Heboh di Medsos, Ustaz Ngaku Mualaf Alumni S3 Vatikan Dibongkar Netizen

Terkini.id, Jakarta – Jagat media sosial kemarin diramaikan dengan kabar seorang ustaz bernama Chris Bangun Samudra yang sudah dikenal sering bekeliling untuk berceramah.

Menjadi menarik, karena pengakuan Ustaz Bangun Samudra sebagai seorang mualaf, mantan pastor bahkan pernah kuliah hingga S3 di Vatikan. Seperti diketahui, Vatikan merupakan sebuah negara yang menjadi pusat Ajaran Katolik.

Netizen banyak tertarik dengan pengakuan alumni S3 Vatikan lantaran diduga kuat menjadi cara Bangun Samudra untuk menarik minat jemaah untuk datang mendengarkan ceramahnya.

Bangun Samudra diduga bohong lantaran tidak ada universitas di Vatikan.

Kisah kebohonan Bangun Samudra bermula saat akun bernama Romo Jost Kokoh mempos sebuah poster sosialisasi acara keagamaan yang diselenggarakan di salah satu masjid.

Pada poster sosialisasi acara tersebut, dituliskan akan dihadiri seorang ulama dengan nama Ustaz Bangun Samudra. Acara ditulis berlangsung pada Jumat 14 Februari 2020.

Jika dilihat sekilas, memang tak ada yang aneh pada poster itu. Namun, jika dilihat dengan seksama ternyata di bawah tulisan nama Ustaz Bangun Samudra itu tertulis beberapa kata yang cukup unik. ‘Muallaf, Mantan Pastor, Lulusan S3 Vatikan’.

Romo Jost Kokoh mengungkapkan kesaksian bahwa Bangun Samudra diketahui cuma pernah bersekolah di SMA Katolik Seminari Garum di Kota Blitar, Jawa Timur. Dan itupun tidak pernah sampai tamat.

“Kenapa umat beragama di sini mudah sekali dibohongi?

Contoh jelas:

Dia pernah di Seminari Garum-Blitar (SMA) dan hanya 1 tahun artinya tidak lulus!

Setelah mualaf, tahu-tahu muncul sebagai ustaz dan mengaku mantan pastor (pastor genius lulusan S3 Vatikan) Anehnya ribuan orang langsung percaya begitu saja,” tulis Romo.

Kemudian, akun Padre Marco SVD, seorang pengamat perdamaian dunia asal Indonesia yang tinggal di Roma ikut mengungkapkan kecurigaannya.

Dalam Twitnya, Padre menyampaikan bahwa dipastikan Vatikan tidak memiliki universitas untuk menerbitkan gelar S3 Vatikan. Menurutnya yang ada hanya Universitas-universitas Kepausan di Roma.

“Semua lulusannya tidak pernah disebut lulusan Vatikan. Tapi lulusan Roma,” seperti dikutip dari Twit Padre.

Meski begitu, Padre meminta pihak terkait untuk memberikan identitas asli Bangun Samudra untuk dikonfirmasi dengan data yang ada di Roma.

“Kalau boleh diberi nama asli. Tahun studi dan nama universitasnya, biar ditelusuri langsung di sini kebenarannya,” tulisnya.

Pengakuan gelar S3 Vatikan Bangun Samudra bukan cuma disampaikam lewat poster-poster yang beredar. Ustaz Bangun Samudra juga pernah menyampaikan pengakuan S3 Vatikan itu dalam video akun youtube Kajian Ilmu tertanggal 5 Juni 2018.

Dalam video ceramah berdurasi 21 menit 33 detik itu, sejak awal Bangun Samudra telah mengakui dirinya memang sebagai lulusan terbaik S3 Vatikan.

Yang anehnya, video ini begitu banyak ditonton, tercatat hingga saat ini hampir 3 juta penonton telah menyaksikan Bangun Samudra mengaku diri sebagai S3 Vatikan.

Komentar

Rekomendasi

Videonya Viral, Ini Pengakuan Ojol yang Lindungi Makanan Pesanan Pelanggan dari Semprotan Disinfektan

Puluhan Napi Dibebaskan akibat Pandemi Corona Kecuali Habib Bahar, Ini Alasannya

Update Kasus Corona di Sulsel, 80 Orang Positif, 172 PDP

Kabar Duka, Satu Guru Besar UI PDP Corona Meninggal Dunia

Curhat Sedih Bocah Anak Perawat, Ibuku Menjauhiku Demi Menolong Dirimu

Para Koruptor Berpeluang Bebas karena Corona, Termasuk Setya Novanto

Viral Video Polisi Usir Pengunjung Restoran yang Sedang Makan di Tempat

Viral Pria Ditemukan Tewas Usai Ludahi Orang Lain di Stasiun, Ternyata Positif Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar