Harun Masiku Buron KPK Diduga Sudah di Indonesia, Terdeteksi di Bajeng Gowa

Harun Masiku, tersangka kasus suap pergantian antar waktu (PAW). [Sumber : Merdeka.com]

Terkini.id, Makassar – Tersangka korupsi penyuap anggota KPU, yakni Harun Masiku menjadi perbincangan warganet karena keberadaannya yang misterius.

Seperti diketahui, Harun yang merupakan politikus PDIP, menjadi tersangka penyuap anggota KPU sebesar Rp 900 juta. Dia bersama staf Sekjen PDIP Hasto bernama Saeful, ditetapkan tersangka penyuap.

Harun diduga menyuap anggota KPK, Wahyu Setiawan, untuk bisa menjadi anggota DPR RI Dapil Sumsel I 2019-2024, melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

Harun sebelumnya dikabarkan telah kabur ke Singapura sejak 6 Januari 2020, beberapa hari sebelum operasi tangkap tangan KPK.

Pihak Imigrasi, Polri termasuk KPK menyampaikan bahwa Harun telah pergi ke luar negeri dan sampai saat ini belum kembali ke tanah air.

Menarik untuk Anda:

Pernyataan tersebut berbeda dengan hasil penelusuran yang dilakukan media nasional, Tempo.

Sudah Berada di Indonesia dan Sempat Ketemu Hasto

Tempo menyebutkan, Harun diduga kuat sudah berada di Indonesia sehari sebelum operasi tangkap tangan KPK pada Rabu 8 Januari 2020 lalu.

Bahkan, sebelum OTT tersebut, pria yang pernah duduk di bangku SMP di Kabupaten Bone dan S1 di Fakultas Hukum Unhas 1989 itu, diduga sempat bertemu Hasto Sekjen PDIP. Lalu, Harun diketahui muncul di Bajeng, Kabupaten Gowa pada 12 Januari 2020 lalu.

Selengkapnya, berikut kronologi pelarian Harun menurut tempo seperti dikutip dari laman tempo.co, Kamis 16 Januari 2020:

6 Januari 2020: ke Singapura

Dari informasi dikumpulkan Tempo, Harun memang terbang ke Singapura pada 6 Januari 2020. Harun menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor GA 832 sekira pukul 11.30 WIB.

7 Januari 2020: Ke Jakarta

Harun diketahui cuma semalam di Singapura, dan disebut sudah terbang kembali ke Jakarta dengan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7156. Terbang dari Bandara Changi pukul 16.35 waktu setempat.

7 Januari 2020: Ke Hotel

Harun tiba di Jakarta pukul 17.03 WIB. Dari catatan penerbangan, Harun tercantum duduk di kursi nomor 3C, menggunakan tiket kelas Charlie. Informasi lain menyebut bahwa Harun kemudian menuju ke sebuah hotel di pusat Kota di Jakarta.

8 Januari 2020: Bertemu Hasto

Harun pada Rabu 8 Januari lalu, disebutkan dijemput oleh koleganya, Nurhasan untuk kemudian diantarkan ke kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurut sejumlah informasi, Hasto telah menunggu.

12 Januari 2020: Pria Misterius

Informasi keberadaan Harun diungkapkan seorang warga Perumahan Bajeng Permai, Kabupaten Gowa yang menjadi tempat tinggal Harun dengan istrinya.

Informan tersebut mengaku melihat seorang pria datang ke tempat tinggal Harun pada sekria pukul 22.30 Wita, Minggu malam 12 Januri lalu. Pria tersebut mengendarai sepeda motor, berpakaian serba hitam dan mengenakan penutup muka. “Saya tahu itu Harun dari perawakannya,” kata warga tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dihadiri Gatot, Acara Tabur Bunga di TMP Kalibata Ricuh

Bukannya Marah, Cewek Ini Malah Duet Bareng Selingkuhan Cowoknya di TikTok

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar