Gandeng Dinsos Makassar, Prodi Sosiologi FIS UNM Gelar Praktik Kerja Sosial

FIS UNM
Gandeng Dinsos Makassar, Prodi Sosiologi FIS UNM Gelar Praktik Kerja Sosial

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (FIS UNM) mengikuti pembukaan dan pelepasan Praktik Kerja Sosial di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Kamis, 10 Oktober 2019.

Idham Irwansyah Idrus selaku Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM hadir dalam kegiatan ini. Ia mengatakan sudah kali kedua Prodi Sosiologi bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Makassar dalam pendampingan kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Prodi Sosiologi sudah dua kali bekerja sama dengan dinas sosial kota Makassar dalam upaya pendampingan bagi kelompik penyandang masalah kesejahteraan sosial,” ujar Idham.

Dosen UNM ini juga menambahkan dalam pelaporannya, bahwa praktek kerja sosial diikuti sebanyak 50 Mahasiswa Sosiologi FIS UNM selama dua bulan lebih.

Demi efektifitas kegiatan ini, kata Idham, maka dibagi menjadi beberapa kelompok yang bergerak dalam beberapa fokus permasalahan sosial PMKS. Hasil dari Praktek Kerja Sosial ini direncanakam untuk diseminarkan.

“Tercatat 48 mahasiswa mengikuti kegiatan ini yang terdiri dari beberapa kelompok, hasilnya nanti kita akan seminarkan,” sambungnya.

Kegiatan Praktek Kerja Sosial bersama Dinas Sosial Kota Makassar dibuka langsung oleh Kepala dinas Sosial kota Makassar, Dr. H. Mukhtar Tahir, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Mukhtar Tahir menjelaskan esensi dan substansi dalam Praktek Kerja Sosial.

“Praktek Kerja Sosial ini merupakan kegiatan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan kemasyarakatan,” tuturnya

Ia juga sangat mengapresiasi dan merespon baik kerjasama ini. Beberapa agenda pagi ini terpaksa ia undurkan, termasuk pembukaan kegiatan serupa demi membuka kegiatan ini tepat pada waktunya, pukul 08.00 Wita. Ini dikarenakan ikut andilnya pemuda utamanya mahasiswa dalam penyelesaian masalah sosial.

“Saya sangat memberikan respon positif kegiatan ini, makanya ada 4 agenda acara pembukaan seperti ini. Satu agenda saya undur karena bertepatan kegiatan ini, dan saya senang sekali mahasiswa terlibat dalam penyelesaian masalah kemasyarakatan. Karena mahasiswa adalah corong pembaharuan,” ujarnya memberikan semangat.

Melihat kreatifitas pemuda sangat tinggi, Mukhtar berharap kepada mahasiswa untuk menciptakan inovasi dalam penyelesaikan permasalahan sosial.

“Terakhir saya titip, dinas sosial ini dalam mengadakan kinerja-kinerja selalu ada inovasi,” ungkapnya.

“Berikan kami inovasi, baik melalui IT (Ilmu Teknologi) atau apapun itu. Dan itu akan kami gunakan,” tutupnya.

Citizen Reporter: Aris ANW

Berita Terkait
Komentar
Terkini