Gandeng Hipgabi Sulsel, DPD PPNI Gelar Pelatihan BLS

PPNI Sulsel
Gandeng Hipgabi Sulsel, DPD PPNI Gelar Pelatihan BLS

Terkini.id, Gowa – Dewan Presidium Wilayah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan Basic Life Support (BLS) di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Gowa, Sabtu, 28 Desember 2019.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan DPW Himpunan Perawat Gawat Darurat Bencana Indonesia (Hipgabi) Sulawesi Selatan.

Peserta pelatihan adalah anggota PPNI yang mempunyai NIRA aktif dan telah melakukan pembayaran iuran bulanan PPNI.

Kegiatan ini serentak dilaksanakan di beberapa titik yang telah dibagi se-Sulawesi Selatan. Khusus Kota Makassar, Gowa dan Takalar menjadi titik pertama pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dari beberapa pembagian titik tersebut DPD PPNI Kabupaten Gowa bertindak selaku tuan rumah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua DPW PPNI Kota Makassar, Abdul Rahmat S.Kep, Ns, M.Kes.

Menarik untuk Anda:

Abdul Rahmat mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pengembangan kapasitas perawat dalam hal gawat darurat bencana.

“Kegiatan ini adalah salah satu pelatihan dasar pengembangan skill perawat dalam bidang kegawatdaruratan bencana dan pastinya akan terus berkelanjutan sampai level yang memadai,” tuturnya.

Namun, kata dia, sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai pelatihan yang berhubungan dengan dunia keperawatan.

“Insya Allah kalau nantinya gedung DPW PPNI telah rampung, kita akan menggunakan aula untuk mengupgrade atau sharing tentang ilmu-ilmu keperawatan,” tutupnya.

Instruktur dari kegiatan ini adalah Hipgabi Sulsel. Syafar Sangkala selaku salah satu instruktur dan juga Ketua Hipgabi Sulsel mengatakan bahwa nantinya semua peserta akan ditugaskan jika terjadi bencana di titik satu tersebut.

“Peserta pelatihan ini akan ditugaskan dalam kegiatan kebencanaan, namun 2 peserta terbaik lebih dikhususkan pada tim tanggap darurat bencana DPW PPNI Sulawsi Selatan,” ungkapnya.

Eliati Paturungi selaku Ketua DPD PPNI Kabupaten gowa berterimakasih karena telah dipercayakan sebagai tuan rumah.

“Saya sangat berterimakasih kepada Ketua DPW PPNI Sulsel dan teman-teman DPP PPNI Kota Makassar dan Takalar yang telah mempercayakan pelatihan BLS ini, dan mohon maaf apabila ada kekurangan di dalamnya,” tutup perempuan yang biasa disapa Eli ini.

Pelatihan ini hanya berlangsung sehari diawali pada pagi ini dan diakhiri pada malam harinya. Beberapa kegiatannya yakni pre test, pemberian materi, praktek, ujian praktek, dan diakhiri dengan post tes.

Citizen Reporter: Ajis

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Anggaran Perubahan APBD Gowa Alami Penurunan, Segini Jumlahnya

Hadiri Rakor dan Konsolidasi Kesiapan Pilkada Serentak 2020, Ini Harapan Bupati Adnan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar