Hati-hati Penggunaan Lensa Kontak Bisa Timbulkan Masalah Ini

Beragam masalah yang timbul akibat penggunaan lensa kontak. Sumber : Tribunnews.com

Terkini.id, – Penggunaan lensa kontak menjadi tren dikalangan banyak orang terutama anak-anak remaja yang selalu ingin tampil lebih cantik dan menarik.

Banyak orang lebih suka menggunakan lensa kontak dibandingkan kacamata. Lensa kontak dianggap lebih nyaman, tidak menimbulkan rasa sakit di telinga, hidung dan tidak mengganggu penampilan serta membuat penggunanya lebih percaya diri.

Namun, penggunaan lensa kontak dalam waktu lama perlu diwaspadai karena bisa berisiko dan bahkan tidak jarang menyebabkan kerusakan bola mata,   bahkan menimbulkan kebutaan.

Lensa kontak yang pemakaiannya ditempelkan pada kornea bagian depan mata adalah benda asing yang menyesuaikan dengan bola mata.

Pemakaian dalam jangka waktu panjang bahkan bertahun-tahun bisa memberi reaksi serta efek buruk terhadap jaringan mata karena pengaruh lensa kontak.

Menarik untuk Anda:

Pengaruhnya akan terasa pada kelopak mata, selaput konjungtiva dan kornea.

Berikut beberapa kondisi yang timbul akibat penggunaan lensa kontak

1. Mata Menjadi Kering

Airmata yang berfungsi untuk membersihkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata dan sebagai pelumas mata agar tidak menjadi kering dan mata tetap nyaman.

Air mata diperlukan untuk memberikan suplay oksigen pada mata, antibody dan nutrisi yang memberikan daya tahan terhadap infeksi.

Penggunaan lensa kontak akan membuat kadar air mata menjadi berkurang bahkan menjadi kering karena diserap oleh lensa kontak.

Akibatnya mata terasa gatal, perih dan menjadi kering,bahkan terasa ada yang mengganjal seperti pasir dan kemudian mata menjadi merah.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tips Praktis Putihkan Gigi dengan Bahan Alami

6 Tanaman Hias Viral dan Banyak Diburu Pencinta Tanaman Hias .

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar