Gantung Parfum di Spion Tengah Mobil Bisa Kena Denda Rp17 Juta

Parfum
Parfum di kaca spion tengah mobil. (Foto: Ilustrasi)

Terkini.id – Bagi pengendara mobil di Indonesia, menggantung parfum di kaca spion tengah merupakan hal yang lumrah dan sering dilakukan. Namun tidak di Inggris.

Di negara tersebut telah diberlakukan aturan terkait pelarangan menggantung parfum di kaca spion mobil. Tak tanggung-tanggung, bagi yang kedapatan bisa dikenai denda sebesar 1.000 poundsterling atau setara dengan Rp 17 juta.

Dilansir dari media Inggris, Express, Senin, 19 Agustus 2019, denda tersebut diberlakukan lantaran menggantung parfum di spion dianggap dapat membahayakan pengendara.

Otoritas setempat menyebutkan, ketika sedang berkendara tak boleh ada benda sekecil apa pun yang menghalangi pandangan pengemudi.

Parfum yang digantung di spion tengah mobil dianggap menjadi halangan karena bisa mengurangi respon pengendara ketika terjadi kecelakaan.

Tak ada aturan khusus memang yang melarang pengendara menghias bagian depan mobil. Namun dalam aturan berkendara di Inggris tertulis, kaca depan dan jendela harus bersih dari segala halangan demi menambah penglihatan si pengendara.

“Tidak diizinkan bagi siapa pun untuk mengendarai mobil dengan posisi tertentu sehingga si pengendara dapat berpotensi kehilangan kontrol juga pandangan ke depan yang terbatas,” tulis Undang-undang Lalu Lintas Inggris.

Aturan tersebut juga mendapat dukungan dari lembaga lalu lintas Inggris, IAM Road Smart.

“Segala sesuatu yang menggantung di kaca mobil dapat mengganggu pandangan si pengendara,” kata Head of Driver Behaviour di IAM RoadSmart, Rebecca Ashton.

“Kehilangan pandangan karena ada sesuatu yang menghalangi tentu sangat membahayakan,” terangnya.

Berkendara yang baik, menurut Rebecca, tak hanya harus memiliki kemampuan khusus mengemudi, tapi juga harus bisa mengantisipasi dan bagaimana menangani jika terjadi suatu masalah.

Berita Terkait