Gubernur Ehime dan 20 Pengusaha Jepang Akan Datang ke Sulsel, Jajaki Potensi Kerjasama

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah bersama jajarannya, melakukan kunjungan kerja ke Jepang. /Nasruddin

Terkini.id — Gubernur Perfecture (provinsi) Ehime dan 20 pengusaha asal Jepang akan berkunjung ke Sulawesi Selatan pada awal tahun 2019.

Rencana kedatangan pengusaha asal Jepang tersebut untuk menjajaki potensi kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel di bidang budidaya perikanan.

Kunjungan Gubernur Ehime dan 20 pengusaha tersebut, dampak dari kunjungan kerja Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah bersama jajarannya ke negara Jepang.

“Bulan Januari 2019 Gubernur Ehime bersama 20 pengusaha akan datang ke Sulsel,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Sulkaf S Latief yang ikut mendampingi Nurdin Abdullah ke Jepang, Jumat 14 Desember 2018.

Mereka yang datang termasuk pengusaha perikanan yang berkomitmen ingin berinvestasi di Sulsel pada pengembangan perikanan terintegrasi hulu dan hilir.

Sulkaf mengatakan, di Sulsel untuk prosessing standar yang digunakan di tempat ini sama saja yaitu penerapan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) sehingga ini dapat kita laksanakan juga di Sulsel.

“Sedangkan teknologi budidaya laut ini yang akan kita kerjasamakan,” pungkasnya.

Di Jepang, Nurdin Abdullah berkunjungan ke Wajima Project yang merupakan perusahaan perikanan yang terintegrasi mulai dari budidaya ikan tuna dan ikan-ikan laut lainnya.

Di Wajima Project, diproduksi ikan Tuna dan ikan yellow tail atau buri’ sejenis ikan kuwe dan pengolahan ikan (cold storage). Lokasinya berada di Kota Wajima yang jaraknya dari Kota Matsuyama ibukota Perfecture (provinsi) Ehime atau dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan mobil.

“Dan untuk sampai ke lokasi budidaya ikan di laut, kita naik kapal sekitar satu jam,” pungkas Sulkaf S Latief.

Berita Terkait
Komentar
Terkini