Gelar ‘Tudung Sipulung’ IKA TILAS Bahas Topik Gender

terkini.id-Makassar, Jika mendengar kata ‘Gender’ hal apa yang terbersit. Hal ini menjadi tema perbincangan yang menarik.

 

Dimana  Gender merupakan konsep yang mengacu pada perbedaan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang terjadi akibat dari dan dapat berubah oleh keadaan sosial dan budaya masyarakat.

Baca Juga: Amien Rais-Hehamahua Disarankan Keluar dari RI, Seword: Seperti Nabi Musa...

 

Pengarusutamaan Gender yang selanjutnya disingkat PUG adalah strategi yang
dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi laki dan perempuan.

Baca Juga: Bunuh Pacar Warianya, Pria ini Kesal Dipaksa ‘Anuan’ di Semak-Semak...

 

Hal ini  juga diulas dalam Perda Kota Makassar Nomor 05 tahun 2019 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan.

 

Baca Juga: Roy Suryo Singgung Mensos Risma Perihal Bansos yang Ditarik Kembali...

Sebagaimana dalam mendukung peran Pengarusutamaan Gender ini, Keluarga besar Ikatan Alumni SMPN13 Makassar Sulawesi Selatan menggelar Tudang Sipulung pada Sabtu (27/02/21) bertempat di Grand Asia Hotel Makassar.

 

Kegiatan yang tetap melaksanakan prosedur protokol Kesehatan ini dihadiri perwakilan beberapa angkatan alumni.

 

Acara diskusi yang digelar siang tadi , didaulat sebagai pembicara Mario David, Ketua Umum Tilas yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Makassar serta turut hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP3A) Andi Tenri A Palallo.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum IKA TILAS Mario David mengungkapkan  peran organisasi Teman IKA TILAS sebagai salah satu asset di Kota Makassar.

“Sudah banyak potensi dari alumni yang dapat berperan serta ditengah-tengah masyarakat,”jelas Mario.

 

“Diharapkan Ikatan Alumni SMPN 13 dapat berperan nyata di dalam masyarakat Kota Makassar,”pungkasnya.

 

Sementara itu , Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini kembali menjelaskan perihal Gender  itu adalah berusaha memahami antara lelaki dan perempuan.

Sehingga peranan Pemerintah dalam merumuskan kebijakan strategis pedoman Pengarusutamaan Gender kepada  Masyarakat  seperti pentingnya keberadaan ‘Shelter Warga’ .

 

“Fungsinya yang berada ditengah Masyarakat adalah sebagai sarana  mengendalikan kekerasan dan perlindungan anak terhadap kekerasan dalam rumah tangga,”imbuh  Andi Tenri.

 

Kesetaraan Gender adalah kondisi dan posisi yang menggambarkan kemitraan yang berjalan selaras, serasi,  seimbang antara perempuan dan laki-laki dalam akses, partisipasi, kontrol dalam proses pembangunan, dan manfaat yang sama dan adil di semua lini  bidang kehidupan.

 

Keadilan Gender adalah suatu proses untuk menjadi adil terhadap laki-laki dan perempuan.

 

Hal ini mengantisipasi kekerasan dalam rumah tangga yang disebabkan  adanya ketidaksesuaian  komunikasi  dalam keluarga sehingga berujung konflik.

 

“Disinilah pentingnya peran keluarga, peranan ayah dan ibu dalam  menjaga anak,” harap Andi Tenri A Pallalo.

 

“Mari kita bersama sama memajukan  keluaga, perempuan dan anak,” pungkasnya saat mengakhiri diskusi.

 

Sesi pertemuan diakhiri dengan tanya jawab yang  antusias  antar peserta dan pembicara.

Sponsored by adnow
Bagikan