Heboh Warga Pertanyakan Modal OK OCE Tak Cair, Ternyata Begini Persoalannya

Jakarta – Banyak warga yang belum memahami cara pencairan modal dari program OK OCE yang dicanangkan Sandiaga Uno saat masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Warga di Kepulauan Seribu, Satimah misalnya menanyakan pencairan OKKK OCE kepada Gubernur Anies Baswedan Jumat lalu.

Menurut Satimah, modal OK OCE belum cair.

Saat wartawan bertanya ke Anies, dia pun menjawab bahwa dana OK OCE itu memang tidak ada. OK OCE lebih memberi pelatihan agar UMKM bisa menghasilkan produk dengan baik.

Utang di Bank

Terkait permodalan, Perkumpulan Gerakan One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) menyebutkan para anggota program itu sebenarnya bisa mendapatkan dana maksimal Rp 10 juta.

Akan tetapi, dana itu tidak diberikan cuma-cuma. Melainkan kredit di bank. OK OCE lebih kepada mengarahkan pelaku untuk bisa mendapatkan kredit tersebut.

Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OK OCE Iim Rusyamsi mengatakan, dana sebesar Rp 10 juta ini berupa pinjaman dari Bank DKI Jakarta.

“Jadi ada proses sosialisasinya di pertama dan proses kedua,” kata Iim seperti dilansir dari detik, Sabtu 23 Maret 2019.

Ada tujuh tahap yang akan diberikan kepada para anggota OK OCE. Pertama, masyarakat melakukan pendaftaran.

Kedua, proses pelatihan. Ketiga, proses pendampingan. Keempat, proses perijinan. Kelima, proses pemasaran. Keenam, proses pelaporan keuangan. Ketujuh, proses permodalan.

Iim menyebutkan, permodalan bisa didapatkan para anggota jika memang aktif dan mengikuti enam proses yang ada. Adapun, akses permodalan yang diberikan merupakan kredit tanpa agunan dengan maksimal pinjaman Rp 10 juta.

“Tapi dia harus ikut proses sampai P6. Nanti diberikan akses kemudahan, seperti pinjaman tanpa agunan maksimal Rp 10 juta, maksimal cicilan 18 bulan dengan bunga 7 persen setahun,” ujar dia.

Menurut Iim, para anggota juga akan mendapatkan pembekalan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DKI Jakarta mengenai Sistem Informasi Layanan Keuangan (SILK).

“Karena tanpa agunan, mereka harus aktif diproses P1-P7. Jadi kebutuhan oleh pendampingan akan dibantu,” ungkap dia.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Pilpres

Tugas TKD Jokowi-Ma’ruf Sulsel Resmi Berakhir

Terkini.id -- Tugas Tim Koalisi Daerah (TKD) Jokowi-Ma'Provinsi Sulawesi Selatan resmi berakhir, sejak, Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) ditetapkan sebagai pasangan presiden dan wakil presiden