Hal Aneh Ini Bakal Terjadi Saat Anda Dinyatakan Meninggal Dunia

Meninggal
Ilustrasi meninggal

Terkini.id – Kematian merupakan sebuah takdir yang dapat dihelak atau dihindari. Karena sejatinya, semua yang hidup akan kembali kepadaNya. Namun sebelum kematian itu datang, tentu saja ada banyak pertanyaan yang muncul di pikiran kita.

Dalam dunia kedokteran, kematian yang terjadi pada seseorang terjadi dalam dua tahap. Pertama adalah kematian klinis yang berlangsung sekitar 4-6 menit setelah seseorang berhenti bernapas dan jantung tidak lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Kematian tahap ini, tubuh masih hidup karena oksigen di otak jumlahnya masih banyak.

Kematian tahap kedua adalah kematian biologis. Saat kematian ini terjadi, tubuh sudah tidak berfungsi dan kualitas sel tubuh mulai merosot perlahan-lahan.

Dilansir dari doktersehat, setelah kematian ini terjadi, tubuh akan benar-benar mati dan 4 hal aneh di bawah ini akan terjadi.

1. Kentut dari Mulut

Meninggal
Ilustrasi roh meninggalkan jasad ketika tubuh dinyatakan meninggal. (foto: klikkabar.com)

Saat tubuh benar-benar mati, sel antibodi yang bekerja sebagai kekebalan tubuh akan berhenti bekerja. Dampaknya, bakteri yang ada di sekitar usus dan saluran pencernaan akan mulai menyerang dan merusak pembuluh darah.

Saat melakukan infeksi ini gas berbau busuk akan tercipta dan bisa keluar dari pantat dan mulut saat tubuh diangkat atau dipindahkan.

2. Tubuh Menjadi Ungu

Meninggal
Ilustrasi kematian. (foto: ogportal.com)

Saat tubuh melewati kematian biologis, jantung akan berhenti memompakan darah ke seluruh tubuh. Dampaknya, darah akan terkena gravitasi dan menetap di titik terendah dari tubuh atau sering disebut livor mortis. Saat darah mulai turun ke titik terendah tubuh, kulit akan mulai berwarna ungu atau biru tua.

3. Kulit Menyusut

Meninggal
Ilustrasi meninggal. (foto: pacitantimes.com)

Sebuah mitos berkata kalau rambut dan kuku orang yang sudah meninggal akan tumbuh terus. Sebenarnya mitos itu adalah salah. Saat tubuh mati dengan sempurna, aliran darah ke kulit tidak akan terjadi dan membuat permukaan jadi kering dan menyusut. Akibat penyusutan kulit yang cukup masif ini rambut dan kuku jadi terlihat memanjang.

4. Masih Bisa Bersuara Kematian

Meninggal
Ilustrasi meninggal. (foto: dekrit.com)

Saat mulai memasuki fase kritis, dokter kerap memompakan udara ekstra ke paru-paru dan perut. Setelah tubuh mati secara biologis, udara itu masih bisa keluar jika dokter menekan area dada dan perut.

Komentar

Rekomendasi

Anak Adopsi Ini Balas Jasa Orang Tua Angkatnya yang Miskin dengan Rumah Mewah

Begini Harapan Vivi AM Haryono di Tahun Baru Imlek 2571

Tingkatkan Wawasan tentang Tokoh-Tokoh Teater Lewat Program Ini

5 Tips Desain Undangan Pernikahan Unik untuk Calon Pengantin

Harper Perintis Makassar Rayakan Natal Bersama Sekaligus Berbagi Kasih

Orang Tua Wajib Tahu, Memarahi Anak Terlalu Sering Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak

Awal Tahun 2020, Astra Group Bahas Program Tanggung Jawab Sosial Wilayah Sulsel

Penting Dibaca, Tips Melintasi Genangan Banjir dengan Mobil

Peduli Korban Banjir, SHARP Indonesia Beri Pemeriksaan Kesehatan dan Service Gratis

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar