Hati-hati, hindari 5 makanan ini saat sedang berpuasa

makanan
Hati-hati, hindari 5 makanan ini saat sedang berpuasa. (foto/dreamers.id)

Terkini.id – Ibadah puasa adalah hal yang tidak bisa dianggap remeh karena tidak mudah untuk dilaksanakan, apalagi dalam jangka waktu 1 bulan.

Maka dari itu, kegiatan ibadah ini membutuhkan persiapan yang tepat agar dapat dijalankan dengan baik dan lancar. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi jalannya ibadah puasa adalah sahur.

Jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur harus diperhatikan dengan seksama agar tidak mengganggu kegiatan seharian selama berpuasa. Jika anda mengonsumsi makanan yang salah, resiko terjadinya batal puasa menjadi meningkat.

makanan
(foto/pengensehat.com)

Dilansir dari CNNIndonesia dan Tirto.id, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang wajib dihindari selama menunaikan ibadah puasa.

1. Makanan/Minuman terlalu manis

Makanan seperti ini hanya tinggi kalori tapi rendah nutrisi. Manusia membutuhkan makanan yang manis, tapi jika dikonsumsi secara berlebih akan membuat anda cepat haus dan perut kembung.

2. Karbohidrat Olahan

Makanan jenis ini hanya akan membuat seseorang bertahan 3-4 jam saat puasa dan tidak cukup bergizi. Contoh makanannya berupa tepung, pastry, dan donat.

Baca :7 makanan paling sadis di dunia, salah satunya ada di Indonesia

3. Kafein

Minuman berkafein ataupun bersoda menimbulkan efek dahaga, letih, dan lesu bagi tubuh sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

4. Makanan terlalu pedas atau asin

Makanan yang terlalu pedas atau asin menyebabkan kadar sodium dalam tubuh tidak seimbang sehingga anda akan sering merasakan dahaga yang sulit ditahan. Contoh makanannya berupa kacang asin, keripik, acar, dan kecap.

5. Gorengan

Sama halnya dengan makanan atau minuman yang terlalu manis, gorengan juga dapat membuat seseorang cepat merasa haus, perut kembung, dan tubuh merasakan kelelahan. Hal ini disebabkan karena proses saat mencerna gorengan memerlukan waktu yang lama dan energi yang besar.

makanan
(foto/babatspot.com)

Selain makanan yang perlu dihindari, anda juga harus memperhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi selama sahur berikut ini agar ibadah puasa dapat berjalan lancar.

1. Biji-bijian

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi biji-bijian saat sahur, seperti membersihkan saluran pencernaan, merasa kenyang lebih lama, memperbaiki dan membangun jaringan tubuh, dan memperkuat kekebalan tubuh agar tetap sehat selama melaksanakan ibadah puasa. Contoh makanannya berupa kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan buncis.

Baca :Cara aman mengolah makanan di musim hujan

2. Makanan Oat

Makanan oat terdiri dari serat yang larut dalam air dan berubah menjadi gel di perut sehingga memperlambat pencernaan, dapat menurunkan kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan energi tubuh untuk beraktivitas seharian.

3. Makanan yang menjaga hidrasi

Agar tidak dehidrasi, makanan seperti yoghurt, susu vanila, buah-buahan, kurma, dan sayuran sangat baik untuk dikonsumsi.

Ayo persiapkan diri dengan baik menjelang bulan puasa agar ibadahnya berjalan dengan lancar.