FIFA akui GBK sebagai stadion klasik pilihan, setara Old Trafford hingga San Siro!

Stadion Utama GBK / Foto : Kementerian PU

Terkini.id – FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional, mengakui Gelora Bung Karno sebagai salah satu stadion klasik dunia.

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang dibangun pada masa Presiden Soekarno 1960 silam.

Sejak itu, GBK yang memiliki kapasitas hingga 120.000 orang, menjadi salah satu stadion yang terbesar di dunia.

Saat era Presiden Joko Widodo, stadion ini mendapat renovasi yang besar.

Kualitas kursi dibuat lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) yang memenuhi standar aksesibilitas evakuasi. Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kilogram dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Selain itu, lampu berkekuatan 3.500 lux di stadion ini mengungguli stadion olimpiade dan paralimpiade Tokyo 2020.

Dengan tagar #ClassicStadium pada instagram resmi milik FIFA, GBK disebut masuk dalam salah satu stadion klasik di dunia. Stadion klasik dalam tagar yang diposting FIFA merupakan sederet stadion yang memiliki nilai sejarah dan pernah menggelar pertandingan besar.

“#Indonesia mungkin tidak ikut World Cup (Piala Dunia). Tetapi stadiun klasik yang pekan ini sedang populer berdasarkan permintaan, adalah Gelora Bung Karno! Harus menjadi #ClassicStadium selanjutnya…” begitu tulis akun FIFAworldcup melalui Instagram.

Nah, selain GBK ada beberapa stadion lain yang mendapat predikat #ClassicStadium oleh FIFA. Antara lain Old Traffold, yang dikenal sebagai stadiun Manchester United, Santiago Bernabeu milik Real Madrid, hingga San Siro.

Berita Terkait
Komentar
Terkini