Gempa bumi guncang Sinjai

TERKINI.id, SINJAI-Kabupaten Sinjai diguncang gempa pada Selasa malam 12/12/2017 sekitar 01.04.25 WITA.

Hasil analisis BMKG Wilayah Makassar menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter dengan koordinat episenter 5.24 LS dan 120.21 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Tenggara Sinjai, pada kedalaman 12 km. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae.

Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara I-II MMI di Sinjai, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan sangat lemah (I SIG BMKG / I – II MMI) di Sinjai.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempa bumi dihimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

Sejumlah warga di Sinjai mengaku merasakan tanah bergeta beberapa saat.Meski sempat membuat kepanikan warga namun akhirnya warga bisa kembali tenang ketika gempa susulan tidak dirasakan lagi.

Hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan material akibat gempa ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini