Gubernur Sulsel Resmikan Penggunaan Asrama Mahasiswa Latimojong di Kota Bogor

Terkini.id — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah (NA) meresmikan penggunaan asrama mahasiswa Latimojong di Kota Bogor, Jawa Barat. Jumat 28 Desember 2018.

Dibangunnya wisma Latimojong, yang terletak di Jalan Semboja Nomor 5, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini merupakan simbol persaudaraan antara Pemerintah Kota Bogor dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain NA hadir pada peresmian ini adalah Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel Darmawan Bintang, Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Pemprov Sulsel Nurlina, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sulsel Muhammad Hatta, Kepala Perwakilan Pemprov Sulsel Pahlevi, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, tokoh masyarakat Sulsel, pengurus KKSS Jawa Barat, Pengurus KKSS Kota Bogor, camat dan lurah setempat, serta mahasiswa Sulsel.

Adapun, Asrama dua lantai ini dibangun dengan dana pembangunan fisiknya Rp5,38 miliar, luas tanah lahan itu 850 meter bujur sangkar (m2) dengan total bangunan, itu luas bangunan 642 m2, kamar tidur ada total 13 kamar masing-masing dilengkapi dengan kamar mandi tersendiri, satu kamar pengelola dan satu WC Umum. Luas perkamar 28,75 m2, satu kamar bisa ditempati hingga enam orang. Dengan total daya tampung 52-78 orang.

“Pembangunan dan peresmian asrama ini wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Sulsel, di mana, kita tidak lagi memberikan beban kepada mahasiswa untuk memikirkan apa dan dimana mereka tinggal. Tetapi mereka cukup berpikir bagaimana menyelesaikan studi dan berprestasi. Supaya bisa membangun Sulsel dan Indonesia,” kata Nurdin Abdullah disambutannya.

Lanjut NA, meminta agar asrama ini dijaga dengan baik, karena apapun akan dapat mencerminkan bagaimana sebenarnya Sulsel. Sehingga dia berpesan agar semua bisa menjaga asrama dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

“Termasuk memperhatikan apa keluhan orang di sekitar asrama ini dan membantu kalau ada hal-hal yang memang dianggap perlu dibantu oleh mahasiswa kita,” sebutnya.

Untuk mahasiswa yang akan menempati asrama ini, mantan Bupati Bantaeng ini menyebutkan akan disusun indikator yang akan menjadi penilaian.

NA menyebutkan, bahwa asrama ini akan menjadi pilot project untuk asrama yang lain, baik dari segi fasilitasnya. NA mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang memulai pembangunan asrama ini.

“Pembangunan asrama ini dimulai oleh Pak Syahrul Yasin Limpo dan saya yang meresmikan,” ujarn NA disambut tepuk tangan hadirin yang hadir.

Tidak lupa, NA juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Bogor, karena sudah memberikan hibah lahan yang dimiliki oleh untuk membantu membangun asrama ini.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sulsel Darmawan Bintang, menyampaikan bahwa asrama ini memiliki letak strategis di tengah kota. Memiliki rooftop yang menghadap ke gunung dengan pemandangan yang indah dengan suasana alam yang sejuk.

“Ini merupakan asrama yang paling bagus yang dibangun oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Ada 10 asrama kita di Indonesia,” jelasnya.

Darmawan berharap, aset bangunan ini bisa memberikan kepastian jaminan ketentraman, terutama mahasiswa-mahasiswa Sulsel yang sedang menempuh pendidikan.

Asrama ini lahannya dihibahkan untuk dibangun, dalam waktu dekat akan diberikan, saat ini dalam proses pinjam pakai. Dan pemerintah Kota Bogor sendiri menegaskan akan diselesaikan dalam waktu dekat.

“Sekarang lahannya masih dalam pinjam pakai karena hibah masih dalam proses,” sebut Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Pemprov Sulsel Nurlina.

Berita Terkait