Hati-hati, Ini Akibat Fatal Jika Anda Sering Ngecas Smartphone di Laptop

Cas Smartphone
Cas smartphone di Laptop. (foto: jalantikus.com)

Terkini.id – Ketika kepepet, tidak ada jalan lain selain mengisi daya smartphone melalui laptop. Sudah sejatinya ngecas smartphone itu melalui charger yang langsung disambungkan ke stop kontak. Namun ketika berada di luar dan lupa bawa charger atau power bank, biasanya kita suka meng-charge hp menggunakan alternatif lain, yaitu melalui laptop.

Boleh-boleh saja jika Anda ingin ngecas smartphone dengan menyambungkan kabel USB ke laptop, tapi jika terlalu sering, maka akan menimbulkan akibat fatal.

Kira-kira apa saja dampak fatalnya? Berikut 3 bahayanya seperti dilansir dari jalantikus.

1. Merusak Baterai Laptop

laptop
Baterai laptop. (foto: urgentid.wordpress.com)

Mengisi baterai smartphone menggunakan laptop, juga dapat menguras daya laptop itu sendiri. Akibatnya baterai laptop mudah habis. Sama seperti power bank, baterai laptop juga memiliki life cycle atau siklus hidup. Semakin sering diisi ulang, maka baterai laptop akan semakin mudah rusak.

2. Merusak Baterai Smartphone

baterai ponsel
Baterai ponsel. (foto: ink-plus.ca)

Arus listrik yang dikeluarkan dari port USB laptop, tidaklah sekuat charger asli yang dihubungkan langsung dengan stop kontak. Akibatnya baterai smartphone lama sekali terisi.

Baca :YCAB kerja sama Microsoft luncurkan platform GenerasiBisa!

Kalau baterai hp lama penuhnya, akibatnya kamu jadi gatal dan ingin memainkan smartphone sambil nge-charge. Kalau kamu suka menggunakan ponsel sambil ngecas, akibatnya baterai jadi mudah rusak.

3. Jadi Jalur Pencurian Data

Hacker
Ilustrasi. (foto: laopinion.com)

Tahu tidak kalau hacker bisa mencuri data smartphone kamu jika terhubung ke laptop? Hacker akan menggunakan proses handshake atau proses pairing untuk mencuri data dari smartphone yang diisi baterainya melalui laptop.

Proses handshake itu sendiri membuat data-data smartphone, seperti nama perangkat, produsen, nomor seri, jenis perangkat, informasi sistem operasi dan daftar file smartphone terbaca oleh laptop. Proses inilah yang membuka jalan hacker untuk mencuri data-data smartphone Anda.

Itulah beberapa bahaya jika smartphone dicas melalui laptop. Meskipun demikian, Anda boleh-boleh saja ngecas hp di laptop, tapi jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Hindari pula penggunaan hp ketika sedang dicas dan pastikan smartphone dalam keadaan terkunci.