Festival Jajanan Bango kembali hadir di Makassar, saatnya berburu kuliner nusantara

Plt Wal kota Makassar, Syamsu Rizal membuka secara resmi penyelenggaraan Festival Jajanan Bango 2018 di kota Makassar tepatnya di Lapangan Karebosi Sabtu 5 Mei 2018.

Terkini.id, Makassar – Kabar gembira untuk para pencinta kuliner yang ada di kota Makassar. pasalahnya per hari ini hingga besok, Sabtu – Minggu, 5 hingga 6 Mei Kecap Bango produksi PT Unilever Tbk, kembali menghelat perhelatan akbar tahunan yang selalu dinanti nantikan oleh pecinta kuliner yakni Festival Jajanan Bango 2018.

Di kota Makassar, festival yang menghadirkan puluhan warisan kuliner nusantara dari berbagai daerah di Indonesia ini berlangsung di Lapangan Karebosi, jalan Jenderal Sudirman Makassar.

Plt Wali kota Makassar, Syamsu Rizal beserta pihak Unilever memperlihatkan produk kecap Bango usai prosesi pembukaan Festival Jajanan Bango, Makassar 5 Mei 2018.

Senior Brand Manager Kecap Bango, Nando Kusmanto dalam sambutannya mengatakan Festival Jajanan Bango 2018 ini dihelat sebagai perayaan perjalanan sukses Bango yang sudah menginjak usia yang ke 90 tahun senantiasa konsisten dalam menjaga kualitas melalui bahan bahan terbaik dan proses pembuatan yang otentik.

“Berkat kualitas inilah, selama 90 tahun Bango selalu menjadi andalan ibu, keluarga dan para penjaja kuliner legendaris dalam menyajikan hidangan nusantara yang lezat dan otentik. Festival ini juga sebagai bentuk apresiasi kami kepada seluruh pihak yang selama ini telah mendukung Bango dalam upaya mengedepankan dan mempopulerkan kuliner nusantara dari generasi ke generasi”, ujar Nando.

Baca :Awal Oktober 2017, Waroenk Kupang luncurkan lima menu baru
Salah seorang pengunjung siap mencicipi sajian kuliner di Festival Jajanan Bango, di Lapangan Karebosi

Lanjut Nando menambahkan, Festival Jajajan Bango pernah dihelat di Benteng Roterdam Makassar pada tahun 2014 lalu. Antusias Masyarakat Makassar cukup tinggi terhadap kuliner nusantara. Dan tahun ini, FJB 2018 kembali diselenggaralan di dua kota masing-masing Jakarta pada April lalu dan kota Makassar sendiri.

“Tahun ini kami hadir di dua kota yakni Jakarta dan Makassar. Event ini kami selenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Lewat Festival Jajanan Bango ini, kami mengajak seluruh penggemar kuliner nusantara khususnya yang ada di Makassar untuk mencicipi aneka warisan kuliner nusantara”, ajak Nando.

Para pengunjung menantikan pesanan mereka

Masih kata Nando, di Festival Jajanan Bango, pihaknya menghadirkan sebanyak lebih dari 30 jenis hidangan khas nusantara otentik dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dari kota Makassar ada sekitar 15 penjaja kuliner yang hadir di festival tersebut. Dan selebihnya berasal dari berbagai daerah lain.

“Selain dari kota Makassar, kami juga mengundang belajan penjaja kuliner tersohor tanah air dari berbagai daerah. Tujuannya adalah untuk memudahkan warga kota Makassar yang berkunjung ke Festival Jajanan Bango 2018 di Karebosi. Mungkin ada pengunjung FJB belum pernah mencicipi kuliner dari Aceh, Semarang, Bogor dan lainnya. Anda tidak perlu ke sana, cukup ke FJB Makassar saja, Anda sudah bisa mencicipinya,”ungkat Nando.

Baca :Murah banget! Yuk santap siang sepuasnya di Four Point dengan 99 menu nusantara
Plt Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal berkunjung ke booth peserta Festival Jajanan Bango

Dari pantauan Makassar Terkini di area Festival Jajanan Bango, puluhan kuliner legendaris terpopuler hadir di sini dan wajib Anda cicipi. Beberapa diantaranya seperti nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Maming Daeng Tata, Sate Beureum Mang Soleh, Mie Aceh, Kepala Manyung Bu Fat Semarang, Sop Saudara Irian, Pallu Basa Onta, Es Poteng RKC, Aroma Luwu, Songkolo Bagadang, Bakso Atiraja, Rumah Makan Ulujuku, Bebek Goreng Sulawesi, RM Pallu Kaloa, Coto Gagak, Rawong Desa, Raja Pisang Ijo, Dangkot Garuda, Gerobak Ijo, Bakso Boeing, dan berbagai jenis kuliner lainnya.

Salah seorang penjung FJB 2018 di Makassar memperlihatkan menu pesanan mereka

Selain puluhan booth kuliner tersohor, di festival ini juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Beberapa diantaranya seperti toilet, arena bermain untuk anak-anak, meja makan, air mineral gratis di barisan meja makan, juga ada penampilan musik, area foto both, ada tenda nursery, musholla, dan berbagai fasilitas lainnya.

Hadir membuka festival jajanan yang dihelat selama dua hari ini adalah Pelaksana Tugas Walikota Makassar, Syamsu Rizal.

Dalam sambutannya, Deng Ical mengatakan kota Makassar adalah salah satu destinasi tujuan wisata di Indonesia, salah satunya adalah wisata kulinernya. Makassar sangat terkenal sebagai surga bagi pecinta kuliner lokal khas.

Baca :Wow... Gogos terpanjang tanpa putus di Swiss Belhotel Makassar

“Saat ini perhatian dan minat masyarakat terhadap keragaman kuliner nusantara semakin meningkat. Terbukti semangat mereka yang besar untuk menelusuri ragam kuliner yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia”, papar Ical.

Lanjut Ical menambahkan agar event seperti Festival Jajanan Bango ini bisa digelar setiap tahun di kota Makassar dan saling bergandengan dengan pemerintah kota Makassar. di Makassar event kuliner juga aktif dihelat, seperti Makassar Kulinary Night, dan berbagai event kuliner lainnya.

“Sangat mengapresiasi pelaksanaan FJB di kota Makassar sebagai ajang kuliner yang bisa memberikan kesempatan kepada para pecinta kuliner untuk semakin mengenali dan berpartisipasi dalam merayakan dan melestarikan kekayaan warisan kuliner nusantara”, tutup Ical.