SIT Albiruni Makassar Helat Khotaman dan Imtihan

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Uji puplik peserta khotaman dan imtihan

Terkini.id Makassar. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Albiruni Makassar helat kegiatan Khotaman dan Imtihan yang ke-7 dengan mengangkat tema Mewujudkan Generasi Milenial Cinta Qur’an. Di Ballroom Macora Hotel The Rinra Makassar, Minggu 15 Desember 2019.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan oleh SIT Albiruni Makassar bekerjasama Dengan Ummi Foundation sebuah lembaga pengajaran Alqur’an yang berkantor di Surabaya.

Khotaman dan Imtihan merupakan prosesi akhir dari sebuah proses pembelajaran BTQ ( Baca Tulis Qur’an) atau lebih sering di kenal dengan istilah Wisuda. Prosesi kegiatan ini dipimpin oleh Ust. Iswahyudi dan Ust. Nidauddin dari Ummi Foundation.

Sebanyak 105 siswa SIT Albiruni mengikuti kegiatan tersebut, terdiri dari Siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk sampai pada tahapan ini tidaklah mudah, para siswa harus mempersiapkan diri untuk melalui serangkain tes. Sehingga diharapkan para siswa menguasai secara penuh seluruh materi BTQ yang telah diajarkan karna akan ada uji publik bagi siswa pada prosesi tersebut, dimana para tamu undangan dipersilahkan bertanya kepada peserta khotaman dan Imtihan secara acak.

Novi selaku Sekertaris panitia kegiatan tersebut mengatakan bahwa untuk sampai ke prosesi ini tidaklah mudah. Para siswa harus melalui beberapa tahapan sehingga dinyatakan layak untuk ikut.

“Jadi prosesnya lama. Bertahun-tahun, Karna siswa mulai dari jilid satu sampai jilid enam, kemudian lanjut tingkat Al-Qur’an, tingkat Ghorib, kemudian tingkat Tajwid,” kata Novi Minggu 15 Desember 2019.

“Sampai tahap Tajwid siswa juga tidak langsung dibolehkan ikut khataman dan Imtihan. Karna masih harus Melalui tes yang namanya Munaqosyah. Munaqosyah ini terdiri dari tiga tahap, Kalau lulus sampai tahap 3 dinyatakan boleh ikut Khotaman dan Imtihan,” tambahnya.

Terkait dengan tema kegiatan tersebut Novi mengatan bahwa SIT Albiruni Makassar memang serius untuk membina generasi milenial dengan Al-Qur’an. Mengingat dengan kemajuan teknologi anak-anak cenderung lebih dekat dengan handphon (HP) mereka.

“Jadi melalui kegiatan ini kami harapkan kedepannya anak-anak bisa lebih dekat dan mencintai Al-Qur’an, dan tidak berhenti di sini saja tapi tetap mengamalkan ilmunya. Sehingga bisa menjadi syafaat bagi orangtua mereka nantinya,” tutup Novi.

Komentar

Rekomendasi

Mahasiswa Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Indonesia Timur (UIT) Adakan Pengabdian Masyarakat, Apa Saja Agendanya?

Upgrade Pejabat, KUA Bonto Bahari Turut Hadiri Pelantikan Eselon IV Kemenag Bulukumba, Cek Daftarnya!

1 Ekor Harimau Sumatera yang Terperangkap dalam Boxtrap Berhasil Dievakuasi Tim Satgas BKSDA Sumsel

Simpul Pena Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua Agupena

KNPI Kota Makassar, Adakan Dialog Awal Tahun

Puluhan Warga Binaan Rutan dan Lapas Bulukumba Mengikuti Kegiatan Dirosa

Gerakan Intelektual Muda Indonesia Timur (GIMIT) Menggelar Diskusi Publik

Pembangunan Persemaian Modern Mendukung Wisata Labuan Bajo

Mempertegas Hanya Satu Kepengurusan Sah, KNPI Maros Gelar Rapat Pleno

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar