Makassar Terkini https://makassar.terkini.id cerdas tak menggurui Thu, 21 Jun 2018 02:09:08 +0000 id-ID hourly 1 Kembalinya Sang ‘Anak’ https://makassar.terkini.id/kembalinya-sang-anak/ https://makassar.terkini.id/kembalinya-sang-anak/#respond Thu, 21 Jun 2018 02:09:08 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95827 57 tahun Jokowi Terkini.id – Sore seusai berlebaran di istana, Presiden Joko Widodo mudik ke kampung halaman. Ia ke Solo. Ke rumahnya, salam sungkem kepada ibunya. Esok harinya, ia bersama Ibu dan adik-adiknya nyekar ke...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
57 tahun Jokowi

Terkini.id – Sore seusai berlebaran di istana, Presiden Joko Widodo mudik ke kampung halaman. Ia ke Solo. Ke rumahnya, salam sungkem kepada ibunya. Esok harinya, ia bersama Ibu dan adik-adiknya nyekar ke makam ayahnya.

Malam itu, sebagaimana orang-orang yang kembali, ia mendatangi rumah keluarganya, Pakdhe Miyono diantar sang ibu. Ia duduk diapit Ibu Noto dan Pakdhe Miyono — yang melipat sebelah kakinya di atas sofa — dengan suguhan secangkir teh. Di atas meja tampak berderet botol-botol minuman bersoda. “Malam ini, Pak Jokowi benar-benar jadi ‘anak’ kembali,” kata putra Pakdhe Miyono, sepupunya.

Ya, anak yang kembali ke haribaan keluarga, bercengkerama tanpa batas, sebagaimana dulu sebelum ia memasuki belantara politik ibukota yang kejam dan centang perenang. Baru enam tahun lalu ia meninggalkan Solo — kota yang lebih 90 persen penduduk memilihnya sebagai wali kota — untuk menjadi Gubernur Jakarta, lalu menyeberangi silang Monas untuk berkantor di istana sebagai Presiden Republik Indonesia.

Masa-masa bertahta sebagai orang nomor satu di republik ini adalah tahun-tahun yang singkat tapi sungguh membara oleh dua hal sekaligus: kebencian, dan harapan.

Ia yang datang dari kampung; dari latar orang biasa yang almarhum ayahnya tak tercatat dalam buku-buku biografi; yang berbicara dalam dialek Jawa yang kental tidak ber-elo-gue atau setengah Inggris ala orang Jakarta; yang baru masuk politik setelah lama menekuni usaha perkayuan; mengguncang jagat politik negeri ini dengan loncatan yang langsung ke puncak. Elit-elit Jakarta disalip dalam satu putaran lomba, oleh dukungan besar gerakan sukarelawan seantero negeri.

Dan kita semua tahu, latar belakangnya yang “lemah” itulah yang memantik segenap kegaduhan: dipertanyakan keturunannya, garis politiknya, agamanya, …. segalanya. Bahkan sebelum dilantik menjadi Presiden pun, Jokowi pun sudah diguncang-guncang. Sampai-sampai, di satu grup perbincangan, seorang pendukung mengatakan: “Melewati satu periode pemerintahan sebagai Presiden ini saja adalah sebuah keajaiban bagi Jokowi.”

Mengapa Jokowi tetap bertahan? Karena impian yang hendak ia wujudkan di negeri ini beririsan dan berhimpitan dengan mimpi-mimpi rakyat banyak. Jokowi, saya — mungkin juga Anda — sama-sama menginginkan sebuah negeri yang berperadaban maju, yang dibangun merata sampai pinggir-pinggirnya, sampai ke tapal-tapal batas yang jauh.

Saya ingat sepenggal pidato yang ia sampaikan di hadapan wakil rakyat Indonesia setahun lalu, yang menjelaskan ke arah mana gerangan bahtera bangsa ini hendak dibawanya berlayar.

“Tidak mungkin bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju, kalau rumah-rumah rakyat kita di seluruh pelosok nusantara tidak menikmati aliran listrik.

“Tidak mungkin kita menjadi negara yang kompetitif ketika biaya logistik kita mahal.

“Tidak mungkin kita menjadi Poros Maritim Dunia, kalau kita tidak mempunyai pelabuhan- pelabuhan yang menjadi tempat bersandar kapal-kapal besar yang mengangkut produk-produk kita.

“Tidak akan mungkin menjadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengairi lahan-lahan pertanian kita di seluruh penjuru Tanah Air, sangat terbatas.”

Mimpi-mimpi yang kini maujud dalam pembangunan infrastruktur masif, siang dan malam, dan berbiaya besar. Jika jalan, jalan tol, jembatan, pelabuhan, bandara-bandara, bendungan-bendungan itu telah rampung kelak, maka bangsa ini pun dengan mudah menganyam kehidupan dan masa depan di atasnya. Bukan untuk Jokowi semata-mata, tapi untuk kita. Anak cucu kita.

Karena itulah, saya memahami keharuan yang dalam dari keluarga besar Jokowi di Solo, melihat Sang Presiden datang ke rumah Pakdhe Miyono di malam hari, sebagaimana dulu ketika ia masih seorang keponakan biasa. Baru enam tahun berpindah kota, tapi ia seolah anak yang hilang. Dan malam itu ia kembali.

Selamat Ulang Tahun Tuan Presiden. Hari ini, di usiamu yang ke-57 tahun, doa-doa dan pengharapan dari segenap pelosok negeri ini, bersilangan di keheningan pagi. Semoga dipanjangkan umurmu — tetap sehat, kuat dan tabah.

#57okowi

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/kembalinya-sang-anak/feed/ 0
PDIP Kerahkan 1000 Massa di Kampanye Akbar TP https://makassar.terkini.id/pdip-kerahkan-1000-massa-di-kampanye-akbar-tp/ https://makassar.terkini.id/pdip-kerahkan-1000-massa-di-kampanye-akbar-tp/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:50:47 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95824 Terkini.id, Parepare – Mesin politik, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin dipanaskan jelang Pilkada Parepare, 27 Juni 2018. Pemanasan mesin politik PDIP diuji dalam kampanye akbar paslon nomor 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) di Lapangan...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Parepare – Mesin politik, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) semakin dipanaskan jelang Pilkada Parepare, 27 Juni 2018.

Pemanasan mesin politik PDIP diuji dalam kampanye akbar paslon nomor 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP) di Lapangan Andi Makkasau, Kamis, 21 Juni 2018.

Ketua DPC PDIP Parepare, Mustafa Mappangara mengaku, siap unjuk kekuatan dengan menurunkan massa dari PDIP sekitar 1.000 orang.

Massa yang diturunkan antara lain dari DPC, PAC, dan organisasi sayap PDIP se-Parepare. Termasuk Laskar Cempae, pengurus PAC PDIP Kecamatan Soreang, Salama dan kawan-kawan yang pernah dipermasalahkan dugaan politik uang oleh tim FAS, siap turun.

Itu masih ditunjang oleh komunitas mobil, Jeep Community yang akan menopang pergerakan massa PDIP saat kampanye akbar.

“Komunitas Jeep ini menggunakan atribut PDIP dan TP akan mengawal kampanye akbar TP,” ungkap Mustafa yang akrab disapa Puang Ucu.

Mustafa mengemukakan, rencana awal ada sekitar 600 sampai 800 orang massa PDIP yang akan diturunkan. Namun karena Laskar Cempae siap hadir semua, jadi diperkirakan massa PDIP mencapai 1.000 orang.

“Kalau hadir semua ya 1.000 orang. Pokoknya PDIP siap meramaikan kampanye akbar TP,” tandas mantan Sekda Parepare ini.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/pdip-kerahkan-1000-massa-di-kampanye-akbar-tp/feed/ 0
Kejadian Sebenarnya di Balik Video Pembakaran Perahu TKA China di Solok https://makassar.terkini.id/kejadian-sebenarnya-di-balik-video-pembakaran-perahu-tka-china-di-solok/ https://makassar.terkini.id/kejadian-sebenarnya-di-balik-video-pembakaran-perahu-tka-china-di-solok/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:40:07 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95814 Terkini.id – Sebuah informasi tentang kemarahan warga Solok, Sumatera Barat, terhadap Tenaga Asing (TKA) asal Tiongkok, menjadi viral di media sosial. Informasi tersebut sudah dishare hingga ribuan kali. Disebutkan, Warga Solok yang marah, membakar pemukiman...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id – Sebuah informasi tentang kemarahan warga Solok, Sumatera Barat, terhadap Tenaga Asing (TKA) asal Tiongkok, menjadi viral di media sosial.

Informasi tersebut sudah dishare hingga ribuan kali. Disebutkan, Warga Solok yang marah, membakar pemukiman dan kantor perusahaan penambangan emas yang mempekerjakan TKA Tiongkok.

“PERTANDA & GEJALA APA KOK PEJABAT PUSAT SAMPAI DAERAH MELINDUNGI APAPUN YANG DI LAKUKAN OLEH ORANG2 CINA HINGGA MASYARAKAT SOLOK MARAH DAN MEMBAKAR APA SAJA !

Bagimana mungkin urang CINA manambang Emas di kabupaten Solok, baa manuruik sanak

Awalnya Kapolres membakar kapal Masyarakat setempat yg tidak suka orang Cina menambang Emas dgn bebas di kabupaten mereka seenaknya saja..

Akibatnya Masyarakat setempat MARAH dan MEMBAKAR Perusahaan CINA ilegal yg mengambil Emas Di BUMI PERTIWI kab Solok SUMATRA BARAT.”

Begitu bunyi narasi kabar hoax tersebut, disertai dengan foto dan video pembakaran.

Dilansir dari akun Masyarakat Anti Fitnah Indonesia, peristiwa dalam foto dan video itu benar terjadi di Solok.

Namun, itu terjadi pada Juni 2011 silam, di PT Geominek. Warga membakar perusahaan penambangan tersebut, karena tidak menerima aktivitas penambangan di tempat itu, dan memperkerjakan TKA asing.

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto didampingi Kasat Reskrim AKP Omri Yan Sahureka, di Padang Aro, mengungkapkan, foto dan video itu dibumbui dengan narasi ‘TKA China’.

“Video lama itu diunggah lagi pada Senin 18 Juni 2018, dan mengaitkannya dengan masuknya Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok,” jelas AKBP Imam Yulisdianto kepada wartawan.

Baca juga: 3 skenario kubu Prabowo menangkan head to head lawan Jokowi

Video yang diunggah tersebut diketahui juga ada yang dipotong. Sebab, saat itu Polres sudah memberikan pengamanan dan pelaku sudah diproses hukum.

Pelaku pembakaran PT Geominek pada 2011 silam tersebut ada enam orang, dan sudah menjalani hukuman atas perbuatannya.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/kejadian-sebenarnya-di-balik-video-pembakaran-perahu-tka-china-di-solok/feed/ 0
Perkuat Pendukung, TP Kukuhkan Komunitas Di Area Nobar Piala Dunia https://makassar.terkini.id/perkuat-pendukung-tp-kukuhkan-komunitas-di-area-nobar-piala-dunia/ https://makassar.terkini.id/perkuat-pendukung-tp-kukuhkan-komunitas-di-area-nobar-piala-dunia/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:36:38 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95816 Terkini.id, Parepare – Calon Wali Kota Parepare nomor 1, Taufan Pawe (TP) bersama wakilnya Pangerang Rahim, ikut larut dalam euforia pesta sepakbola Piala Dunia 2018. Buktinya, di tengah padatnya agenda, TP menyempatkan nonton bareng piala...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Parepare – Calon Wali Kota Parepare nomor 1, Taufan Pawe (TP) bersama wakilnya Pangerang Rahim, ikut larut dalam euforia pesta sepakbola Piala Dunia 2018.

Buktinya, di tengah padatnya agenda, TP menyempatkan nonton bareng piala dunia sambil bersantai bersama tim. Nonton bareng dilakukan di Sekretariat Laskar Merah Putih (LMP) Parepare, Jalan Mattirotasi.

Kehadirain TP turut didampingi Pangerang Rahim, penggawa SYL Community, Syamsul Latanro, penggawa The Special One (TSO) Yasser Aslan Tjanring alias La Bogart, Jubir TSO Bakhtiar Syarifuddin, elite Golkar Minhajuddin Ahmad, dan beberapa anggota tim TP lainnya.

“Santai bersama tim sambil nonton bareng piala dunia. Karena lagi seru-serunya pertandingan piala dunia,” kata TP.

TP dan timnya tampak begitu asyik menyaksikan pertandingan antara timnas Portugal melawan Maroko, yang berakhir dengan keunggulan Portugal 1-0 lewat gol Cristiano Ronaldo.

Sebelum nonton bareng, TP mengukuhkan komunitas relawan pendukungnya di Kafe Ambank, tepat di sebelah Sekretariat LMP.

Ada tiga komunitas yang dikukuhkan TP yakni Komunitas Oktaf, Komunitas Mantap, dan Komunitas Beladonna. Tiga komunitas ini melengkapi sekitar 70 komunitas yang siap memenangkan Taufan-Pangerang di Pilkada Parepare, 27 Juni 2018 mendatang.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/perkuat-pendukung-tp-kukuhkan-komunitas-di-area-nobar-piala-dunia/feed/ 0
Sudirman Bungi Pastikan ASN Sidrap yang Tambah Hari Libur Kena Sanksi https://makassar.terkini.id/sudirman-bungi-pastikan-asn-sidrap-yang-tambah-hari-libur-kena-sanksi/ https://makassar.terkini.id/sudirman-bungi-pastikan-asn-sidrap-yang-tambah-hari-libur-kena-sanksi/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:35:28 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95806 Terkini.id, Sidrap – Hari pertama masuk kantor usai libur lebaran menjadi catatan tersendiri bagi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidrap. Sebab seperti tahun sebelumnya, setiap hari pertama kantor, absensi Aparatur Sipil Negara (ASN) diperketat. Ada...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Sidrap – Hari pertama masuk kantor usai libur lebaran menjadi catatan tersendiri bagi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidrap. Sebab seperti tahun sebelumnya, setiap hari pertama kantor, absensi Aparatur Sipil Negara (ASN) diperketat. Ada sanksi khusus bagi ASN yang mangkir di hari pertama kantor.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap Sudirman Bungi yang bertindak sebagai penerima apel di Lapangan Upacara Kompleks SKPD Sidrap memberikan penegasan akan memperketat absensi. “Tolong para sekretaris didata siapa yang tidak hadir,” ungkapnya, Kamis 21 Juni 2018.

Sudirman mengatakan, hal ini perlu ditegaskan, sebab sebelum libur Idul Fitri, pemerintah sudah mengingatkan kepada seluruh pegawai tidak menambah libur.

ASN tidak boleh menambah hari libur dimaksudkan untuk tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan demi lancarnya roda pemerintahan di Kabupaten Sidrap.

“Sebab jika tidak ditegasi, rata-rata ASN berpikiran sama untuk menambah hari libur, bisa dibayangkan pelayanan di setiap instansi akan terganggu,” jelasnya.

BKD siapkan sanksi tegas

Sudirman menjamin BKD tidak akan segan memberikan sanksi kepada ASN melanggar. Ketegasan yang diberikan kepada ASN merupakan upaya menciptakan budaya disiplin kerja di semua instansi yang ada di Sidrap.

“Jadi jangan salah, bukan cuma pada saat habis libur saja aturan ini berlaku, setiap hari kerja Pemkab Sidrap melalui BKD melakukan evaluasi dan kadang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap kedisiplinan ASN,” jelasnya.

Untuk itulah Sudirman berharap, kepada seluruh aparatur pemerintahan di Sidrap, betul-betul menghidupkan budaya disiplin dalam bekerja, dalam hal ini datang tepat waktu dan pulang kerja juga tepat waktu.

Usai apel dan absensi kegiatan dilanjutkan dengan halal bi halal dengan berjabat tangan antara para ASN yang hadir dalam apel bersama tersebut. Para pejabat eselon II berdiri berjejer kemudian para peserta apel mengantre untuk berjabat tangan saling bermaafan.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/sudirman-bungi-pastikan-asn-sidrap-yang-tambah-hari-libur-kena-sanksi/feed/ 0
Bupati Barru Berharap Tidak Ada Lagi ASN Yang Tambah Libur https://makassar.terkini.id/bupati-barru-berharap-tidak-ada-lagi-asn-yang-tambah-libur/ https://makassar.terkini.id/bupati-barru-berharap-tidak-ada-lagi-asn-yang-tambah-libur/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:23:29 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95807 Terkini.id, Barru – Sekretariat Daerah Kabupaten Barru melakukan apel pertama hari kantor yang jatuh pada Kamis 21 Juni 2018, setelah pemerintah menetapkan libur dan cuti bersama lebaran 2018 yang dimulai tanggal 11 Juni hingga 20...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Barru – Sekretariat Daerah Kabupaten Barru melakukan apel pertama hari kantor yang jatuh pada Kamis 21 Juni 2018, setelah pemerintah menetapkan libur dan cuti bersama lebaran 2018 yang dimulai tanggal 11 Juni hingga 20 Juni 2018.

Bupati Barru, Suardi Saleh, berharap agar pertama berkantor hari ini, tentunya menjadi hari pertama bekerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kabupaten Barru.

“Semoga para ASN tidak ada lagi yang melakukan penambahan libur, setelah mereka semua menikmati libur panjang dalam rangka libur dan cuti bersama, pada perayaan Hari Raya Idul Fitri,”katanya.

Suardi, mengaku untuk memastikan kesiapan setiap ASN untuk berkantor hari ini, dirinya tentunya telah mengerahkan sejumlah tim untuk melakukan pemantaun di semua Instansi Pemerintahan, dan bahkan dirinya juga mengaku akan turun langsung melihat kondisi ini.

“Kita akan turun langsung pantau setiap instansi, agar pada pertama berkantor hari ini, tidak ada lagi yang bolos kerja atau tidak masuk kantor, dan kita juga akan perketat absensi,”pungkasnya.

Selain itu kata dia, pemantauan kehadiran ASN pada jam kerja ini, juga akan menjadi bahan laporan kepada Menpan RB meminta agar melaporkan, kehadiran ASN pada pertama kantor hari ini.

“Termasuk nanti kita juga bakal melakukan pelaporan kehadiran ASN Barru Kepada menpan RB, tentunya bagia ASN yang ditemukan tidak berkantor hari ini, bakal mendapatlan sanksi tegas dari Pemerintah,”urainya.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/bupati-barru-berharap-tidak-ada-lagi-asn-yang-tambah-libur/feed/ 0
Hari Ini, Virzha Idol Hibur Puluhan Ribu Massa di Kampanye Akbar TP https://makassar.terkini.id/hari-ini-virzha-idol-hibur-puluhan-ribu-massa-di-kampanye-akbar-tp/ https://makassar.terkini.id/hari-ini-virzha-idol-hibur-puluhan-ribu-massa-di-kampanye-akbar-tp/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:14:38 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95803 Terkini.id, Parepare – Rapat umum kampanye akbar Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare nomor 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP), pada hari ini Kamis, 21 Juni 2018, bakal menjadi puncak unjuk kekuatan massa (show...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Parepare – Rapat umum kampanye akbar Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare nomor 1, Taufan Pawe-Pangerang Rahim (TP), pada hari ini Kamis, 21 Juni 2018, bakal menjadi puncak unjuk kekuatan massa (show of force).

