Infeksi jamur di kulit, ini bahan alami untuk mengobati

Ilustrasi jamur pada kulit (dokter sehat)

Terkini.id – Jamur tidak hanya bisa ditemui di dalam hutan. Di pohon-pohon ataupun bebatuan, jamur juga dapat tumbuh dan berkembang biak pada kulit.

Jika hal tersebut terjadi, tentunya besar kemungkinan akan terjadi infeksi yang akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Infeksi Jamur pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk bagi anda yang mengidap jenis penyakit tertentu. Namun tak perlu khawatir, beberapa bahan alami berikut bisa digunakan untuk mengatasinya.

Dilansir dari Dokter sehat, berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur.

1. Cuka Apel

Cuka apel (pluska)

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan mengatasi masalah jamur pada kulit adalah cuka apel. Dilansir dari laman top 10 home remedies, cuka mengandung bahan antimikrobakterial yang dapat menjaga kebersihan kulit, tidak hanya itu, cuka apel juga mencegah terjadinya pelebaran infeksi dan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Bawang Putih

Bawang putih (national geographic)

Bumbu dapur satu ini menjadi salah satu bahan antibakteri dan antifungal yang sangat ampuh. Selain itu, mengaplikasikan bawang putih pada kulit yang terinfeksi jamur dapat mempercepat proses penyembuhan kulit dan mencegah jamur datan kembali.

3. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree (natural hut)

Minyak esensial satu ini merupakan salah satu minyak yang banyak digunakan untuk membasmi jamur dan bakteri. Tidak hanya meredakan infeksi jamur, minyak tea tree juga menjaga kelembapan kulit secara optimal.

4. Teh

Teh (national geographic)

Kandungan tannin pada teh dapat membunuh jamur pada kulit secara alami. Selain itu, teh juga mengandung astringent yang dapat menyegarkan kulit dan membantu menyembuhkan kulit dengan cepat.

Jadi untuk anda yang terkena infeksi jamur, tidak harus selalu mengandalkan krim khusus. Banyak bahan-bahan alami yang bisa anda jadikan alternatif, selain murah juga lebih alami.

Berita Terkait