H. Amri Syam Nakhodai Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kab. Bulukumba Periode 2020 – 2024

Terkini.id, Bulukumba — Musyawarah cabang (muscab) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kab. Bulukumba. Rabu, 01 Juli 2020 di Aula mini Kantor Kementerian Agama Kab. Bulukumba berhasil menyisakan keputusan dengan terpilihnya H. Amri Syam selaku ketua umum untuk periode 2020 – 2024. 

Kesempatan tersebut juga disepakati sekretaris APRI, Syarifuddin, S.Ag., S.Pd (Kepala KUA Herlang), bendahara Akmal, S.Ag., MA (Ka. KUA Rilau Ale), seksi hubungan antar lembaga/masyarakat dan informasi public Syarifuddin, S.Ag., MM (Ka. KUA Bonto Tiro), Seksi disiplin dan etika profesi Ahmad Ridha, S.Ag., MH (Ka. KUA Bulukumpa) hadir pada kegiatan tersebut Kasi Bimas Kemenag Bulukumba H. A. Mapparola, S.Ag., M.Pd.

Suasana muscab APRI Cab. Bulukumba di Aula mini Kemenag Bulukumba

Dikonfirmasi ketua terpilih, H. Amri Syam mengatakan, APRI ini merupakan organisasi profesi penghulu dan merupakan amanah PP 11 Tahun 2016 dan Permen PANRB Nomor 9 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional (JF) Penghulu bahwa setiap JF wajib memiliki satu organisasi profesi.

Baca Juga: Abdul Hayat Apresiasi Program USAID Turunkan Angka Kematian Ibu dan...

Kemudian, menurut Kepala KUA Bonto Bahari ini, setiap pejabat fungsional wajib menjadi anggota profesi JF, dan pembentukan organisasi profesi difasilitasi instansi Pembina dalam hal ini Kepala Kantor Kementerian Agama.

H Amri berkomitmen menjadikan APRI sebagai rumah besar penghulu sesuai amanah AD/ART APRI, seperti, membina dan mengembangkan Kompetensi Penghulu yang profesional dan berintegritas, menjalin persatuan dan kesatuan Penghulu. 

Baca Juga: Sentil Luhut, Veronica Koman: Rakyat Papua Sebelah Mana yang Mau...

“APRI juga menampung, menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi Penghulu, memberikan perlindungan profesi dan advokasi/konsultasi hukum dan membangun kerjasama sinergis dengan Instansi Pembina kementerian Agama dan instansi terkait lainnya,” uraiannya. 

“Semoga dengan kehadiran APRI, wajah penghulu semakin Nampak dalam membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah menuju tercapainya baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” harapnya.

Ia juga menyebut, sebelum APRI ini hadir, sebelumnya ada Pokjahulu (kelompok kerja penghulu).

Bagikan