Hati-hati , Ini yang Terjadi Ketika Duduk Terlalu Lama

Jangan sering duduk terlalu lama, berbahaya bagi kesehatan tubuh. Foto : upstation.id

Terkini.id, – Duduk terlalu lama telah menjadi gaya hidup yang kita latih setiap hari. Kita duduk di depan komputer baik di kantor atau di rumah, duduk di dalam mobil, duduk sambil menonton TV, duduk di meja sambil makan, main hp sambil duduk.

Kebiasaan yang kita latih akan sangat mungkin membahayakan kesehatan tubuh. Telah dibuktikan melalui sebuah penelitian dari American Cancer Society, seperti dilansir dari Boldsky, menunjukkan jika duduk selama enam jam sehari atau lebih berisiko mengalami kematian dini meningkat menjadi 19 persen dibandingkan mereka yang duduk kurang dari tiga jam.

Dari penelitian yang mengumpulkan data 128.000 wanita dan pria yang bebas dari penyakit kronis utama pada awal penelitian. Setelah 21 tahun masa tindak lanjut, hampir 49.000 orang meninggal.

Umumnya mereka yang meninggal terkena penyakit jantung, stroke, diabetes, penyakit ginjal, penyakit paru-paru, penyakit hati, gangguan saraf dan gangguan fungsi sendi, ligament, otot, saraf, tendon dan tulang belakang (musculoskeletal).

Penyakit Duduk terlalu lama meningkatkan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan menyebabkan obesitas dan bahkan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Karena ketika kita duduk, tubuh menggunakan lebih sedikit energi daripada ketika berdiri atau bergerak sehingga menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

Penyakit duduk terlalu lama harus dilawan dengan kebiasaan untuk aktif dan tidak malas bergerak. Cara yang bisa kita lakukan adalah

– Sering-seringlah berdiri ketika mewajibkan di kantor harus duduk berjam-jam di depan komputer.

– Lakukan gerakan badan seperti meregang, membalik, menekuk, membengkokan diri , setiap hari selama 10 menit . Dengan menggerakkan tubuh lebih banyak akan membantu meregangkan seluruh tubuh dan mencegah kram otot.

– Membiasakan melakukan gerakan meregang, membalik, menekuk dan membidik akan membantu melawan penyakit duduk.

– Biasakan ketika selesai makan siang, berjalan – jalanlah mengelilingi kantor untuk membakar kalori.

– Lakukan latihan berdiri sambil meregangkan tangan dan jari di sela-sela pekerjaan selama beberapa menit untuk melonggarkan otot dan membakar lebih banyak kalori daripada duduk.

– Pilihlah menaiki tangga dibandingkan naik lift setiap hari di tempat kerja, itu akan membakar kalori yang sama dengan 36 menit berjalan kaki. Cara ini akan membantu menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, sakit punggung kronis dan penyakit metabolik lainnya.

– Lakukan latihan otot bahu dengan duduk tegak, punggung melawan kursi dan kaki rata di lantai. Angkat lengan ke atas kepala dengan telapak tangan rata dan siku menghadap ke samping. Tarik nafas, tekan dan tahan selama 30 detik, perlahan-lahan turunkan tangan dan bernafas normal. Latihan ini akan menguatkan otot bahu Anda.

Latihan – latihan sederhana setiap hari akan membawa kebiasaan dan mengubah gaya hidup mager (malas gerak) menjadi aktif.

Budayakan kebiasaan bergerak sehingga mencegah penyakit mematikan yang mudah menyerang mereka yang malas bergerak.

Berita Terkait
Komentar
Terkini