Forum Anak Daerah Turatea Jeneponto Perluas Wadah ke Tingkat Desa

Forum Anak Daerah Turatea
Forum Anak Daerah Turatea Jeneponto Perluas Wadah ke Tingkat Desa

Terkini.id, Jeneponto – Forum Anak  Daerah Turatea (FADT) tingkat kabupaten Jeneponto, semakin memperkokoh wadahnya ke tingkat Desa dan Kelurahan dengan membentuk dan mengukuhkan forum anak di setiap Desa dan Kelurahan.

Hal itu ditunjukkan dengan mengukuhkan Forum Anak Desa Bonto Mate’ne, Kecamatan Turatea, Rabu, 11 Juli 2018.

Selain membentuk forum anak di Desa, FADT juga melakukan sosialisasi tentang forum anak, bahwa wadah FADT dibawahi langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kegiatan FADT yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Pattiro Jeka itu bertujuan untuk mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Salah satu indikator yang memiliki poin paling tinggi adalah desa, kelurahan dan kecamatan harus membentuk forum anak,” tutur Direktur Pattiro Jeka, Suryani Hajar.

Menurutnya, melalui forum anak diharapkan anak-anak dapat diajak berpartisipasi dan diberikan ruang untuk berkreasi serta memberikan masukan terhadap pembangunan.

“Peserta  kegiatan ini adalah anak-anak yang berada di wilayah desa Bonto mate’ne dan berusia dibawah 17 tahun, Forum Anak ini penting karena sekarang ini sudah banyak kasus-kasus kekerasan yang didapatkan oleh anak-anak, belum lagi pernikahan dini, bullying, narkoba dan kekerasan rumah tangga, hal ini harus dicegah dengan melakukan sosialisasi dan mengarahakan anak-anak ke kegiatan positif lainnya,” kata Muh Faiz Afrizkialdi selaku Fasilitator Forum Anak.

Baca :Musrenbang Kabupaten dihadiri forum anak Barru

Desa Bonto Mate’ne beri apresiasi kegiatan FADT

Selain memberikan ruang kepada anak untuk berkembang secara positif, juga sebagai bahan acuan untuk studi-studi terkait dengan pembangunan di Kabupaten Jeneponto dan di desa, serta sangat mendukung lembaga-lembaga yang ada khususnya lembaga anak.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena desa kami juga ingin meraih predikat Desa Layak Anak, karena di Desa Bonto Mate’ne ini tidak ada anak putus sekolah, jadi kami sangat apresiatif atas pembentukan forum ini,” jelas Sekretaris Desa Bonto Mate’ne, Harlin Jaya.

Pada pembentukan Forum anak di Desa Bonto Mate’ne terpilih Muh Alqaf Syafran sebagai Ketua secara demokratis.

“Saya sangat senang menjadi pengurus forum anak, tentunya akan banyak kegiatan yang akan dilakukan setelah nanti melakukan rapat kerja,” kata Algaf.

Penulissyarief