Hati-hati, Ini Bahaya Mengerikan Jika Kamu Langsung Mandi Setelah Begadang

Ilustrasi mandi setelah begadang. (foto: merdeka.com)

Terkini.id – Begadang adalah keadaan dimana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia secara normal harus tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari enam jam.

Setelah tidak tidur alias begadang semalaman banyak yang memutuskan langsung mandi, entah karna melemaskan otot atau sekedar mencari sensasi kesegaran dari air. Tentunya hal itu terasa nikmat.

Namun tahukah kamu jika mandi setelah begadang sangatlah berbahaya. Ada banyak penyakit yang bisa menyerangmu. Kamu bahkan bisa mati mendadak seketika itu juga.

Pasti banyak yang bertanya mengapa, dan tidak percaya dengan hal ini. Maka itu sebaiknya kamu menyimak penjelasannya berikut ini, seperti dikutip dari terselubung.

Ilustrasi begadang. (foto: ciputrauceo.net)

Pada saat begadang kita memaksa tubuh kita yang harusnya beristirahat saat itu untuk tetap terjaga, dan tentu hal itu membutuhkan energi yang lebih besar juga.

Oleh karena itu suhu tubuh kita pun menjadi hangat saat begadang. Sementara suhu ketika pagi atau subuh itu sangat dingin. Nah ketika kamu mandi di jam-jam seperti ini, maka panas tubuhmu akan mendapatkan kejutan yang luar biasa dan mendadak menjadi dingin.

Hal ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan angin duduk yang bisa menyebabkan kematian mendadak.

Ketika terjadi angin duduk maka ada udara yang menyumbat peredaran darah di jantung. Akibatnya darah tidak bisa beredar dengan benar.

Tanda-tandanya sama seperti gejala masuk angin, yakni rasa nyeri pada bagian dada sampai ke tangan. Jika penyumbatan ini terus terjadi, otomatis kamu bisa mengalami serangan jantung.

Orang yang mengalami serangan jantung dan tidak mendapat pertolongan medis dengan cepat, dijamin 100% akan berakhir pada kematian.

Ilustrasi mandi. (foto: makobar.com)

Maka dari itu, setelah begadang sangat perlu untuk istirahat sejenak, menyesuaikan suhu tubuh sebelum mandi. Karena akibatnya sangat fatal, nyawa kamu jadi taruhannya.

Selain kematian mendadak karena serangan jantung, orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya juga beresiko 48% mengidap penyakit hipertensi, obesitas dan meninggal karena stroke. Oleh karena itu, sebaiknya tidak usah begadang jika memang hal itu tidak penting.

Berita Terkait