Gempa M 5,3 Kembali Guncang NTB, Terasa Hingga Bali

Gempa
Ilustrasi Gempa Bumi

Terkini.id, Makassar – Gempa bumi kembali terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa tersebut dirasakan hingga Bali.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sebelumnya menyebutkan gempa tersebut memiliki kekuagan magnitudo 5,7.

BMKG baru saja memperbarui informasi gempa menjadi magnitudo 5,3.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,7 yang setelah dimutakhirkan menjadi M=5,3,” jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, melalui keterangan tertulisnya, Kamis 6 Desember 2018.

BMKG menyampaikan, getaran paling kuat dirasakan di Lombok Utara dengan skala VI MMI dan Lombok Barat serta Mataram dengan skala V MMI.

Sementara di Bali, gempa dirasakan di Denpasar dengan skala III-IV, di Jimbaran dirasakan skala III MMI, skala III Tabanan, skala II di Nusa dua, dan skala II-III di Karangasem, Kuta, hingga Singaraja.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust),” ucap Rahmat lagi.

Baca :'Kami Trauma, Pak...'

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” sambungnya.

BMKG menyampaikan, gempa ini tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Hingga pukul 08.11 WIB belum tercatat adanya gempa susulan.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tak terpengaruh isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.