Hati-hati, Ini Bahaya Edit Foto Wajah di Aplikasi FaceApp

Foto Wajah
Edit foto wajah di aplikasi FaceApp. (Foto: Suara)

Terkini.id – Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi viral FaceApp? Bagi Anda yang belum familiar, FaceApp adalah aplikasi yang bisa membuat foto wajah Anda menjadi tua.

Caranya mudah, hanya tinggal install aplikasinya, pilih foto yang ingin Anda jadikan tua, lalu FaceApp akan melakukan editingnya untuk Anda.

Namun tahukah Anda, di balik serunya berbagi foto prediksi masa tua tersebut di media sosial, ternyata ada bahaya yang mengintai.

Meski terlihat mengasyikkan, pengguna tampaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, FaceApp ternyata bisa saja menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial meski foto tersebut telah dihapus.

Kemungkinan itu tertuang dalam bagian persetujuan dan ketentuan pemakaian dari aplikasi FaceApp. Bagian tersebut biasanya memang jarang dibaca karena kebanyakan pengguna cenderung buru-buru menekan tombol agree.

Di sini, tepatnya di bagian ketentuan user content, FaceApp mengatakan, “Anda memiliki semua hak konten. Selanjutnya FaceApp tidak mengklaim kepemilikan atas konten pengguna yang diposting melalui layanan.”

Kalimat tersebut memang terdengar seolah melindungi konten-konten milik pengguna. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kalimat “Kecuali untuk lisensi yang Anda berikan di bawah ini” yang tertulis pada awal ketentuan.

Foto Wajah
Edit foto wajah di aplikasi FaceApp. (Foto: Grid)

Hak atas foto diserahkan sepenuhnya kepada FaceApp

Pada bagian selanjutnya, FaceApp menjelaskan bahwa lisensi yang dimaksud tak lain berupa lisensi penuh dan tidak dapat dibatalkan.

Dilansir dari Apple Insider, Kamis 18 Juli 2019, artinya, dengan memakai FaceApp, Anda akan sepenuhnya menyerahkan hak atas foto Anda yang dihasilkan lewat aplikasi tersebut ke pihak developer.

Kemudian, setelah memiliki hak penuh atas foto Anda, FaceApp berhak melakukan apa pun dengan materi tersebut, termasuk meyebarkannya dan menggunakannya untuk keperluan komersial tanpa perlu meminta izin ataupun memberikan kompensasi kepada Anda.

Berita Terkait
Komentar
Terkini