Makassar Terkini
Masuk

Hari Kebangkitan Nasional, Melompat Maju: Saatnya Pemuda Indonesia Bangkit

Terkini.Id, JAKARTA – Tepat hari ini 20 Mei 2022 bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 tahun. Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Pada tahun 2022 ini, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 memiliki tema “Ayo Bangkit Bersama!”. Tema ini diangkat dalam rangka seruan kebangkitan bersama bangsa Indonesia setelah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama dua tahun lebih.

Berdirinya Boedi Oetomo sebagai organisasi kepemudaan yang menjadi ikon pergerakan pemuda tahun 1908, dan disebut juga sebagai era perintis terhadap upaya untuk menumbuhkan kesadaran para pemuda pada kala itu. Perkumpulan yang dipelopori oleh kelompok muda membangun kesadaran bersama sebagai “orang Indonesia”.

Sejak dulu, generasi muda Indonesia selalu menjadi pelopor perubahan bangsa ke arah yang lebih baik. Melalui momentum Hari Kebangkitan Nasional, Melompat Maju mengajak seluruh generasi muda dari Sabang sampai Merauke untuk sama-sama mereflekasikan dan menunaikan nilai-nilai perjuangan para pendahulu bangsa, bahwa pemuda Indonesia saatnya untuk bangkit.

“Sebagai sebuah bangsa yang besar, hari ini Indonesia telah dikarunia jumlah generasi muda yang sangat banyak. Segala hal yang kita miliki saat ini, jauh lebih baik jika dibandingkan generasi sebelumnya. Momentum Harkitnas adalah bukti sejarah sebuah perubahan yang dipelopori anak muda, jangan sampai kita sia-siakan.” Ujar Wahyu selaku Founder Melompat Maju.

Senada dengan Wahyu, Nurrezeki Alif Utama selaku Co-Founder Melompat Maju juga mengajak generasi muda untuk bankit dan menjadikan Harkitnas sebagai pengingat untuk merawat persatuan bangsa.

“Hari Kebangkitan Nasional ini sebagai bentuk pengingat kesadaran kita untuk bangkit dari seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Melompat maju akan terus konsisten dalam meraih harapan bangkit setiap saat, khususnya generasi masa depan bangsa yaitu anak muda,” Ucap Eki.

Di masa sekarang, semangat Hari Kebangkitan Nasional tentunya masih tetap relevan dengan kondisi bangsa saat ini. Mari kita jadikan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 ini sebagai momentum untuk bangkit bersama dari berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia belakangan ini.

Zean Janneth yang juga Co-Founder Melompat Maju megungkapkan bahwa generasi muda adalah harapan bangsa saat ini dan menjadi bagian dari penentu bangsa yang besar kemana arah bangsa nantinya.

“Sebagai generasi muda, saatnya kita untuk berupaya lebih agar bisa bangkit dari situasi saat ini. Menjadi penentu dan bisa mengubah jalannya permainan. Kita lelah menjadi orang yang biasa-biasa saja, we need more, bangkit atau tidak sama sekali, sekarang atau tidak sama sekali, yuk bangkit dari kasur!,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, Melompat Maju adalah sebuah platfrom anak muda yang menjadi wadah kolaboratif dan informatif bagi seluruh anak muda di Indonesia, saat ini aktif membangun kesadaran anak muda Indonesia untuk bersama-sama menyongsong Indonesia Emas 2045. (*)