Final Piala Presiden Esports 2019 Regional di Makassar, Ini Pemenangnya

Starlest menjadi pemenang setelah mengalahkan Soldier.57 dengan skor 2-0 dalam babak final regional Makassar Piala Presiden Esports 2019.(ist)
Starlest menjadi pemenang setelah mengalahkan Soldier.57 dengan skor 2-0 dalam babak final regional Makassar Piala Presiden Esports 2019.(ist)

Terkini.id, Makassar – Setelah sukses menyelenggarakan tahap kualifikasi regional Palembang dan Denpasar, Piala Presiden Esports 2019 kembali mempertandingkan tim-tim Mobile Legends terbaik di regional Surabaya dan Makassar pada akhir pekan lalu.

Ada yang sedikit berbeda antara penyelenggaraan kualifikasi regional pada minggu ini dan minggu lalu. Jika pertandingan regional sebelumnya diadakan di kota masing-masing, kali ini pertandingan diselenggarakan di Jakarta dan disiarkan secara langsung di Metro TV.

Selama Sabtu dan Minggu (16—17 Februari), Metro TV menyiarkan langsung pertandingan final kualifikasi regional Piala Presiden Esports 2019 pada pukul 13.00 WIB.

Pada Sabtu lalu, disiarkan pertandingan final kualifikasi regional Surabaya antara REVO Esports dan DRANIX ESPORTS. Sedangkan pertandingan final antara Starlest Esports dan Soldier.57 menjadi pertunjukan utama di hari Minggu.

Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL), Giring Ganesha, mengaku puas bisa melihat pertandingan esports disiarkan secara langsung di TV nasional.

Menurutnya, antusiasme masyarakat di esports yang sudah tak bisa dibendung membuatnya tak ragu untuk ‘mengetuk’ Metro TV untuk bekerja sama membesarkan esports.

“Kerja sama ini menjadi awal mula yang baik untuk membesarkan dan menyebarluaskan segala yang positif dari esports ke masyarakat. Untuk itulah Piala Presiden Esports akan terus ada dan makin banyak game yang dipertandingkan,” jelas Giring di Studio 1 Metro TV, Jakarta Barat.

Sebagai perwakilan dari pemerintah Republik Indonesia, Abraham Wirotomo selaku Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden setuju dengan upaya Giring untuk menyebarluaskan aspek positif esports.

Namun, dia tak menyangkal bahwa esports masih punya beberapa kekurangan yang membuatnya kerap dipandang sebelah mata oleh masyarakat awam.

Untuk itulah pemerintah hadir untuk menjadi wadah dan kontrol agar esports dan industri game terus tumbuh.

“Pemerintah hadir untuk menyediakan wadah dan batasan-batasan supaya industri game online bisa tumbuh. Untuk itu, saat ini kami akan membuat regulasi untuk mengatur semua ini agar melaju ke arah yang lebih baik,” ujar Abraham.

Andi Hasbullah sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Sulawesi Selatan juga mendukung pelaksanaan Piala Presiden Esports 2019. Sebagai perwakilan pemerintah daerah, Andi menyatakan akan aktif membantu pemerintah untuk mensosialisasikan esports ke masyarakat.

“Kami berharap bisa bersinergi dengan penyelenggara Piala Presiden Esports agar bisa mendiskusikan upaya nyata untuk mendukung perkembangan esports di Sulawesi Selatan,” ungkap Andi.

Selain itu, hadir juga Ferdinandus Setu selaku PLT Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi.
Menurutnya, Piala Presiden Esports adalah upaya nyata pemerintah untuk menumbuhkan ekosistem esports di Indonesia.

“Kemenkominfo mendukung penuh pelaksanaan Piala Presiden Esports sebagai upaya nyata untuk menumbuhkan ekosistem esports sehingga nantinya dapat mendukung berkembangnya industri digital di Indonesia.

Pada pertandingan final kualifikasi regional Surabaya, REVO Esports berhasil keluar sebagai yang terbaik setelah mengalahkan DRANIX dengan skor 2-0.

Pemenang di Makassar

Sedangkan di kualifikasi regional Makassar, Starlest menjadi pemenang setelah mengalahkan Soldier.57 dengan skor 2-0.

Keduanya pun berhak mendapat tiket ke babak grand final Piala Presiden Esports 2019 yang akan dilangsungkan 30—31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Gowa

Ini Cara Pemkab Gowa Cegah Masalah Hukum Perdata

Terkini.id,Gowa - Sebagai bentuk pendampingan atas semua program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, pihaknya menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa untuk melakukan penandatanganan dua nota kesepakatan