Gandeng YCCC, FKG Unhas Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Luwuk Banggai

Terkini.id, Banggai – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Bakti Sosial Operasi Celah Bibir dan Celah Langit-langit (Bibir Sumbing) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis hingga Sabtu, 6-8 Februari 2020.

Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan kerjasama antara Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, Yayasan Celebes Cleft Center (YCCC) dan Pemerintah Kabupaten Banggai sendiri.

Rombongan Bakti Sosial FKG Unhas yang terdiri dari Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D., Sp.BM(K), Direktur RSGM Unhas drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K), drg. Muhammad Gazali, MARS., Sp.BM(K)., drg. Hadira, Sp.BM, drg. Nurwahida, Sp.BM., dan drg. Zaitun Zumule, Sp.BM., diterima langsung oleh Direktur RSUD Kab. Banggai dr. H. Yusran Kasim dan Assisten Administrasi Umum Setda Kab. Banggai H. Ramlin Hanis, SH.

Dokter gigi Ruslin mengatakan, operasi ini gratis dengan tujuan untuk mengurangi populasi masyarakat yang memiliki Celah Bibir dan Celah Langit-langit (bibir Sumbing) khususnya di Kabupaten Banggai.

Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim, MM menyampaikan hal yang sama. Pihaknya akan mendata masyarakat yang menderita Celah Bibir dan Celah Langit-langit (bibir sumbing) di Banggai secara bertahap sehingga ke depannya Banggai bebas Celah Bibir dan Celah langit-langit (bibir Sumbing).

“Terima kasih kepada Fakultas Kedokteran Gigi Unhas dan Yayasan Celebes Cleft Center (YCCC) atas kepeduliannya membantu masyarakat kami, semoga kegiatan ini menjadi agenda rutin tahunan,” harapnya.

Di waktu yang sama, Direktur RSUD Luwuk Kab. Banggai dr. H. Yusran Kasim menyampaikan, ada 48 (empat puluh delapan) pasien yang termasuk dalam Program Baksos ini.

“Kamis ini akan dilakukan operasi sebanyak delapan pasien dan selebihnya dilakukan esok hari,” ucapnya.

Citizen Reporter: Abdul Majid Asinu (Humas FKG Unhas)

Komentar

Rekomendasi

Lawan Corona, Mahasiswa KKN UINAM di Bulukumba Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Corona, Mahasiswa KKN UINAM Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Datara Gowa

Begini Cara Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Isi Waktu Saat di ‘Rumah Saja’

Makin Mewabah, Polbangtan Gowa Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Di Gerbang Masuk Area Kampus

Mahasiswa UINAM Terpaksa Kuliah Online karena Wabah COVID-19

Direktur Polbangtan Gowa Bagi-bagi Masker, Vitamin Sekaligus Makan Bubur Kacang Ijo & Sarabba Bareng THL, Satpam dan Supir

Alumni FKG Unhas Sumbang Chamber Sterilizer untuk Rumah Sakit Sayang Bunda

Direktur Polbangtan Gowa: Tetap Produktif Walau Bekerja Dari Rumah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar