Gandeng UPTD Dinkes Sulsel, MYKO Kembali Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Bekerjasama dengan UPTD Dinkes Sulsel, MYKO gelar aksi kemanusiaan Donor Darah. (Foto: terkini.id)

Terkini.id, Makassar – Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Saat ini, hanya sebagian masyarakat yang memutuskan untuk menyumbangkan darah mereka demi kamanusiaan.

Padahal, menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.

Hal itulah yang disadari oleh Manajemen MYKO Hotel & Convention Center Makassar dengan kembali menggelar aksi kemanusiaan Donor Darah di Onyx Ballroom MYKO pada Rabu, 22 Januari 2020.

“Tujuan donor darah ini lebih kepada aksi kemanusiaan. Sekarang orang butuh banyak darah, jadi seolah-olah darah itu hal yang krusial banget. Orang yang nyumbang darah secara tidak langsung bisa membantu kehidupan orang yang membutuhkan,” kata Manajer HR MYKO, Othnie kepada terkini.id.

Donor darah MYKO. (Foto: terkini.id)

Aksi donor darah ini, kata Othnie, juga merupakan rangkaian kegiatan menuju peringatan ulang tahun MYKO yang ketiga.

“Aksi kemanusiaan seperti ini akan diusahakan oleh Manajemen MYKO untuk dilaksanakan secara rutin dan terus menerus,” ujarnya.

Hal itu, kata Othnie, lantaran pihaknya menyadari tanggung jawab moril manajemen hotel terhadap masyarakat.

“Kalau menurut saya itu kan memang bagian dari tanggung jawab sosialnya kita sebagai masyarakat. Kewajiban moril kita kepada sesama. MYKO ini kan juga jalan karena adanya masyarakat, jadi sudah menjadi tanggung jawab moril dari kami untuk berbuat kepada masyarakat,” kata Othnie.

Dalam kegitan tersebut, MYKO menggandeng pihak Unit Pelayanan Transfusi Darah (UPTD) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulsel.

Mewakili UPTD Dinkes Sulsel, Kepala Seksi Teknis Pelayanan Donor dan Pasien UPTD Dinkes Sulsel, dr. Erviana Aprilia A. Rasak mengapresiasi langkah MYKO yang peduli terhadap kebutuhan darah bagi masyarakat Sulsel, khususnya warga Makassar yang membutuhkan.

“Kebutuhan darah dengan jumlah pendonor jauh lebih banyak kebutuhan darah dibanding pendonornya. Maka dari itu kami mengapresiasi jika ada pihak seperti MYKO ini yang berinisiatif untuk melaksanakan aksi donor darah demi menambah stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata dr. Erviana.

Menurutnya, pendonor darah sukarela hanya sekitar 2% dari total jumlah penduduk yang ada di Indonesia.

“Di Makassar saja, khususnya di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo kebutuhan darah sekitar 70 sampai 100 kantong per hari. Jadi kalau kami sendiri dari UPTD dan PMI Kota Makassar, kami belum bisa mengcover semua kebutuhan darah yang ada di Makassar. Oleh karena itu kami membutuhkan bantuan dari pihak-pihak lain dengan menyelenggarakan aksi donor darah,” terangnya.

Donor darah MYKO. (Foto: terkini.id)

Dokter Erviana berharap dengan adanya kegiatan donor darah seperti yang dilakukan MYKO, pihak-pihak lainnya juga bisa ikut menggelar kegiatan serupa.

“Kami juga terus mengupayakan menggelar sosialisasi ke kantor-kantor instansi, perhotelan, dan sekolah-sekolah untuk melaksanakan donor darah dan menyampaikan tentang pentingnya donor darah serta manfaatnya bagi kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan donor darah yang digelar MYKO bekerjasama UPTD Dinkes Sulsel ini, terkumpul kantong darah sekitar 200 kantong.

Angka tersebut melebihi jumlah kantong darah pada kegiatan donor darah sebelumnya yang juga dilaksanakan oleh MYKO bersama UPTD Dinkes Sulsel pada September 2019 lalu.

Komentar

Rekomendasi

Peletakan Batu Pertama Sunset Quay, Spot Wisata Kuliner Premium Pertama di Makassar

Perdana di Makassar, BCA Expoversary Siap Manjakan Nasabah, Berikut Jadwalnya

Makin Mewah, Yuk Intip Tampilan Baru Skutik Besar Honda PCX

Bank Sulselbar Terima Setoran ONH, Ditaksir Nilainya Mencapai Rp800 Miliar

100 Pembeli Pertama All New Beat Bisa Bawa Pulang HP Samsung

Malam Ini, Peluncuran All New Beat Bakal Dimeriahkan Marion Jola di Mal Panakkukang

Peletakan Batu Pertama Bumi Karsa Recidence jadi Kado HUT ke-52 PT Bumi Karsa

Jelang Peluncuran Dua Kluster Terbaru, GMTD Lakukan Open House Show

Resmi Dibuka, Saatnya berburu Paket Pernikahan Berhadiah Mobil di Claro Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar