Masuk

Gubernur Kalimantan Utara Kunjungi Kampus Politeknik Pariwisata Makassar

Komentar

Terkini.id, MakassarPoliteknik Pariwisata Makassar menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum beserta rombongan. 

Kunjungan tersebut dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar, Kamis 12 Mei 2022.

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan kepariwisataan yakni tentang Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata dan Kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara, yang di Provinsi Kalimantan Utara. 

Baca Juga: Belasan Mahasiswa Poltekpar Makassar Terima Bantuan Pendidikan dari Tujuh Hotel

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. 

“Kami meyakini pak gubernur tidak salah memilih Politeknik Pariwisata Makassar untuk dijadikan bagian dari pengembangan sumber daya manusia, baik untuk program reguler maupun tentu pengembangan-pengembangan sumber daya manusia di bidang Kepariwisataan lainnya,”ujarnya.

“Hampir semua daerah yang berada di Sulawesi Selatan sudah menjalin Kerjasama dengan Poltekpar Makassar khususnya dalam Menyusun Rancangan Induk Pengembangan Kepariwisataan di daerahnya masing-masing,”imbuhnya.

Baca Juga: Politeknik Pariwisata Makassar Kukuhkan 611 Alumni, Ini Harapan Sekretaris Kemenparekraf RI

Ia menyampaikan jgabahwa Pengabdian pada masyarakat Poltekpar Makassar juga melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendampingi desa wisata di beberapa daerah.

Selanjutnya Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan pihaknya melihat Kalimantan Utara ini memiliki potensi pariwisata, dimana potensi alamnya dapat menjadi objek pariwisata yang cukup banyak yang ada di setiap Kabupaten Kota. 

Namun kalau SDM ini tidak ada yang mengelola, tidak dikelola oleh sumber daya manusia yang berkompetensi, yang punya kemampuan untuk menjadikan suatu tempat ini menjadi tempat wisata. 

“Maka dari itu harus kita siapkan SDM yang mumpuni yang punya kompetensi dan punya kemampuan untuk mengelola tempat-tempat yang sudah disiapkan, yang diberikan oleh Allah subhana wa taala untuk kita kelola dengan baik,”tuturnya.

Baca Juga: Poltekpar Makassar Gelar Seminar Pariwisata International 2022, Gandeng Dua Institusi Ini

Tempat objek wisata yang ada di Kalimantan Utara begitu indah, begitu cantik yang belum pernah tersentuh tangan manusia. 

Kalau kita tidak siap SDM dari awal, ini tidak akan bisa diijadikan tempat wisata untuk menjadi unggulan suatu daerah”.

Kegiatan di akhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd dengan Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Institut Teknologi dan Bisnis Maritim (ITBM) Balik Diwa, Prof. Dr. Muhammad Akmal Ibrahim, M.Si dengan Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum.

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Utara, Drs. Teguh Henri Sutanto, M.Pd, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kalimantan Utara, Taufik Hidayat, STP., M.Si, Kabid Industri Dan Pengembangan SDM Pariwisata, Amat S.Pd., M.Pd, Wakil Direktur II Bidang Umum, Para Kasubag, Kepala Unit Kerjaasama, Para Ketua Jurusan, Para Ketua Program Studi dan Humas di Lingkungan Politeknik Pariwisata Makassar.