Gubernur Sulsel Tanam Jagung Untuk Isi Pangsa Pasar Jepang

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menanam jagung manis yaitu NA1 dan NA2, di Falla Hakata Lejja, Kabupaten Soppeng, Selasa 21 Januari 2020.

Terkini.id — Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menanam jagung manis yaitu NA1 dan NA2, di Falla Hakata Lejja, Kabupaten Soppeng, Selasa 21  Januari 2020.

Dua varietas jagung manis NA1 dan 2 itu, dibawah langsung oleh Nurdin Abdullah dari Jepang semasa ia menjabat sebagai Bupati Bantaeng. 

Dua varietas itu merupakan hasil persilangan populasi tetua Monalisa dan tetua betina dengan populasi Ohmono yang berasal dari Jepang sebagai tetua jantan. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Sulsel, Fitriani mengatakan, dua varietas itu sudah dilakukan uji kualitas di Balai Penelitian dan Pengembangan Jagung dan Sereal Maros.

Varietas NA1 pengembangan dan penelitian dilakukan oleh tim yang dipimpin Dr Muhammad Azrai dengan empat anggota. Sedangkan Varietas NA2 dikembangkan oleh peneliti yang dipimpin Hasbullah dengan anggota lima anggota.

“Hasil uji keunggulan dan kualitas jagung NAi dan 2 memiki kadar gula 15.5. Ini lebih tinggi dari kadar gula jagung kebanyakan 14 kalori,” kata Fitri. 

Sementara itu, Prof Nurdin Abdullah mengungkapkan m, sangat bahagia dan bangga dengan hasil penelitian dan uji keunggulan varietas NA1 dan 2.

“Setelah lima tahun diteliti, jagung manis varietas NA1 dan 2 diluncurkan. Ini akan mengisin pangsa pasar jagung manis di Jepang. Restoran Jepang di seluruh dunia membutuhkan jagung manis jenis ini,” pungkasnya. 

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Pemberlakuan PSBB di Sulsel Mulai Dikaji

Pemkab Soppeng Bagikan Beras Untuk Warga di Tengah Pandemi Covid-19

Sejumlah Anggota DPRD Sulsel Kembali ke Dapil Bagi APD, Sembako dan Hand Sanitizer ke Konstituen

Masih Banyak Warga Makassar Beraktifitas di Luar Tidak Menggunakan Masker

Organisasi Sayap PDIP Sulsel Serahkan Bantuan Beras dan APD ke Pemprov

Gubernur Sulsel Jamin Stok Beras Aman Tiga Bulan Kedepan

Kapolres Soppeng Imbau Masyarakat Gunakan Masker di Tengah Wabah Corona

Hotel di Sulsel Terdampak Pandemi Covid-19, Pemerintah Beri Keringanan Pajak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar