Masuk

Gampang Sakit? Konsumsi 7 Makanan Tinggi Vitamin B6 Ini

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Vitamin B6 memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya sebagai nutrisi untuk memperkuat imunitas. Konsumsi 7 makanan yang murah meriah namun tinggi nutrisi ini agar tubuh tidak gampang sakit.

Menurut catatan Mayo Klinik, vitamin B6 merupakan komponen nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak untuk menjaga sistem saraf dan imunitas. Agar tubuh senantiasa sehat dan bugar, sistem saraf dan imunitas yang berfungsi secara efektif ini selalu dibutuhkan.

Vitamin B6 ini bisa didapatkan melalui asupan makanan yang tepat tanpa perlu biaya mahal atau premium. Ada beberapa jenis bahan makanan murah dan mudah ditemui dengan kandungan vitamin B6 yang tinggi.

Baca Juga: Sediakan 2 Ribu Dosis, HIPMI Gelar Vaksinasi Massal di Makassar

Bahan-bahan ini dapat diolah menjadi makanan yang bisa dikonsumsi sebagai menu sehari-hari. Meski sederhana, namun akan tetap enak. 

Agar tidak kesulitan lagi untuk menjaga daya tahan atau kesehatan tubuh, pastikan untuk memeriksa daftar makanan tinggi vitamin B6 yang disarankan oleh para ahli. Berikut ini 7 makanan yang kaya akan vitamin B6 sesuai rekomendasi Healthine:

1. Susu

Baca Juga: Mantap, Smoothie Theory Buka Cabang Kedua di Kawasan Panakkukang Makassar

Konsumsi susu sapi secara rutin direkomendasikan oleh ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 yang cocok bagi seluruh anggota keluarga. Satu cangkir susu sapi maupun kambing terbukti mampu mencukupi kebutuhan 5% vitamin B6 harian yang direkomendasikan. Selain itu susu juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin B12 yang bisa didapatkan melalui satu cangkir yang sama.

2. Telur

Dua butir telur dikatakan mampu memenuhi 10% kebutuhan vitamin B6 termasuk protein dan nutrisi lainnya. Telur juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain dan dalam waktu apapun, baik saat sarapan hingga makan malam.

3. Hati Ayam

Baca Juga: Besok, Danny Pomanto Luncurkan Program Makassar Recover

Hati ayam mengandung banyak vitamin seperti B6 dan B12. Selain itu, terkandung pula folat dan vitamin A yang penting untuk tubuh di dalam hati ayam. Cara mengolah hati ayam sendiri pun terbilang mudah, seperti memadukannya dengan berbagai bumbu atau menambahkannya sebagai campuran masakan.

Wortel Cocok Untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin B6 (Sumber: wallpaperbetter.com)

4. Wortel

Tidak hanya dipercaya baik untuk menjaga kesehatan mata, satu batang wortel berukuran sedang nyatanya cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6, serat dan vitamin A. Wortel direkomendasikan untuk dikonsumsi baik secara mentah, matang maupun diolah menjadi smoothie dan jus. Selain itu wortel juga dapat menjadi pengganti camilan yang lebih sehat dan rendah kalori, cocok pula bagi anda yang sedang menjalani program diet.

5. Bayam

Bayam tidak hanya kaya akan zat besi dan serat tapi juga memiliki vitamin B6 yang membantu membentuk antibodi untuk melawan virus dan bakteri pembawa penyakit. Bayam direkomendasikan untuk dimasak bersama bahan lainnya maupun dikonsumsi utuh tanpa campuran bahan apapun.

6. Ubi Jalar

Disebut-sebut sebagai sumber karbohidrat yang paling sehat karena memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, satu buah ubi jalar berukuran sedang diungkapkan oleh ahli nyatanya cocok untuk memenuhi 15% kebutuhan vitamin B6 harian yang direkomendasikan. Cara menikmati ubi jalar yang direkomendasikan adalah dikukus atau dipanggang.

7. Pisang

Tidak hanya mengenyangkan, sebuah pisang berukuran sedang disebut sudah cukup untuk membantu memenuhi asupan vitamin B6. Selain itu konsumsi pisang secara rutin juga dapat meningkatkan produksi serotonin dan norepinephrine yang dapat membantu sistem saraf otak bekerja lebih baik.

Menjaga daya tahan tubuh menjadi satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Konsumsi 7 makanan yang tinggi vitamin B6 seperti di atas pun menjadi salah satu cara tepat agar tubuh tetap prima.

(Sumber: detik.com)