Gugur Seleksi Administrasi, 579 Pelamar CPNS Kota Makassar Keberatan

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Kota Makassar, Abdul Kadir Masri

Terkini.id, Makassar – Pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS Pemkot Makassar menetapkan  dari 18.026 pendaftar, 1.186 peserta dinyatakan gugur.

Berdasarkan aturan, pelamar yang dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi diperbolehkan untuk melakukan sanggahan jika merasa ada kekeliruan dalam hasil seleksi.

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDMD Kota Makassar, Abdul Kadir Masri menyebut, 579 pelamar telah mengajukan sanggahan yang didominasi oleh pelamar yang mempertanyakan terkait berkas ijazah yang diunggah.

“Ada kurang lebih 579 yang menyanggah. Di antaranya 233 mempertanyakan terkait berkas yang diunggah itu fotokopi ijazah,” kata dia di Balai Kota, Senin, 23 Desember 2019.

Ia menjelaskan, pelamar yang gugur tersebut mengunggah fotokopi ijazah. Sementara, kata dia, dalam persyaratan diharuskan mengunggah ijazah asli sehingga hal itu tidak bisa ditolerir.

Menarik untuk Anda:

“Di dalam aturan pelamaran itu, kalau fotokopi ijazah yang diunggah, itu tidak ditolerir karena memang yang dipersyaratkan (ijazah) asli,” terangnya.

Kemudian 104 pelamar lainnya mengajukan sanggahan terkait surat lamaran. Kadir menjelaskan, ada surat lamaran yang dimasukkan namun ditujukan untuk instansi lain.

Terdapat 113 pelamar lainnya juga mengajukan sanggahan terkait Surat Tanda Registrasi atau STR khusus untuk pelamar tenaga kesehatan. Kata Kadir, STR yang dimasukkan ada yang telah kadaluarsa.

“STR itu kan berlaku 5 tahun. Kalau dia lewat dari itu, tetap kita tidak terima. Syaratnya kan harus STR yang masih aktif,” jelasnya.

Sementara itu, 34 pelamar menyanggah terkait transkrip nilai yang tidak lengkap dan 95 sisanya terkait kualifikasi pendidikan.

Ihwal kualifikasi pendidikan ini, Kadir menjelaskan pihaknya masih mencoba untuk melakukan komunikasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Misalnya pendidikan Manajemen Keuangan untuk lamaran auditor. Nah ini di dalam transkrip nilainya itu katakanlah dia pendidikannya Manajemen saja tetapi kalau banyak mata kuliahnya menyangkut manajemen keuangan, itu mungkin kita coba koordinasi dengan BKN. Kalau BKN mengatakan oke, ya oke,” pungkasnya.

Untuk penetapan akhir usai masa sanggah, rencananya akan berlangsung pada 26 Desember 2019 mendatang.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update 11 Agustus, Segini Jumlah Kasus Covid-19 di Makassar

Alumni Smansa 94 Makassar Berduka Cita

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar