Gelorakan Kearifan Lokal Jeneponto, Dandim Siap Gelar Lomba Layang-layang Daun Lontara

Daun Lontara
Gelorakan Kearifan Lokal Jeneponto, Dandim Siap Gelar Lomba Layang-layang Daun Lontara

Terkini.id, Jeneponto – Komando Distrik Militer (Kodim) 1425 Jeneponto berinisiasi untuk mengangkat kembali kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Jeneponto pada momentum semangat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019.

Inisiasi untuk kembali menggelorakan kearifan lokal yang sudah hampir punah itu akan dihelat lomba layang-layang Daun Lontara yang akan digelar dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada 17 Agustus 2019, mendatang.

Plt Komandan Distrik Militer (Dandim) 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir yang merupakan putra Jeneponto mengatakan, berangkat dari kearifan lokal yang akhir-akhir ini mulai tergerus oleh era globalisasi, maka pihaknya menginisiasi kegiatan ini untuk mengeksplor kembali kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Jeneponto.

“Kami berangkat untuk memanfaatkan momentum dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 74 dengan berupaya untuk menghidupkan kembali tradisi leluhur terdahulu yang biasa dilakukan oleh masyarakat Butta Turatea yang memiliki nilai historis yang sangat kuat yakni layang-layang Daun Lontara,” kata Letkol Inf Irfan Amir, Kamis, 11 Juli 2019.

Festival akan berlangsung selama 3 hari

Menurutnya, pembuatan dan menerbangkan layang-layang Daun Lontara ini dilakukan oleh para leluhur terdahulu sebagai bentuk perwujudan  rasa syukur masyarakat Jeneponto saat panen raya.

“Hal ini juga memiliki nilai strategis dalam menggelorakan kearifan lokal dimana melalui festival layang ini, Kodim 1425 bersama Pemerintah Daerah Jeneponto mendorong potensi wisata Jeneponto agar dapat menarik wasatawan lokal maupun mancanegara untuk lebih mengenal kearifan lokal yang ada di masyarakat Jeneponto,” tutur Irfan.

Festival ini, kata Irfan, dibuka untuk umum bagi semua kalangan dan akan berlangsung selama 3 hari.

“Panitia pelaksana menyiapkan hadiah-hadiah menarik bagi mereka yang keluar sebagai juara, kegiatan ini akan dihelat mulai 10 Agustus hingga 13 Agustus 2019 dan akan dibuka oleh bapak Bupati Jeneponto bersama unsur Forkopimda di Stadion Mini Turatea,” tuturnya.

Komentar
Terkini