Haris Azhar Akui Ada Keterlibatan Walikota Menangkan Kotak Kosong

Deklarasi Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Kolom Kosong” di CCR Makassar, Kamis 5 Juli 2018. /Nasruddin

Terkini.id — Tudingan pihak Pasangan Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) yang menyebut keterlibatan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) dalam memenangkan Kotak Kosong, tidak terbantahkan.
Bahkan, Direktur Lokataru Foundation, Haris Azhar mengakui jika Danny Pomanto itu terlibat memenangkan kolom kosong di Pemilihan Walikota Makassar.

“Kalau ada yang mencoba mengait-ngaitkan bahwa ini ada latar belakangnya Danny Pomanto, menurut saya memang ada, yaitu keterlibatannya kata kuncinya ada di masyarakat,” ujar Haris ditemui pada “Deklarasi Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Kolom Kosong” di CCR Makassar, Kamis 5 Juli 2018.

Menurut dia, alasan masyarakat memilih kotak kosong, karena masyarakat marah melihat kelakuan dari pihak Appi-Cicu yang menggugurkan pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari.

“Jadi keterlibatan Danny hubungannya dengan masyarakat. Jadi kalau pihak Appi-Cicu mau mengadili hubungan tersebut, adililah masyarakat. Jangan mengkambing hitamkan Danny Pomanto,” ungkap Mantan Koordinator Kontras Indonesia.

Keterlibatan Danny menangkan kolom kosong membuat pihak Appi-Cicu akan melaporkan Danny ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Silahkan dibuktikan, kalau sekedar mau menggunakan indikator Danny melakukan sujud syukur, itu bukan cara cara sistematis dan meluas. Kalau dia mau melapor, melapor kemana?. Bawaslu atau kemana?,” pungkasnya.

Sebelumnya, kekalahan calon tunggal ini membuat Tim hukum pasangan Appi-Cicu ancam akan laporkan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny) di Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Penasehat hukum Appi-Cicu, Habibi mengatakan, banyak indikasi pelanggaran yang dilakukan Danny saat berlangsungnya Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar.

Menurutnya, bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh Danny sapaan akrab Moh Ramdhan Pomanto, ikut memassifkan kemenangan kolom kosong.

Selain itu, Danny juga diindikasikan ada niat lain pada saat pemecatan 15 camat secara serentak. Bahkan Danny dianggap menghalangi pada saat kampanye akbar Appi-Cicu dengan mengadakan kegiatan tandingan yaitu Halal Bihalal.

“Kegiatan Halal Bihalal itu, Danny dan RT/RW yang hadir, terang-terangan menunjukkan simbol tertentu yaitu simbol dua jari kemudian simbol kosong dan tiga,” katanya.

Selain Danny, tim hukum Appi-Cicu juga akan melaporkan adanya keterlibatan Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan keterlibatan Aparatatur Sipil Negara (ASN) pada saat Pilwalkot Makassar. Baca

“Kami (Tim hukum Appi-Cicu) akan melaporkan ASN di Komisi ASN,” pungkasnya

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

Dinas PU Makassar Usul Lomba Sanitasi Award

Terkini.id, Makassar - Pemerintah Kota Makassar tengah menyusun Peraturan Wali Kota (Perwali) ihwal Pemberian Penghargaan kepada Masyarakat Kota Makassar tahun anggaran 2019.Hal itu disampaikan