Diperkirakan 20 ribu massa simpatisan dan pendukung Taufan-Pangerang bakal memenuhi alun-alun kota Lapangan Andi Makkasau, tempat pelaksanaan kampanye akbar.

Massa diperkirakan masih akan bertambah, karena artis ibukota Virzha yang populer lewat lagu “Aku Lelakimu”, akan hadir di kampanye TP, menjadi magnet tersendiri.

Ketua Tim Pemenangan Taufan-Pangerang, Kaharuddin Kadir mengatakan kampanye akbar TP menjadi puncak rangkaian kampanye sekaligus pamungkas di momen kampanye Pilkada Parepare.

“Persiapan sudah oke. Beberapa tokoh nasional, propinsi, lokal, dan elite parpol pengusung siap hadir. Bakal lebih semarak lagi, karena akan dihibur oleh artis ibukota Virzha. Jadi, masyarakat Parepare silakan hadiri kampanye akbar TP, karena undangannya bersifat terbuka,” kata Kaharuddin, Rabu malam, 20 Juni 2018 kemarin.

Ketua DPRD Parepare ini mengaku, informasi yang diperoleh ada sekitar 20 ribu massa simpatisan dan pendukung TP siap hadir. Itu kata dia, realistis karena saat bersamaan akan dikukuhkan ribuan anggota Brigade TP serta sekitar 60 komunitas membawa masing-masing ratusan massa.

Belum lagi kader dan simpatisan parpol pengusung mulai dari Golkar, PAN, PDIP, Demokrat, Gerindra, serta parpol pendukung PSI dan Garuda. Itu masih ditambah dengan laskar-laskar loyalis TP serta elite Yayasan TP Centre.

Ribuan massa ini akan menyaksikan orasi politik Taufan-Pangerang, lantunan nada tinggi khas Virzha, peluncuran video klip dan film pendek. Setidaknya ada beberapa lagu khas TP yang bakal membahana yakni Dam Dubidam, Hay Hay, dan film pendek berjudul Vira.

“Pokoknya kampanye akbar ini akan menjadi unjuk kekuatan besar-besaran Taufan Pawe-Pangerang Rahim. Ribuan massa akan teriakkan oppo’ki TP. Insya Allah. Jadi datang ki masyarakat Parepare, jangan ketinggalan mulai pukul 14.00,” tandas Kaharuddin yang juga Ketua Harian Partai Golkar Parepare.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/hari-ini-virzha-idol-hibur-puluhan-ribu-massa-di-kampanye-akbar-tp/feed/ 0
Supaya Tidak Salah, Penggunaan Istilah Difabel dan Disabilitas Ini Perlu Anda Ketahui https://makassar.terkini.id/supaya-tidak-salah-penggunaan-istilah-difabel-dan-disabilitas-ini-perlu-anda-ketahui/ https://makassar.terkini.id/supaya-tidak-salah-penggunaan-istilah-difabel-dan-disabilitas-ini-perlu-anda-ketahui/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:08:26 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95799 Terkini.id – Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK) Sulawesi Selatan merilis istilah berkaitan difabel dan disabilitas yang perlu diketahui oleh jurnalis atau penulis. Mengingat masih ada sejumlah jurnalis dan penulis kesulitan menggunakan istilah-istilah terkait difabel...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id – Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK) Sulawesi Selatan merilis istilah berkaitan difabel dan disabilitas yang perlu diketahui oleh jurnalis atau penulis. Mengingat masih ada sejumlah jurnalis dan penulis kesulitan menggunakan istilah-istilah terkait difabel dan isu-isu disabilitas dalam pemberitaan maupun tulisannya.

PerDIK menguraikan sejumlah istilah yang bisa digunakan dalam penulisan. Seperti di bawah ini :

1.Difabel

Merujuk kepada orang yang berbeda kemampuan berdasarkan kondisi tubuh, alat bantu, dan tingkat aksesibilitas di lingkungan sosial sekitarnya.

2.Difabilitas

Merujuk kepada hal-hal terkait dengan dunia difabel. Misalnya isu-isu difabilitas, perspektif difabilitas . Dalam konteks tertentu, ketika istilah ini masih ragu untuk digunakan, bisa tetap merujuk kepada istilah dalam bahasa Inggris, seperti ‘disabilitas’ (asal kata disability).

3.Difabel Kinetik

Merujuk kepada orang dengan berbeda kemampuan bergerak/mobilitas. Istilah spesifik bisa dipakai sejumlah istilah yang merujuk kepada aspek mediknya (jika dibutuhkan, misalnya dengan merujuk kepada orang dengan CP (cerebral palsy), orang dengan polio, orang dengan Paraplegia, orang dengan Spinal Cord Injury dan seterusnya.

Tetapi, bagi PerDIK, jika tidak diperlukan menjelaskan soal aspek medik terhadap tubuh seseorang, maka tidak perlu mengulas jenis penyakitnya. Cukup menyebut saja difabel kinetik. Ini semisal pemberitaan soal tokoh nasional yang misalnya dia mengidap penyakit jantung, tetapi dalam pemberitaan tidak harus mengupas soal penyakit jantungnya.

Jika diperlukan cukup menyebut orang dengan kelainan fungsi jantung, hati, ambeien dan seterusnya.

Jika ia menggunakan kursi roda atau alat bantu lainnya (brisc, tongkat, kruk, dan lainnya) bisa disebutkan bahwa ia juga pengguna kursi roda dalam menjalankan aktivitasnya. Ingat, tidak sepanjang hari ia duduk di kursi roda. Biasanya hanya saat bergerak jauh.

4.Difabel Penglihatan

Merujuk kepada buta dan Lowvision. Bisa langsung dengan istilah buta, jika tidak melihat keseluruhan/totally blind. Lowvision jika tidak buta total. Untuk Lowvision ada banyak kategori mediknya, yang tidak perlu dijelaskan jika tidak perlu.

5.Difabel Komunikasi

Merujuk kepada orang dengan berbeda kemampuan dalam berbahasa atau berkomunikasi. Bisa merujuk langsung kepada istilah tuli. Dengan huruf T besar, jika merujuk kepada komunitas dan identitas sosial. Atau tuli dengan t kecil jika merujuk kepada gangguan fungsi pendegaran atau medik.

Atau menggunakan istilah HoH (Hard of Hearing) atau Kesulitan pendengaran, atau merujuk kepada istilah bisu, jika hanya tidak bisa bicara tapi bisa mendengar. Jika tuli dapat berbahasa isyarat, maka bisa disebutkan bahwa ia bisa berkomunikasi dengan bahasa isyarat (SIBI atau Bisindo, atau bahasa isyarat Ibu).

6.Difabel Intelektual, difabel mental, Difabel Mental-intelektual

Istilah ini merujuk kepada orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ), Down-syndrom (Orang dengan kadar intelektual berdasarkan hasil tes di bawah rata-rata).

Orang yang memiliki dua sistem usia. Usia mental dan usia kalender. Dimana usia mental hanya sampai 9 tahun, walau usia tubuh bisa mencapai lebih dari 10 tahun.

Orang yang memiliki kesulitan belajar (learning difficulties) atau dalam istilah medis (learning disabilities).

7.Tidak menggunakan beberapa istilah yang rancu

Misalnya menulia ‘Penyandang Difabel’. Istilah ini sering dipakai jurnalis media dan penulis lepas. Jika mau pakai kata istilah ‘penyandang’, maka keterangannya adalah disabilitas, atau penyandang disabilitas. Istilah ini adalah istilah yang dipakai dalam regulasi (UU, PP, dan lainnya).

Walaupun dalam sejumlah peraturan di tingkat provinsi, kabupaten/kota adapula yang memakai Difabel.

8.Bagi penulis yang ingin memakai istilah berdasarkan ketentuan UU Penyandang Disabilitas No. 8 tahun 2016, maka gunakanlah sesuai ketentuan yang telah dipakai dalam regulasi tersebut.

9.Tidak menyebutkan aneka macam istilah kesehatan yang merujuk kepada penyakit seseorang. Jika ini bukan tulisan soal kesehatan, maka tak perlu membahas aspek medik.

Jika misalnya ini soal transporatasi publik berbasis daring, maka fokuslah kepada sistem dan desain sistem yang menghambat difabel, misalnya perilaku buruk si pelaku, model pelayanan yang tidak sensitif difabel, sistem keamanan yang tidak dipertimbangkan pengembang bisnis transportasi ini, dan lainnya.

Jadi ketidakmampuan seseorang bagi PerDIK—terkait difabel, adalah pada aspek di luar tubuh (body) atau diri (self) difabel.

10.Istilah-istilah lain yang belum didapat, akan ditentukan kemudian.

 

Demikian, terima kasih.

 

Salam inklusi,

PerDIK Sulsel

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/supaya-tidak-salah-penggunaan-istilah-difabel-dan-disabilitas-ini-perlu-anda-ketahui/feed/ 0
Antisipasi Politik Uang, Brigade TP Sisir Kota Parepare https://makassar.terkini.id/antisipasi-politik-uang-brigade-tp-sisir-kota-parepare/ https://makassar.terkini.id/antisipasi-politik-uang-brigade-tp-sisir-kota-parepare/#respond Thu, 21 Jun 2018 01:02:00 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95798 Terkini.id, Parepare – Mengantisipasi terjadinya politik uang dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, yang dilaksanakan secara serentak di Sejumlah Wilayah di Propinsi Sulawesi Selatan dan sejumlah daerah lainnya di luar Sulsel. Maka...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id, Parepare – Mengantisipasi terjadinya politik uang dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare, yang dilaksanakan secara serentak di Sejumlah Wilayah di Propinsi Sulawesi Selatan dan sejumlah daerah lainnya di luar Sulsel. Maka Tim Brigade TP melakukan patroli keliling pada jam rawan terjadinya pelanggaran pilkada tersebut.

Koordinator Lapangan Brigader TP, Fadly Agus Mante, mengatakan pemantauan titik rawan terjadinya politik uang ini secara bersama-sama ditolak keras pada Pilwalkot Parepare Tahun 2018.

“Kita ingin jadikan Pilwakot Parepare yang santun, dan tidak terjadinya kecurangan dalam proses dengan melakukan tindakan politik yang, yang dapat mencederai Perpolitikan secara demokrasi di Parepare ini,”terang Fadly.

Awink sapaan akrab Fadly menegaskan jelang waktu pemungutan suara yang hanya tersisa beberapa hari ini, akan dimanfaatkan timnya untuk menyisir sejumlah titik. Hal itu dilakukan untuk memantau pergerakan adanya indikasi pelanggaran dalam Pilkada.

“Kita akan terus melakukan patroli di beberapa titik setiap hari, dan itu dilakukan selama 24 jam demi menciptakan Pilkada yang santun dan tanpa politik uang. Oleh karena tujuan kita menciptakan Pilkada yang baik demi tercapai pemimpin yang baik pula dan mampu membawa Parepare terus jaya dan berkembang,”tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh tim brigade yang ada di kelurahan dan kecamatan, untuk terus memantau pergerakan yang mencurigakan dan segera melaporkan kepada tim brigade kota untuk langsung ditindak lanjuti.

“Kami juga ajak kepada semua tim relawan brigade TP, untuk aktif memantau segala pergerakan yang ada di lokasi masing-masing, dan jika memang ditemukan maka langsung dilakukan pelaporan, dan kami langsung tindak lanjuti,”pungkas Awink.

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/antisipasi-politik-uang-brigade-tp-sisir-kota-parepare/feed/ 0
Cerita Tentang US Highway https://makassar.terkini.id/cerita-tentang-us-highway/ https://makassar.terkini.id/cerita-tentang-us-highway/#respond Thu, 21 Jun 2018 00:51:04 +0000 https://makassar.terkini.id/?p=95794 Terkini.id – Bulan ke-2 di Amerika itu. Awal Juni 2018 itu. Saya berkunjung ke museum Dwight Eisenhower. Presiden Amerika Serikat ke-34. Di tempat ia dibesarkan. Di Abeline. Di Kansas. Dekat I-70. Pikiran saya tidak di...

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
Terkini.id – Bulan ke-2 di Amerika itu. Awal Juni 2018 itu. Saya berkunjung ke museum Dwight Eisenhower. Presiden Amerika Serikat ke-34. Di tempat ia dibesarkan. Di Abeline. Di Kansas. Dekat I-70.

Pikiran saya tidak di museum. Justru ke jalan bebas hambatan I-70 itu (Interstate 70). Yang baru saja saya lewati itu. Eisenhower-lah yang membangun jalan itu. Tahun: 1956. Panjang: 3.460 km. Begitu sering saya lalu-lalang di I-70 itu.

Dari mana uangnya?
Padahal bukan hanya I-70 yang ia bangun. Juga I dan I dan I yang lain. Tidak bisa dihitung dengan 10 jari. Di seluruh Amerika. Dari barat ke timur. Dari utara ke selatan. Seperti papan catur. Membelah-belah seluruh daratan Amerika. Total panjangnya: 45.000 Km. Tidak terbayangkan ada presiden yang punya ide seperti itu.

Dari mana uangnya?
Melihat angka 45.000 Km itu bayangan saya ini: sama dengan membangun delapan jalan bebas hambatan dari Sabang sampai Merauke.
Itulah revolusi jalan bebas hambatan di Amerika. Yang dipercaya sebagai titik awal kemajuan Amerika.

Dari mana uangnya?
Eisenhower pintar memanfaatkan keadaan: perang dunia. Saat ia jadi presiden perang dunia II baru selesai. Patriotisme masih meluap-luap. Seperti kawah gunung berapi. Memenangkan perang adalah segala-galanya.

Usul pembangunan jaringan jalan bebas hambatan itu adalah hidup atau mati. Untuk mempertahankan tiap jengkal tanah Amerika. Dari ancaman semacam perang dunia itu. Ke bagian mana pun musuh masuk tentara Amerika dengan mudah menyergapnya. Logistik mudah dikerahkan.

Dengan penjelasan Eisenhower seperti itu DPR Amerika langsung menyetujuinya.

Dari mana uangnya?
Itu kan tahun 1956. Ketika Amerika belum kaya.

Dari mana uangnya?
Persetujuan DPR itu langsung diikuti dengan lahirnya UU baru: UU Jalan Bebas Hambatan.

Berdasar UU itulah Eisenhower membentuk lembaga keuangan: Highway Trust Fund (HTF). Untuk membiayai pembangunan jalan bebas hambatan itu.

Maka dimulailah. Besar-besaran. Di seluruh Amerika. Tanpa melihat wilayah. Tanpa melihat keekonomian. Tanpa melihat itu dapilnya siapa. Tanpa melihat Elvis Presley lahir di mana.

Jalan sepanjang 45.000 Km itu dikerjakan nyaris serentak. Termasuk I-70 itu. Yang melewati 10 negara bagian itu.

Padahal sebagian besar wilayah yang dilewati saat itu masih kosong: padang praire. Tidak ada mobil. Tapi tetap saja dibangun. Dengan standar dan kualitas yang sama.

Dari mana uangnya?
Dari UU tadi. Dari Highway Trust Fund tadi.

Intinya: UU tadi mengizinkan pemerintah untuk menaikkan harga BBM. Nilai kenaikan itu masuk ke HTF. Semuanya. Untuk bangun highway tersebut.

Berkat highway itu budaya komuter di Amerika terbentuk. Jalur kereta api kehilangan angin. Mobilitas dengan mobil menjadi dominan. Kota-kota berubah. Yang dulu tumbuh berkat munculnya stasiun KA pelan-pelan redup. Kota-kota baru pun muncul: di setiap kawasan yang dekat dengan interchange highway.

Sistem US highway di Amerika ini bukan main nyamannya. Begitu kecanduan saya melaluinya. Dalam hampir dua bulan di Amerika saya baru sekali naik pesawat. Dari St Louis ke Laredo itu.

Selebihnya saya selesaikan lewat US highway. Saya hitung: setidaknya 6.000 km yang sudah saya jalani.

Kalau ditambah penjelajahan selama lima tahun terakhir sudah lebih 15.000 km highway saya lalui. Utara, Selatan, Barat, Timur dan Tengah.

Baca juga: Wapres JK ke Bupati Adnan: Bagaimana Jalan di Gowa ?

Yang masih saya sesali: belum pernah memasuki terowongan Eisenhower. Di bagian barat I-70 ini. Terowongan terpanjang di dunia. Sepanjang 100 km. Menembus bawah pegunungan Rocky Mountain. Melewati garis patahan benua. Yang sangat kritikal.

Di bawah gunung itu.
Dalam sebulan terakhir ini saya memang terus mondar-mandir di I-70. Di negara bagian Kansas. Melihat pertanian, peternakan dan penari langit tenaga angin.

Jalannya mulus. Kendaraan tidak padat. Bisa selalu mengendarai mobil dengan kecapatan: 130 km/jam. Tanpa ada persimpangan. Tanpa ada ,bangjo’.

Enaknya lagi: tidak perlu bayar tol. Ini bedanya dengan di Tiongkok. Yang semua highwaynya berupa jalan tol.
Di Amerika itu dari sekitar 45.000 km highway itu hanya 1.000-an kilometer yang tol. Di beberapa ruas saja. Yang dibangun belakangan.

Di daerah padat di pantai timur. Itu pun jumlahnya akan terus berkurang. Beberapa tol yang investasinya sudah lunas digratiskan.

Berapa besar pajak BBM untuk highway trust fund itu?
Saat ditetapkan pertama hanya 3 sen dolar. Setiap pembelian BBM satu galon dikenakan pajak 3 sen itu. Atau untuk nilai sekarang: Rp 400/liter.

Ternyata tidak cukup. Presiden berikutnya menaikkannya menjadi 4,5 sen. Tidak cukup juga.

Ada rencana menaikkan lagi. Orang mulai merasakan manfaat US highway.

Presiden Ronald Reagan menaikkannya menjadi 9 sen. Tidak cukup juga. Presiden

Bush senior menaikkannya menjadi 14 sen. Belum cukup.

Presiden Clinton menaikkan lagi menjadi 18,4 sen.
Hanya saja sebagian hasil pajak itu kemudian juga untuk tujuan lain: mensubsidi angkutan umum kota-kota. Dan untuk mengurangi difisit APBN.

Sejak masa Clinton itu tidak pernah lagi naik. Bahkan calon-calon presiden berikutnya ingin menurunkannya. Agar dapat simpati. Lalu bisa terpilih. Tapi calon presiden Obama pede: mempertahankannya. Toh menang juga.

Berapa total biaya membangun 45.000 km highway itu? Kalau dihitung nilai uang sekarang? Ini dia: kira-kira Rp 7.000.000.000.000.000.
Itu tidak banyak. Hanya beberapa ton bisa kolojengking. (dis)

Cerita Tentang US Highway

Diposkan oleh Makassar Terkini

]]>
https://makassar.terkini.id/cerita-tentang-us-highway/feed/ 0