Masuk

Gandeng KPU Gowa, LKPM Universitas Islam Negeri Makassar Resmi Diluncurkan

Komentar

Terkini.id,Makassar – Laboratarium Komunikasi Politik dan Media (LKPM) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) baru saja diluncurkan.

Usai peluncuran, LKPM UINAM langsung menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Kamis, 12 Desember 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa, Muhtar Muis turut menghadiri peluncuran LKPM tersebut sekaligus melakukan penandatanganan kerjasama dengan LKPM.

Baca Juga: Banjir di Semarang, 2 Mahasiswa Meninggal Diduga Kesetrum Listrik

“Kerjasama dengan LKPM salah satu upaya kami di KPU untuk meningkatkan partisipasi khususnya di teman-teman mahasiswa maupun kalangan pelajar. Karena selama ini di kampus-kampus dari hasil evaluasi tingkat partisipasi masih minim, sementara tingkat keberadaan pemilih pemuda di wilayah kampus itu cukup besar,” ujar Muhtar.

Lanjut Muhtar menyampaikan hal inilah sehingga pihakny di KPU khususnya mengharapkan kerjasama yang nantinya bisa meningkatkan partisipasi di kalangan mahasiswa.

Kepala LKPM UINAM, Ibnu Hajar, S.Sos., M.Ikom mengatakan LKPM merupakan wadah untuk dosen dan mahasiswa membangun interaksi komunikasi yang lebih apik maupun dalam ruang-ruang diskusi tentang fonemena sosial politik yang menjadi rujukan kajian kita bersama.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas Negeri Malang Gelar Pendampingan Pembuatan Logo Merek UMKM Uhat KLB

“Supaya kita tidak kaku memahami politik dan demokrasi itu seperti apa. Rananya mahasiswa adalah  mencari, menggali, tentang hal-hal baru,” beber Dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini.

Berbicara tentang politik dan demokrasi kata dia, dirinya rasa mahasiswa dan dosen perlu membangun share dan diskusi bagaimana memahami kontekstual maupun praktek atau teorinya ilmu komunikasi politik dan media yaitu seperti apa.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Firdaus Muhammad saat hadir membuka LKPM tersebut mengatakan kehadiran LKPM ini untuk menyadarkan mahasiswa tentang politik dan berharap semoga mereka berpartisipasi secara real dalam politik demokrasi media. Dan saya meresmikan LKPM ini.

“Kenapa harus komunikasi politik karena ini diajarkan di tiga jurusan yang ada di Fakultas Dakwah yaitu, Ilmu Komunikasi, Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan Jurnalistik,” terang Firdaus.