Gempa Kembali Guncang Donggala, Ribuan Warga Mengungsi

Terkini.id, Donggala – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 SR kembali mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Rabu 13 Maret 2019.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Geofisika Palu, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,01 LU dan 119,66 BT. Titik tersebut tepatnya berlokasi di laut pada jarak 50 km, arah utara Kabupaten Donggala pada kedalaman 10 km.

Gempa tersebut membuat panik warga, khususnya mereka yang berada di Desa Lompio, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Dari pantauan relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), ribuan warga berhamburan lari ke jalan raya.

Warga kemudian mengungsi ke ke tempat tinggi untuk menghindari kemungkinan adanya tsunami.

Eka, relawan ACT di Desa Lompio, mengatakan saat ini warga mengungsi ke kaki gunung yg sebelumnya menjadi tempat pengungsian warga ketika gempa terjadi pada 28 September 2018 silam.

“Warga takut adanya gempa susulan dan tsunami, jadi mereka memilih mengungsi ke kaki gunung. Kami dari relawan ACT membantu mereka mengangkat barang mereka ke kendaraannya,” kata Eka.

Selain membantu warga, sejumlah relawan ACT di lokasi juga mengimbau kepada warga agar tidak panik dan tetap tenang serta tidak percaya terhadap isu-isu negatif yang beredar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Hasil Konferda, KSB PDIP Sulsel Dipertahankan

Terkini.id -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Sulawesi Selatan baru saja menyelesaikan Konferensi Daerah (Konferda) di Hotel Claro Makassar,