Gelar Rakor Pemutakhiran Data Hasil Pengawasan, Ini Harapan Wali Kota Palopo

Gelar Rakor Pemutakhiran Data Hasil Pengawasan, Ini Harapan Wali Kota Palopo

Terkini.id, Palopo – Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, mengharapkan agar hasil pemutakhiran data hasil pengawasan agar menjadi pegangan dari masing-masing pihak agar semua terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penegasaan itu disampaikan Judas Amir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Tingkat Kota Palopo Tahun 2018, yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae Palopo, Rabu, 24 Oktober 2018.

Menurut Judas, Rakor yang dilaksanakan tersebut dilaksanakan agar pihak-pihak yang melaksanakan atau membuat suatu kegiatan dapat memperhatikan semua hal secara detail. Sehingga tidak ada yang dapat menjeremuskan kepersoalan hukum di belakang hari.

“Kita ingin agar Aparatur Sipil Negara bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Saya minta semua untuk melaporkan hasil sesuai fakta yang ada,” ungkap Judas.

Judas juga mengingatkan, kalau pemerintah telah melakukan penandatanganan fakta integritas dan itu akan menjadi pegangan semua pihak.

“Jadi harapan saya kita semua dapat berkerja sesusai dengan apa yang tertuang dalam fakta integritas dan jangan lupa untuk memperbaiki diri agar dapat lebih memahami apa yang menjadi tupoksi masing masing,” tandasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Inspektorat Kota Palopo, H Muhammad Samil Ilyas, memaparkan terkait dengan kegiatan pertemuan tersebut adalah kegiatan pemutakhiran data tindak lanjut yang merupakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelengaraan Pemerintah Daerah.

“Ini kita harapkan bisa meningkatkan efektivitas pengawasan terhadap penyelengaraan pemerintah daerah, termasuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab pimpinan unit kerja,” ungkap Samil.

Lanjutnya kepada para pimpinan perangkat daerah agar menindaklanjuti pertemuan tersebut dan mengimplementasikan hasil pengawasan dan pemeriksaan sebagai salah satu upaya mempertahankan predikat opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah.

Ditambahkan Samil, dalam pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan eksternal maupun internal pemerintah, ditemui kendala-kendala. Bahwa berdasarkan hasil quality assurannce (penjamin mutu) yang dilakukan oleh BPKP RI, tingkat maturitas sistim pengendalian intern pemerintah (SPIP) Kota Palopo untuk sementara berada level dua dengan nilai 2,86.

“Ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern kita masih perlu terus diperbaiki. Sistem pengendalian intern yang baik akan mencegah terjadinya penyimpangan,” ujar Samil.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Provensi Sulawesi Selatan, Arman Sahri Harahap, menyampaikan pertangungjawaban sebagai pengawasan keuangan harus jelas dan lengkap, dan tetap merunut pada undang-undang yang ada.

“Dengan begitu, kita dapat bekerja tanpa beban lain, dan dapat terhindar dari apa yang kita tidak inginkan,” jelas Amran.

Lanjutnya, adapun hal yang menjadi pokok pengawasan meliputi pengawasan keuangan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atau daerah atas kegiatan yang bersifat lintas sektoral. Serta melaksanakan pembinaan penyelengaraan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) pada wilayah kerja masing-masing.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Sekda Kota Palopo, H Jamaluddin, para pimpinan perangkat daerah, para Kepala Puskesmas, Camat, Lurah dan para Kepala Sekolah se-Kota Palopo.

Komentar

Rekomendasi

Rapat Daring Dengan Wagub Sulsel, Wali Kota Palopo Sampaikan Ini

Cegah Corona, Komunitas Farid Kasim Judas Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Palopo

Palopo Akan Berlakukan Pemeriksaan Ketat Bagi Semua Kendaraan yang Keluar Masuk

Pemkot Palopo dan HAKLI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Tempat Publik

Akhir Pekan, Wali Kota Palopo Judas Amir Pantau Aktivitas Rumah Sakit dan Pasar

Pemkot Palopo Perpanjang Masa Libur Sekolah Hingga 1 Juni 2020

Wali Kota Palopo Minta Sosialisasi Bahaya Covid-19 Terus Dilakukan

Tindaklanjuti Arahan Walikota, Gugus Tugas Palopo Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar