Hati-hati, begini cara yang benar mengisi baterai Hp

Hati-hati, begini cara yang benar mengisi baterai Hp. (foto/ils)

Terkini.id, – Baterai smartphone merupakan salah satu komponen inti yang sangat mempengaruhi daya tahan sebuah smartphone untuk terus digunakan oleh para penggunanya.

Masa pakai baterai yang terkadang tidak bertahan lama menjadi kendala yang sering dialami oleh para pengguna smartphone. Terlebih lagi jika smartphone sang pengguna menyimpan banyak aplikasi yang jika semuanya digunakan hampir setiap saat, termasuk aplikasi sosial media, maka akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Android biasanya membutuhkan waktu hingga 1-2 jam untuk pengisian penuh. Namun, ada beberapa kesalahan saat pengisian baterai smartphone yang harus hindari.

(foto/ils)

Berikut ini 5 cara yang benar saat pengisian baterai smartphone, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Aplikasi Baterai

Hindari aplikasi baterai yang membantu untuk melacak kinerja baterai ponsel. Hal ini sangat berguna karena kebanyakan dari aplikasi tersebut cenderung memberi tekanan besar pada baterai dan beberapa bahkan memasang iklan.

2. Jangan Charge Sampai 100%

Kebanyakan orang mengisi daya baterai mencapai 100% karena dianggap penuh dan akan awet. Ternyata pengisian 100% bukanlah pilihan yang baik karena baterai akan terlalu panas sehingga mempengaruhi usia baterai.

(foto/ils)

3. Mengisi Baterai Semalaman

Ada banyak orang yang meninggalakan smartphonenya terpasang semalaman untuk pengisian baterai. Hal ini seharusnya dihindari karena akan mempengaruhi daya tahan baterai sehingga membuat ponsel menjadi panas. Pastikan untuk menghentikan pengisian apabila sudah cukup terisi.

4. Pakai Good Quality Charger

Jika baru saja kehilangan Charger, maka perlu ekstra hati-hati saat memilih charger yang tepat untuk ponsel. Kebanyakan menggunakan charger pengganti dan tanpa ragu memakai charger untuk ponsel lain. Hal ini harus dihindari karena akan memastikan ponsel tidak terlalu panas.

5. Jangan Abaikan Peringatan Baterai Lemah

Pengguna smartphone cenderung menggunakan smartphonenya sampai dimatikan karena baterai yang rendah. Biasanya peringatan baterai lemah selalu diabaikan. Jika baterai dilepas secara keseluruhan akan melemahkan baterai lithium, maka dianjurkan untuk satu sampai dua kali dalam sebulan melepas baterai untuk melakukan kalibrasi baterai.

(foto/ils)

Nah, itulah 5 cara yang benar untuk mengisi baterai smartphone agar gadget kesayangan Anda tetap bisa berfungsi dengan performa baterai yang maksimal.

Berita Terkait
Komentar
Terkini