Hati-hati, Ini Bahaya Fatal Jika Keseringan Makan Cemilan Gorengan

cemilan gorengan
Ilustrasi cemilan gorengan

Terkini.id – Gorengan, camilan favorit sebagian orang saat menikmati waktu senggang. Selain murah, gorengan juga sangat mudah dijumpai.

Ada banyak jenis gorengan yang dijual, seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, lumpia goreng, ubi goreng, cireng, dan masih banyak lagi.

Tapi, tahukah Anda, selain enak dan bisa dijadikan pengganjal perut di saat lapar, gorengan memiliki banyak dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara terus menerus. Apa saja itu?

Minyak pada gorengan mengandung lemak jahat yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker,kolesterol tinggi, diabetes jantung, dan lain-lain.

Hal tersebut karena banyak dari mereka (pedagang gorengan), yang menggunakan minyak jelantah, minyak goreng yang digunakan secara berulang-ulang.

Tempat berjualan yang kotor, bisa menyebabkan penyakit. Ada beberapa pedagang gorengan yang berjualan tepat di pinggir jalan yang berdebu, dan tidak memperhatikan kebersihan jualannya dari debu.

Makanan yang terkena debu, apalagi debu jalanan mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan diare, dan penyakit berbahaya lainnya.

Kertas pembungkus gorengan, terkadang merupakan kertas bekas yang penuh dengan tulisan yang menggunakan tinta.

Secara otomatis, dalam keadaan panas, tinta akan menempel pada gorengan pesanan, yang pastinya sangat berbahaya, karena tinta mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker usus saat masuk ke tubuh.

Bahaya makan gorengan bagi kesehatan

gorengan
Ilustrasi gorengan

Bahaya dari makan gorengan untuk kesehatan ada pada pembuluh darah. Minyak yang sehat seperti minyak kedelai dan zaitun sekali pun, ketika dipanaskan tinggi berubah menjadi lemak trans.

Lemak trans inilah yang akan melukai dan merusak pembuluh darah yang semula mulus. Ketika terjadi kolesterol berlebih di dalam darah, kolesterol itu menempel di pembuluh yang luka. Penempelan itu semakin banyak hingga akhirnya menyumbat pembuluh darah.

Bahaya yang lain adalah gorengan berisiko meningkatkan faktor risiko keganasan atau kanker, apalagi gorengan yang di jual di pinggir jalan.

Di samping mengandung bahaya lemak trans, bahaya reaksi minyak panas dengan wajan yang terbuat dari baja.

Jadi, pikirkan dengan baik sebelum Anda membeli dan menyantap gorengan. Disarankan untuk makan cemilan yang dikukus, dibakar dan direbus itu jauh lebih sehat untuk tubuh.

Komentar
Terkini
Health

10 Langkah Menurunkan Nyeri Asam Lambung

Terkini.id, Jakarta - Sakit asam lambung seringkali datang tak diduga. Saat kambuh, sebaiknya jangan langsung mencoba obat-obatan kimia yang banyak dijual.Pola makan, tingkat stres
Health

Penelitian, Pria Berkepala Botak Lebih Seksi

Terkini.id, Makassar - Sejumlah pria yang mengalami kebotakan, seringkali tidak percaya diri dengan kepalanya saat menghadiri berbagai acara.Tidak jarang, pria yang mengalami kebotakan menggunakan