Hati-hati virus Skygofree mengintai WhatsApp Anda

Hati-hati, malware skygofree mengintai dan mencuri data informasi di handphone Anda. Foto : Ist

Terkini.id, – Ada lagi Malware yang dijuluki Skygofree “memata-matai” banyak orang dengan merekam audio, video, memotret dan mencuri pesan teks dan catatan panggilan tanpa menimbulkan kecurigaan. Demikian diungkapkan peneliti keamanan cyber, seperti dilansir dari independent.co.

Skygofree mampu meretas dan mencuri pesan WhatsApp dari penggunanya, malware ini tidak memiliki koneksi ke Sky atau produknya dan tidak mempengaruhi layanan Sky Go.

Kaspersky sebagai penyedia antivirus mengungkapkan Skygofree ini secara ekslusif menargetkan WhatsApp dengan muatan menggunakan layanan aksesibilitas Android untuk mendapatkan informasi secara langsung dari apa yang ditampilkan di layar sehingga menunggu informasi WhatsApp diluncurkan dan kemudian mem-parsing semua node untuk menemukan pesan teks.

Malware ini juga dapat menguping percakapan dan suara di sekitarnya saat perangkat yang terinfeksi masuk ke lokasi tertentu tanpa diketahui. Virus Malware Skygofree ini dapat mengaktifkan mikrofon telepon yang terinfeksi dan merekam segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.

Menurut Kaspersky, malware ini mampu mengambil gambar dan video, menerima catatan panggilan, pesan teks, data geolokasi, acara kalender dan informasi terkait bisnis yang tersimpan dalam memori perangkat.

Baca juga:

Malware ini telah aktif sejak tahun 2014 dan virus ini masih berlangsung, menyerang beberapa pengguna Android dan Windows di Italia. Kaspersky penyedia antivirus memastikan bahwa pengembang malware ini adalah perusahaan IT Italia yang menawarkan solusi surveilans dan perangkat lunak perusak ini dirancang untuk ‘pengawasan cyber bertarget’.

“Pengguna Android dan Windows disarankan untuk berhati-hati saat menerima email dari orang atau organisasi tidak dikenal atau dengan permintaan tak terduga dan pastikan selalu mengecek ulang integritas dan asal situs website sebelum mengklik tautan dan jika ragu sebaiknya hubungi penyedia layanan untuk melakukan verifikasi,” ungkap Kaspersky.

Pastinya semua pengguna hp Android untuk tidak mendownload sembarangan karena meskipun virus malware Skygofree ini mampu mencuri semua data informasi handpone Anda, namun bisa dicegah dengan tidak memberikan izin khusus seperti membuka email sembarangan dan mendownload sembarangan data yang tidak diketahui jelas integritas situsnya.

Komentar

Rekomendasi

Medan Magnet Bumi Menghilang secara Misterius di Amerika-Afrika, Inikah Penyebabnya?

Saingi Zoom, WhatsApp Bisa Video Call dengan 50 Pengguna Sekaligus

Masa Pandemi, Warga Indonesia Makin Sering Berbagi dan Suka Belanja ke UMKM

Momen PSBB, Ezviz Perkenalkan Lini Produk CCTV Unggulan untuk Pelaku Usaha

Telkomsel Tawarkan CloudX Agar Warga Tetap Produktif di Tengah Pandemi Virus Corona

Usung Program Belajar dari Rumah, DILo Makassar Gelar Kelas Online untuk Programmer

Mengenal Lebih Dalam realme 6 dan realme 6 Pro, Telepon Pintar Pilihan Anak Muda

Hasil Riset: Telepon Pintar realme Favoritnya Anak Muda Indonesia Karena 4 Hal Ini

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar