempat.

“Open house tahun ini kami laksanakan dihari pertama perayaan idul fitri didua tempat, dirujab wabup dan sebentar jam empat sore, kami lanjutkan dirumah kediaman di Bangkala,”tuturnya

Menurutnya, open house di rujab wabup itu untuk melayani masyarakat dari kecamatan Rumbia, Tarowang, Batang, Arungkekrle, Kelara, Binamu dan Kecamatan Tamalatea sedangkan di rumah kediamannya di Bangkala, untuk menerima masyarakat dari Kecamatan Bangkala dan Bangkala Barat

“itu kami lakukan supaya masyarakat tidak terlalu jauh menempuh perjalanan untuk bersilaturahmi dengan kami,”Kata Mulyadi Mustamu yang ditemui di rumah jabatan wakil bupati Jeneponto, Minggu, 25 Juni 2017.

Dia juga mengatakan akan menghadiri open house Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo besok, Senin, 26 Juni 2017 di Makassar,”Insya Allah besok kami akan bersilaturahmi dengan pak Gubernur,”Ujarnya

Posting Hari pertama Idul Fitri, Wakil Bupati open house di 2 tempat Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/hari-pertama-idul-fitri-wakil-bupati-open-house-2-tempat/feed/ 0
Ribuan warga Sidrap “Serbu” Open House Bupati Sidrap https://makassar.terkini.id/ribuan-warga-sidrap-serbu-open-house-bupati-sidrap/ https://makassar.terkini.id/ribuan-warga-sidrap-serbu-open-house-bupati-sidrap/#respond Sun, 25 Jun 2017 16:19:01 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31746 TERKINI.id — Open house Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS) di kediaman pribadinya di Jl Abu Bakar No 7 Pangkajene Sidrap […]

Posting Ribuan warga Sidrap “Serbu” Open House Bupati Sidrap Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id — Open house Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS) di kediaman pribadinya di Jl Abu Bakar No 7 Pangkajene Sidrap didatangi ribuan masyarakat Kabupaten Sidrap, Minggu 25 Juni 2017.

Mereka berbondong-bondong mendatangi kediaman RMS untuk bersalaman, foto bersama, serta makan makanan yang disiapkan oleh tuan rumah.

Acara open house seperti ini setiap tahun dilakukan Bupati RMS ini usai pelaksanaan salat Idul Fitri.

“Setiap tahun memang ada acara open house yang dilakukan Pak Bupati Sidrap. Momen ini menjadi wadah bagi masyarakat dan pemerintah kabupaten Sidrap untuk bertemu dan saling memaafkan di hari raya Idul Fitri,” ujar Kepala Dinas Kominfo Sidrap Kandacong.

Open house yang dibuka sejak sore itu dihadiri masyarakat Sidrap yang silih berganti masuk ke kediaman RMS.

Rusdi Masse didampingi sang istri Fatmawati Rusdi sibuk menyambut warga yang mendatangi open house tersebut.

Sejumlah tokoh masyarakat juga hadir, selain itu Kepala Muspida tingkat Pemkab Sidrap, kepala SKPD dalam lingkup Pemkab Sidrap.

Hadir juga Wakil Walikota Parepare Faisal Sapada.

Posting Ribuan warga Sidrap “Serbu” Open House Bupati Sidrap Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/ribuan-warga-sidrap-serbu-open-house-bupati-sidrap/feed/ 0
Ratusan masyarakat hadiri open house Bupati Jeneponto https://makassar.terkini.id/ratusan-masyarakat-hadiri-open-house-bupati-jeneponto/ https://makassar.terkini.id/ratusan-masyarakat-hadiri-open-house-bupati-jeneponto/#respond Sun, 25 Jun 2017 11:40:12 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31716 TERKINI.id, JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar memanfaatkan Momen Idul Fitri dengan menggelar open house untuk bersilaturahmi dengan unsur muspida, […]

Posting Ratusan masyarakat hadiri open house Bupati Jeneponto Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JENEPONTO – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar memanfaatkan Momen Idul Fitri dengan menggelar open house untuk bersilaturahmi dengan unsur muspida, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, ASN dan tokoh masyarakat Jeneponto di rumah jabatan bupati setelah melaksanakan shalat idul fitri di lapangan parang passamaturukang kelurahan Empoang kecamatan Binamu, Minggu, 25 Juni 2017

Open House yang digelar di rumah jabatan bupati itu dimulai sekitar pukul 09.00.

Dengan mengenakan baju koko putih yang ditutupi dengan jaz hitam dan peci hitam Bupati Iksan bersama Ketua TP PKK Jeneponto Hj Hamsiah bersama keluarga menyambut tamu yang datang.

Nampak hadir wakil bupati Jeneponto Mulyadi Mustamu, Ketua DPRD Jeneponto Kasmin Makkamula, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Syamsuddin Karlod, unsur muspida dan ribuan tokoh masyarakat, antri untuk saling memaafkan dengan orang nomor satu di Jeneponto itu.

Open house itu akan berlangsu hingga malam nanti sebelum bertolak ke Makkassar untuk menghadiri open house gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, besok, Senin,26 Juni 2017.

Dari sejumlah pejabat teras Pemerintah daerah Jeneponto yang menggadiri open house di rumah Jabatan bupati itu, diawali dengan kehadiran Sekretaris Daerah (Sekda) Jeneponto Muh Syarif.

Posting Ratusan masyarakat hadiri open house Bupati Jeneponto Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/ratusan-masyarakat-hadiri-open-house-bupati-jeneponto/feed/ 0
Presiden Jokowi bertemu perwakilan GNPF MUI https://makassar.terkini.id/presiden-jokowi-bertemu-perwakilan-gnpf-mui/ https://makassar.terkini.id/presiden-jokowi-bertemu-perwakilan-gnpf-mui/#respond Sun, 25 Jun 2017 11:06:12 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31733 TERKINI.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo pada Minggu, 25 Juni 2017, menerima kunjungan silaturahmi dari perwakilan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa […]

Posting Presiden Jokowi bertemu perwakilan GNPF MUI Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo pada Minggu, 25 Juni 2017, menerima kunjungan silaturahmi dari perwakilan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) di Istana Merdeka. Pertemuan yang diselenggarakan beberapa lama setelah kegiatan _open house_ berakhir tersebut merupakan permintaan dari pihak GNPF MUI yang disampaikan dan dikoordinasikan melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Pada saat _open house_ tadi saya dihubungi oleh Pak Menteri Agama bahwa ini Pak Bachtiar Nasir dan kawan-kawan ingin menghadap Pak Presiden. Tadi Pak Presiden kami laporkan dan beliau mengatakan, ‘Ya, ini kan open house. Siapa saja kita tunggu,'” Menteri Sekretaris Negara Pratikno menerangkan kepada jurnalis.

Dalam pertemuan itu, selain Pratikno, Kepala Negara juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Sementara dari pihak GNPF MUI, turut hadir bersama Bachtiar Nasir ialah Kapitra Ampera, Yusuf Marta, Muhammad Lutfi Hakim, Habib Muchsin, Zaitun Rasmin, dan Denny.

Pratikno menyampaikan bahwa tidak ada pembahasan khusus yang dilakukan antara Presiden dan GNPF MUI. Pertemuan itu murni dilakukan untuk silaturahmi semata.

“Intinya tidak ada acara yang diperbincangkan, hanya silaturahmi saja,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menjelaskan bahwa GNPF MUI menyampaikan apresiasi mengenai apa yang dilakukan pemerintah selama ini. Mereka juga menyatakan mendukung kebijakan pemerintah.

“Mereka juga mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah, pembangunan bangsa ini, dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pak Presiden, serta meminta untuk punya akses komunikasi. Yang disampaikan Presiden, ‘Mari kita buka komunikasi.’ Itu saja,” ia menjelaskan.

Sementara itu usai pertemuan kepada jurnalis, Bachtiar Nasir mengatakan bahwa kunjungannya bertemu Presiden untuk bersilaturahmi. “Alhamdullilah tadi kami diterima Presiden dalam rangka silaturahim halal-bihalal, hari raya dan bagi kami ini kesempatan dalam rangka momen halal bihalal,” ucap Nasir.

Nasir mengakui bahwa Presiden Joko Widodo mengemban amanat yang cukup berat dan selalu berusaha menjalankan setiap program-programnya dengan berbagai macam cara pandang.

“Ada yang suka dan tidak suka, kemudian bagaimana presiden juga harus konsisten dalam program yang dijalankannya. Dan presiden mengatakan ‘saya harus berani mengambil risiko itu’,” kata Nasir.

Nasir juga memuji upaya Presiden Jokowi dalam keberpihakan untuk ekonomi kerakyatan.

“Hal yang cukup bagus adalah bagaimana kita dengar sekian belas juta hektar tanah diperuntukkan untuk masyarakat,” ujar Nasir.

 

Bey Machmudin

Posting Presiden Jokowi bertemu perwakilan GNPF MUI Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/presiden-jokowi-bertemu-perwakilan-gnpf-mui/feed/ 0
Wali Kota Danny buka rumah jabatan untuk umum https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-buka-rumah-jabatan-umum/ https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-buka-rumah-jabatan-umum/#respond Sun, 25 Jun 2017 08:26:16 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31713 TERKINI.id, MAKASSAR – Wali Kota Makassar M Ramdhan “Danny” Pomanto mengajak warga untuk hadir dalam gelaran open house yang dilakukannnya di […]

Posting Wali Kota Danny buka rumah jabatan untuk umum Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, MAKASSAR – Wali Kota Makassar M Ramdhan “Danny” Pomanto mengajak warga untuk hadir dalam gelaran open house yang dilakukannnya di Baruga Anging Mammiri, rujab wali kota yang terletak di jalan penghibur.

Rencananya, open house tersebut akan dilakukan selama dua hari ke depan dimulai sejak hari ini.

Sebelum meninggalkan lokasi salat ied, Danny juga sempat terlihat beberapa saat memungut koran bekas alas yang dipergunakan jamaah salat ied, lalu dikumpulkan di satu tempat.

“Minta tolong nanti Satpol bersama petugas kebersihan agar diperhatikan sampah- sampah korannya,” pungkas Danny lalu segera berpamitan kembali.

Pada kesempatan yang sama, Danny juga menyampaikan permohonan maaf lahir bathin kepada seluruh masyarakat Makassar jika selama memimpin kota ini pernah ada salah- salah kata, masih banyak harapan warga yang belum terpenuhi secara maksimal, atapun perbuatan yang secara tidak sengaja menyakiti pihak- pihak tertentu.

“Saya atas nama pemerintah kota Makassar dan secara pribadi mewakili segenap keluarga kami menghaturkan minal aidin wal faidzin, maaf lahir bathin. Semoga kita semua senantiasa dalam rahmat Allah, SWT, dan berharap kita kembali dipertemukan dengan lebaran tahun depan,” ujar wali kota berlatar belakang arsitek ini lagi.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto kompak melaksanakan salat idul ftri 1438 H di lapangan Karebosi, Minggu (25/6).

Mantan wali kota Makassar A. Hery Iskandar, Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel Abdul Latif, wakil wali kota Makassar, Syamsu Rizal MI, Sekda Ibrahim Saleh, Kapolrestabes Kombes Pol Endi Sutendi, Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid, dan anggot DPRD bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga melakukan salat ied di tempat tersebut.

Mereka membaur dengan ratusan ribu warga dari berbagai penjuru di Sulsel. Tampil sebagai khatib yaitu Dr. Rasyid Masri, M. Ag., Dekan Fakultas Dakwah UIN Alauddin Makassar.

“Semoga di hari kemenangan ini kita benar- benar kembali fitrah (suci) dan dilantik sebagai orang- orang muttaqin (bertakwa),” kata Danny Pomanto.

Posting Wali Kota Danny buka rumah jabatan untuk umum Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-buka-rumah-jabatan-umum/feed/ 0
Iksan, Mulyadi, dan Sekda salat id bersama https://makassar.terkini.id/iksan-mulyadi-dan-sekda-salat-id-bersama/ https://makassar.terkini.id/iksan-mulyadi-dan-sekda-salat-id-bersama/#respond Sun, 25 Jun 2017 07:46:07 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31701 TERKINI.id, JENEPONTO – Iksan, Mulyadi dan Sekda salat Id Bersama Di Pastur. Gema takbir yang telah berkumandang membuat suasana penuh […]

Posting Iksan, Mulyadi, dan Sekda salat id bersama Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JENEPONTO – Iksan, Mulyadi dan Sekda salat Id Bersama Di Pastur.

Gema takbir yang telah berkumandang membuat suasana penuh berkah dan rasa bahagia yang menyelimuti bathin puluhan ribu masyarakat Kabupaten Jeneponto yang berkumpul dilapangan parang passamaturukang, Kelurahan Empoang kecamatan Binamu, dengan mengumandangkan asma Allah guna melaksanakan salat Idul Fitri 1438 Hijriah, Minggu 25 Juni 2017.

Hadir bersama puluhan ribu masyarakat, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Wakil bupati Mulyadi Mustamu, Sekretaris Daerah (Sekda) Muh Syarif, unsur muspida, sejumlah pimpinan OPD, Ketua TP PKK kabupaten Jeneponto.

Shalat sunnah idul fitri 1438 hijriah dipimpin oleh imam Syamsuddin Awing dengan khatib Ustdz Syuaib Sewang Ketua Muhammdyah Kabupaten Jeneponto yang mengangkat tema dengan hati dan sikap yang fitrah kita wujudkan pembaharuan menuju Jeneponto yang daya saing dengan daerah lain.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam Sambutannya,mengajak jamaah untuk senantiasa memuji kebesaran Allah SWT, karena menurutnya dihari yang fitrah ini Allah SWT masih memberi nikmat kesehatan dan kesempatan, sehingga pada hari ini ummat Islam bersama-sama menunaikan Shalat Iedul Fitri 1438 Hijriah Tahun 2017 masehi.

“Setelah 29 hari kita melaksanakan puasa di bulan suci Ramadhan,bersama menunaikan ibadah dan menjalankan perintah Allah dan sunnah Rasulullah, dan di hari kemarin, sejak terbenamnya matahari, Ramadhan itu telah berlalu, meninggalkan kita dengan penuh suka cita, dengan harapan kita semua dapat bertemu kembali di Ramadhan mendatang, dengan menitipkan amanah suci bagi umatnya,”Jelas Iksan dalam sambutannya sebelum shalat idul fitri dilaksanakan.

Iksan melanjutkan Untuk menjaga ibadah, meningkatkan kekuatan iman dan taqwa, menuju insan yang tawadhu dan fathonah. Dengan i pagi yang penuh berkah ini, mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil, melafalkan tasbih, memuja dan memuji kepada Asmah Allah kita berupaua mewujudkan masyarakat Jeneponto yang berdaya saing dan sejahtera.

“Mari kita wujudkan tekad kita bersama sebagai bagian
dari ibadah sosial l, untuk terus berupaya Penyatuan visi
dalam merubah Jeneponto menjadi daerah yang lebih maju dan terus berkembang, itu adalah suatu keharusan tanpa menafikkan hasil dan kerja nyata pembangunan yang telah kita lakukan secara bersama dengan seluruh lapisan masyarakat,”ujar Iksan

Selain itu, Bupati juga berharap substansi perubahan dapat terwujud dengan baik, dengan tetap berlandaskan pada pengelolaan secara optimal di berbagai potensi dan sumber daya yang kita miliki.

“olehnya itu, seluruh jajaran Pemerintahan dituntut untuk secara integral dan terpadu, bertanggung jawab bersama dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan, sebagai wujud menjalankan kepercayaan dan amanah rakyat Jeneponto,”ungkapnya

Perjalanan waktu telah mengantarkan kita bersama, yang tidak terasa di tahun ini telah memasuki tahun ke-empat periode kepemimpinan kami. Dan yang menjadi kebahagiaan bersama jajaran Pemerintah
Daerah dan seluruh lapisan masyarakat, karena dengan penuh kebersamaan kita bekerja penuh semangat, tulus dan
ikhlas, menghadapi segala tantangan dan memberikan solusi atas berbagai permasalahan.

“mari kita wujudka tekad kita dalam membangun Jeneponto menjadi daerah yang tumbuh dan memiliki daya saing
dengan daerah lain,sehingga kita keluar dari ketertinggalan,”Tutup Iksan

Posting Iksan, Mulyadi, dan Sekda salat id bersama Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/iksan-mulyadi-dan-sekda-salat-id-bersama/feed/ 0
Hadapi Pilkada, ini syarat Balon Usungan PDIP https://makassar.terkini.id/hadapi-pilkada-syarat-balon-usungan-pdip/ https://makassar.terkini.id/hadapi-pilkada-syarat-balon-usungan-pdip/#respond Sun, 25 Jun 2017 07:41:10 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31670 TERKINI.id, JENEPONTO – Untuk menghadapi Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan memprioritaskan bakal calon […]

Posting Hadapi Pilkada, ini syarat Balon Usungan PDIP Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JENEPONTO – Untuk menghadapi Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan memprioritaskan bakal calon bupati yang bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk usung di Pilkada serentak.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP Provinsi Sulawesi Selatan Ridwan Wittiri saat ngopi bareng di warkop Balla Kopy Turatea Jalan Lanto Daeng Pasewang kelurahan Empoang kecamatan Binamu Jeneponto, Jumat, 23 Juni 2017.

“terkait dengan siapa bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada Pilkada serentak 2018, tentunya Dewan pimpinan cabang dan dewan pimpinan daerah akan mengacu pada survei dan akan fokus pada bakal calon yang bisa bekerja sama dengan partai pemerintah,” kata Ridwan.

Menurutnya, sebagai Partai pemenang pemilu pada pemilihan umum yang lalu, PDIP tetap fokus sebagai partai pendamping pemerintah dalam membangun dan menata negara kita, termasuk di kabupaten Jeneponto ini.

“Untuk itu dalam menentukan bakal calon yang akan diusung nanti, kita akan melihat siapa yang bisa bekerja dengan pemerintah pusat sampai dengan akhir masa jabatan presiden RI Joko Widodo pada tahun 2019,” jelasnya.

Terkhusus bakal calon bupati yang akan diusung di Pilkada Jeneponto, Anggota DPR RI itu, menyampaikan, bahwa tidak menutup kemungkinan PDIP akan mengusung kembali Bupati Jeneponto sekarang.

“Intinya siapapun yang Intens komunikasi dengan PDIP Perjuangan dan bisa bekerja sama dengan PDIP Perjuangan khususnya berkomitmen untuk menjalankan program pemerintah pusat Jokowi-JK sampai akhir masa jabatannya diperiode pertama ini,” ungkapnya

Untuk mewujudkan kebijakan pemerintah pusat, PDIP akan mengusung balon yang berkomitmen untuk mengamankan kebijakan Jokowi-JK sampai 2019.

“Berkomitmen untuk memenangkan Pak Jokowi jika bersedia maju lagi bertarung di Pilpres 2019 nanti, untuk itu, PDI Perjuangan meminta perluasan sinyalnya dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019,”imbuh Ridwan kepada awak media

Hadir diDalam ngopy bareng tersebut, anggota DPRD Provinsi Sulsel dari fraksi PDIP H. Alimuddin dan rombongan serta sejumlah aktivis pemuda Turatea.

Posting Hadapi Pilkada, ini syarat Balon Usungan PDIP Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/hadapi-pilkada-syarat-balon-usungan-pdip/feed/ 0
Wali Kota Danny dan Gubernur Syahrul salat ied di Karebosi https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-dan-gubernur-syahrul-salat-ied-karebosi/ https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-dan-gubernur-syahrul-salat-ied-karebosi/#respond Sun, 25 Jun 2017 02:30:42 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31698 TERKINI.id, MAKASSAR – Gema takbir akbar berkumandang di Lapangan Karebosi. Ratusan ribu masyarakat Sulsel dari berbagai penjuru berkumpul melaksanakan salat […]

Posting Wali Kota Danny dan Gubernur Syahrul salat ied di Karebosi Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, MAKASSAR – Gema takbir akbar berkumandang di Lapangan Karebosi. Ratusan ribu masyarakat Sulsel dari berbagai penjuru berkumpul melaksanakan salat Idul Fitri 1438 Hijriah, Minggu 25 Juni 2017.

 

Hadir juga bersama masyarakat, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Sekertaris Daerah Pemprov Sulsel Abdul Latif melaksanakan salat ied bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

 

Sejak pagi para tokoh masyarakat bersama waega memenuhi lapangan yang berada di titik nol kilometer Makassar tersebut.

 

Tampil sebagai khatib adalah Rasyid Masri Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN, dengan tema khutbah Pembaharuan Sikap dan Fitrah Kita Menuju Makassar Damai, dan Imam salat Baharuddin.

 

Selain Syahrul, juga terlihat hadir Asisten Pemprov Sulsel Harry Iskandar, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, Kapolrestabes Kombes Pol Endi Sutendi, Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid, dan anggota DPRD lainnya. Syahrul yang duduk bersebelahan dengan para tokoh tersebut usai salat saling bersalaman dan bermaafan.

 

“Minal Aidin Walfaizin, saya mohon maaf atas segala kesalahan,” kata Syahrul termasuk kepada masyarakat yang menyapa.

 

Untuk kelancaran salat Ied, sejumlah jalan ditutup dan dialihkan. Seperti Jalan Jend Sudirman, Jl Kartini, Jl Kajaolalido, dan Jl Bawakaraeng.

Posting Wali Kota Danny dan Gubernur Syahrul salat ied di Karebosi Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/wali-kota-danny-dan-gubernur-syahrul-salat-ied-karebosi/feed/ 0
MUI kecam rencana bom bunuh diri di Masjidil Haram https://makassar.terkini.id/mui-kecam-rencana-bom-bunuh-diri-masjidil-haram/ https://makassar.terkini.id/mui-kecam-rencana-bom-bunuh-diri-masjidil-haram/#respond Sat, 24 Jun 2017 23:53:53 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31694 TERKINI.id, MEKAH – Berita mengejutkan datang dari Arab Saudi. Pasalnya, jelang Idul Fitri lima orang termasuk seorang wanita telah ditangkap […]

Posting MUI kecam rencana bom bunuh diri di Masjidil Haram Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, MEKAH – Berita mengejutkan datang dari Arab Saudi. Pasalnya, jelang Idul Fitri lima orang termasuk seorang wanita telah ditangkap aparat keamanan terkait rencana bom bunuh diri yang gagal dilakukan di Masjidil Haram, Mekah.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Mansour al-Turki, seperti dilansir situs berita Al-Arabiya, Sabtu 24 Juni 2017, kelima tersangka ditangkap dalam operasi keamanan di kota suci Mekah.

Kepolisian Arab Saudi, Jumat 23 Juni 2017, menggagalkan rencana serangan teroris terhadap Masjidil Haram.

Stasiun televisi berita Al-Ekhbaria, mengutip pejabat kementerian dalam negeri mengabarkan, 11 orang terluka saat sebuah bangunan berlantai tiga meledak. Bangunan berlantai tiga itu adalah tempat seorang terduga pelaku yang hendak melakukan bom bunuh diri, sekaligus tempat berlindung dari kepungan polisi sebelum akhirnya meledakkan diri.

Dari 11 orang yang terluka itu, lima orang di antaranya adalah anggota kepolisian dan enam lainnya adalah warga sipil.

Sejak akhir 2014, terjadi serangkaian serangan bom bunuh diri dan penembakan di Arab Saudi. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim sebagai pelaku atau otak serangan.

Terkait peristiwa tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Ma’ruf Amin mengecam rencana bom bunuh diri di Masjidil Haram. Menurutnya, pikiran perencana bom Masjidil Haram tersebut sudah tidak sehat.

“Itu keterlaluan kalau memang mau ngebom Masjidil Haram,” kata Ma’ruf di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Sabtu 24 Juni 2017.

Menurutnya, cara berpikir si pelaku ini sudah tidak sehat dan tidak normal. Pasalnya, Ma’ruf mengatakan, Mekah merupakan salah satu tempat yang suci bagi umat Muslim.

“Oleh sebab itu, ngebom Masjidil Haram itu sama saja ngebom umat Islam sedunia,” tegasnya.

Ma’ruf meminta pemerintah Indonesia mendorong pemerintah Arab Saudi untuk memperketat keamanan di sana demi keamanan dan kenyamanan jemaah haji Indonesia.

“Yang harus betul-betul menjaga keamanan di sana itu Arab Saudi-nya. Kita bantu jugalah mengingatkan,” pesannya.

Posting MUI kecam rencana bom bunuh diri di Masjidil Haram Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/mui-kecam-rencana-bom-bunuh-diri-masjidil-haram/feed/ 0
Idul Fitri 1438 H versi pemerintah jatuh pada Minggu 25 Juni 2017 https://makassar.terkini.id/idul-fitri-1438-h-versi-pemerintah-jatuh-minggu-25-juni-2017/ https://makassar.terkini.id/idul-fitri-1438-h-versi-pemerintah-jatuh-minggu-25-juni-2017/#respond Sat, 24 Jun 2017 13:44:34 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=31691 TERKINI.id, JAKARTA – Pemerintah tetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Minggu 25 Juni 2017. Penetapan berdasarkan […]

Posting Idul Fitri 1438 H versi pemerintah jatuh pada Minggu 25 Juni 2017 Makassar Terkini.

]]>
TERKINI.id, JAKARTA – Pemerintah tetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Minggu 25 Juni 2017.

Penetapan berdasarkan Sidang Isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Sabtu  24 Juni 2017 sore.

“Mulai besok pagi, kita bersama akan melaksanakan salat Idul Fitri. Dengan demikian, kita berhasil menyepakati dan menetapkan mulai malam ini telah memasuki 1 Syawal 1438 Hijriah,” terang Lukman saat memberikan keterangan pers, Sabtu sekitar pukul 18.50 Wib.

Ikut hadir dalam jumpa pers Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.

Menurut Lukman, kesepakatan Sidang Isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan.

Sebelum Sidang Isbat, peserta sidang mendengarkan paparan posisi hilal dari seluruh wilayah Tanah Air dan penjuru dunia menjelang magrib tadi.

Lukman mengatakan, setidaknya ada enam petugas melaporkan melihat hilal.

Sidang isbat itu juga dihadiri Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Pada saat yang sama, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga menyampaikan Idul Fitri jatuh pada Minggu besok.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj setelah mendengar pemaparan lembaga Falakiah NU di Kantor PBNU, Jakarta.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menentukan 1 Syawal 1438 H jatuh pada Minggu besok. Maklumat itu dikeluarkan di Yogyakarta tertanggal 1 Maret 2017.

Maklumat itu ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretarios Umum Abdul Mu’ti.

Posting Idul Fitri 1438 H versi pemerintah jatuh pada Minggu 25 Juni 2017 Makassar Terkini.

]]>
https://makassar.terkini.id/idul-fitri-1438-h-versi-pemerintah-jatuh-minggu-25-juni-2017/feed/ 0