Makassar Terkini
Masuk

191 WNA China Penuhi Bandara Soekarno Hatta, Netizen: Mereka Adalah Ancaman Anak Cucu Kita

Terkini.id, Jakarta – 191 WNA China yang telah lama tinggal di Indonesia kembali menjadi viral setelah mereka berkumpul di Bandara Soekarno Hatta untuk pulang kembali ke negara asalnya.

Dilansir tempo.co, Selasa 7 Juni 2022, dalam video yang viral tersebut tampak 191 WNA China ini sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Namun yang menarik perhatian adalah 191 WNA China tersebut mengenakan seragam khusus sehingga menjadi pusat perhatian publik.

Diketahui seragam khusus tersebut adalah pakaian pelindung dari Virus Corona dan menjadi suatu kewajiban jika ingin kembali ke China.

Di negara China kasus Covid-19 diketahui masih tinggi dan untuk mencegah penyebaran Virus Corona, pemerintah China mewajibkan para pendatang memakai wearpack alias seragam yang biasanya digunakan oleh para pekerja lapangan.

“Terkait dengan pakaian yang digunakan, maka hal tersebut merupakan bagaian dari regulasi negara RRC dimana tingkat penyebaran kasus Covid-19 di negara tersebut masih cukup tinggi, sehingga warga yang pulang dari luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin.” kata Kepala Kantor Imigrasi I Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta, dikutip tempo.co, Selasa 7 Juni 2022.

Muhammad Tito Andrianto selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno Hatta mengatakan bahwa rombongan WNA China tersebut tinggal di Indonesia.

Lebih lanjut lagi, Tito menjelaskan bahwa 191 WNA China tersebut menetap di Indonesia dengan visa kunjungan dan VITAS.

Seluruh 191 WNA China tersebut telah mengikuti peraturan yang berlaku untuk dapat menetap di Indonesia.

“Selain menggunakan izin masuk yang sah, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta memastikan bahwa proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA tersebut telah sesuai dengan SOP pemeriksaan yang ada. Semua WNA telah melewati pemeriksaan di Konter Pemeriksaan Imigrasi,” ujar Tito.

Melihat pemberitaan tentang WNA China yang berjumlah sekitar ratusan bekerja dan menetap di Indonesia, netizen menanggapinya dengan nada sinis.

Cuitan Netizen Soal Rombongan 191 WNA China yang Memenuhi Bandara Soekarno Hatta (screenshot dari kolom komentar akun Twitter @tempodotco)

Salah satu netizen mempertanyakan mengapa tenaga ahli bisa sampai 191 orang.

“Itu tenaga ahli,” tulis akun Twitter @jawir_solo, dilihat pada Selasa 7 Juni 2022.

Ada pula yang berpendapat bahwa WNA China tersebut merupakan sumber masalah untuk Indonesia.

“PKI perjuangan biang kerok kehancuran negeri ini,,,” tutur akun Twitter @DidiPras77.

“Mrk adalah ancaman anak cucu kita,” tambah akun Twitter @mina_020305.

Selanjutnya terdapat pula netizen yang menanyakan kenapa BIN tidak memberikan keterangan pers mengenai keberadaan 191 WNA China tersebut.

“Piye iki BIN.. kox ga ada konfers,” ungkap akun Twitter @dayattuju3.