Half Marathon 2021 di Maros Diduga Abaikan Prokes, Penggiat Sosial: Kita Disuruh PPKM Pemerintah Justru Bikin Acara

Terkini.id, Makassar – Kegiatan olah raga Gubernur Half Marathon 2021 yang digelar di sekitar kawasan taman wisata Bantimurung, Kabupaten Maros, Minggu 29 Agustus 2021 menuai kritikan dari penggiat sosial.

Olah raga yang diikuti oleh ratusan atlet dan pelari hobi tersebut di duga mengabaikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal itu terlihat dalam video yang diunggah media sosial Instagram @Jagoan_berita. Dalam video tersebut ratusan orang berkerumun tanpa menggunakan masker.

Muhammad Ikhwan AM alias Iwan Dento menyebut kegiatan yang diketahui mendapat dukungan dari pemerintah daerah tersebut seharusnya tidak digelar atau ditunda untuk sementara. Hal itu mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung.

“Pemerintah harusnya mengedukasi masyarakat terkait Covid-19 melalui contoh dan teladan, bukan pada simbol-simbol kampanye, poster atau iklan,” kata Iwan Dento pada Terkini.id saat wawancara, Senin 30 Agustus 2021.

Iwan Dento mengatakan adanya kegiatan yang mengumpulkan ratusan orang tidak sesuai dengan apa yang selalu disampaikan oleh pemerintah Kabupaten Maros dalam hal penanggulangan Covid-19. Ditambah adanya kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Kalau ada pembatasan kegiatan masyarakat maka idealnya pemerintah tidak membuat kegiatan-kegiatan yang justru memancing kerumunan, juga memancing ketidak percayaan masyarakat. Tapi susah juga karena PPKM adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat,  bukan pembatasan kegiatan pemerintah,” sebutnya.

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut diresmikan oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam secara simbolis dengan melepas para pelari di kawasan Taman Wisata Alam Bantimurung Maros.

Bagikan