Hari terakhir pelatihan LPM Penalaran UNM diikuti ratusan mahasiswa

Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian

Terkini.id, Makassar – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM), menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian yang diikuti sebanyak 101 peserta.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu, 25 Maret 2018, di Asrama Pelatihan STIE AMKOP Ujung Pandang, Jalan Meranti, Makassar.

Pelatihan yang diadakan tiap 1 tahun sekali ini merupakan pelatihan yang ke-21 sejak lembaga ini berdiri pada tanggal 22 September 1998 silam.

Pelatihan ini juga merupakan proses tahapan perekrutan anggota baru dari LPM itu sendiri. Kegiatan ini pun mengangkat tema “Membangun Karakter Kontinum Untuk Mewujudkan Generasi Kontributif”.

Sebanyak 101 mahasiswa UNM mengikuti Pelatihan Metodologi Penelitian

Ketua Panitia kegiatan, Wahyudin, mengatakan peserta yang ikut serta ada 101 peserta dari 9 Fakultas yang ada di UNM. Peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan peserta yang telah lolos saat mengikuti rangkaian seleksi dengan total peserta seleksi sebanyak 634 orang.

Menarik untuk Anda:

“Tahapan proses seleksi yang dilakukan mulai awal bulan Februari lalu yakni seleksi berkas, tes wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan tes tertulis,” ujarnya.

Wahyudin menambahakan, setelah peserta dinyatakan lolos tahapan seleksi, para peserta kemudian mengikuti pelatihan dan karantina di Asrama Pelatihan STIE AMKOP selama 3 hari berturut-turut.

Pelaksanaan dimulai sejak tanggal 23 Maret sampai 25 Maret 2018. Selama berlangsungnya pelatihan, peserta menerima 8 materi tentang Penelitian.

“Setelah mengikuti setiap rangkaian materi, peserta dibagi menjadi 2 kelas dari 15 kelompok. Dari 2 kelas ada yang akan dibagi di kelas penelitian sosial dan kelas penelitian Sains. Setiap kelompok dibimbing 2 Mentor dan 1 panitia pengarah,” tambah Wahyudin.

Lanjut Wahyudin, di hari terakhir ini peserta akan memaparkan hasil Term Of Reference (TOR) atau gambaran umum dari penelitian mereka sebelum eminar Proposal.

“Setelah kegiatan berakhir, seminggu ke depan, tanggal 31 Maret 2018, kami juga akan mengadakan rangkaian kegiatan Seminar Proposal,” lanjutnya.

Kemudian beberapa minggu setelah seminar proposal, peserta akan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti selama 3 minggu.

“Setelah tahap penelitian, kegiatan akan masuk ke rangkaian dimana peserta akan memaparkan hasil penelitian mereka pada tanggal 21 April 2018 sebagai tahap terakhir proses rekutmen anggota LPM,” pungkas Wahyudin.

LPM Penalaran UNM menggelar pelatihan metodologi penelitian

Ketua Umum LPM penalaran, Agusman sangat berharap kepada para peserta dapat mengikuti tahapan dengan baik, menimba ilmu yang diberikan dengan baik, dengan apa yang mereka dapatkan selama menerima materi dari orang-orang kompeten dibidangnya.

“Misalnya dari Dosen ataupun kakak-kakak di LPM yang berkapasitas di bidangnya, mereka ilmunya di bidang Sosial, Sains, Teknologi dan lain-lain. Dan harapan kami juga mereka harus mengikutinya dengan sungguh-sungguh, karena nanti dikemudian hari merekalah yang akan melanjutkan estafet kepengurusan ataupun lembaga,”harapnya.

Agusman juga berharap sebelum para peserta menjadi anggota LPM Penalaran nantinya, mereka sudah siap untuk meneliti dan juga memiliki bekal tentang ilmu keorganisasian karena LPM Penalaran kelak akan dititipkan di pundak mereka.

Penulis : Dewi Irma Yana Sari (Reporter Magang)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kabar Baik dari Bidang Kemahasiswaan UIM l, Bertekad Wujudkan World Universitas

Panen di Pangkep Bukti Aktifitas Insan Pertanian Tidak Berhenti Meski Pandemi Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar