Gandeng Balla Beru, KPAJ Makassar gelar Latihan Kepemimpinan

Gandeng komunitas Balla Beru, komunitas KPAJ Makassar gelar Latihan Dasar Kepemimpinan

Terkini.id, Makassar – Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) Makassar kembali melangsungkan kegiatan kerelawanaan terhadap pendidikan. Titik pengajaran kali ini bukan berpusat pada anak jalanan, namun para pemuda-pemudi perubahan dari pesisir kota Makassar yang bekerjasama dengan komunitas Balla Beru selaku tuan rumah.

Kegiatan yang berlokasi di pulau Barra Lompoa ini bertujuan mencetak kader Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Komunitas Balla Beru sendiri adalah salah satu komunitas yang fokus pada aspek pendidikan anak muda (SMP-SMA).

Barra lompoa didirikan oleh mahasiswa kritis dari Teknik informatika Unhas, Muh Takdir pada tanggal 16 Desember 2017 lalu. Meski masih terbilang baru atau bahkan masih seumuran jagung, komunitas ini berkiprah nyata dalam partisipasi pengembangan taraf pendidikan di kampung halamannya sendiri.

Kurang lebih 18 orang ikut menjadi peserta Kegiatan LDK untuk anak binaan komunitas Balla Beru yang beralokasi di pulau Barrang Lompoa Makassar ini.

Suasana jalannya kegiatan

Salah satu materi yang sangat disukai oleh peserta adalah RA Kartini. Mesra Rahayu, selaku pemateri yang juga merupakan Volunteer ke-4 KPAJ memaparkan terkait bagamana sosok dan aura positif yang menjalar dari RA Kartini. Ia juga berharap agar para perempuan masa kini mencontoh sosok figur dari RA Kartini.

Baca :Tanamkan nilai islami, KPAJ Makassar berbagi mukenah

Selain materi tentang RA Kartini, juga terdapat materi persidangan, keorganisasian, dan kepemimpinan tingkat dasar yang diberikan kepada anak binaan Balla Beru. Materi-materi tersebut dibawakan oleh relawan KPAJ sendiri yakni Anton Maulana, Muh Imran, Ibrahim Halim, dan Darul.

“Saya pribadi dengan adanya LDK ini berharap besar mampu menjadi momentum perubahan dalam pola pikir dan daya kritikus yang tercipta oleh adik-adik binaan sekaligus menjadi sebuah dasar awal yang wajib dimiliki mereka sebagai regenerasi selanjutnya,” ujar Muh Takdir, Pendiri Balla Beru.

Atribut kegiatan

Ahmad Yani selaku Pendiri KPAJ Makassar mengucapkan banyak terima kasih kepada Balla Beru dan para peserta LDK serta pihakyang terlibat yakni para volunteer KPAJ yang turut bersama-sama mensukseskan kegiatan ini.

“Semoga ini menjadi sebuah awal yang baik,” harap Ahmad Yani.

 

Citizen Reporter : Riska Yuli Nurvianthi (Anggota KPAJ Makassar)