Gagal Raih Juara, PSM Makassar Sabet Gelar Raja Kandang Liga 1

PSM Makassar
PSM Makassar

Terkini.id – Walau tak berhasil meraih gelar juara musim ini, Namun PSM Makassar menyisihkan sang juara Liga 1 2018, Persija Jakarta sebagai tim yang paling kuat di kandang.

Tim yang berjukuk Juku Eja itu memang telah gagal meraih gelar juara Liga 1 2018 dan hanya menjadi Runner Up saja musim ini, sebab perolehan poin dari Persija Jakarta hanya berselisih satu poin saja, sehingga yang Macan Kemayoran berhasil memuncaki klasemen akhir.

PSM Makassar tetap tak mampu mengejar torehan 62 poin miliki Persija. Walau dilaga terakhir Juku Eja menang telak 5-1 atas PSMS Medan,

Namun begitu, PSM tetap mampu menjadi raja kandang di Liga 1 2018. Tim berjulukan Juku Eja itu sukses menjadi tim dengan perolehan poin terbanyak di laga kandang.

PSM Makassar vs PSMS Medan

Sebanyak 42 poin didapatkan PSM dari 13 kemenangan, tiga kali seri, dan satu kali kalah dalam 17 pertandingan kandang musim ini.

Catatan tersebut melebih sang juara, Persija, yang hanya mampu menorehkan 35 poin dari 17 pertandingan kandang.

Begitu pula dengan tiga tim yang tak terkalahkan di kandang, Arema FC, Persela Lamongan, dan Barito Putera.

Menjadi yang paling tinggi di antara tiga tim tersebut, Arema hanya mampu membukukan 39 poin dari 17 laga kandang.

PSM Makassar
PSM Makassar vs Persija Jakarta. (foto: tempo.com)

Tak hanya soal poin, PSM juga memimpin koleksi gol kandang di antara para kontestan Liga 1 2018. 40 gol kandang menempatkan Juku Eja sebagai tim tersubur di kandang pada kompetisi Liga 1 2018.

Ferdinand Alfred Sinaga menjadi top scorer PSM dengan koleksi 10 gol dari 30 pertandingan. Sayang, catatan tersebut tak diimbangi dengan hasil tandang PSM yang hanya meraih 19 poin dari 17 laga.

Alhasil, skuat asuhan Robert Rene Alberts harus merelakan posisi puncak yang sempat diduduki dalam beberapa pekan terakhir kepada Persija.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Ketua DPRD Sidrap Definitif Ditetapkan

Terkini.id, Sidrap – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sidrap yang digelar, Kamis 14 November 2019 akhirnya mengumumkan mantan Sekda Sidrap H Ruslan sebagai Ketua DPRD