Hendak Lunasi Kreditnya, Nasabah BNI di Soppeng Kaget Diminta Membayar Lebih

BNI Soppeng
Kantor BNI Kabupaten Soppeng

Terkini.id, Soppeng – Seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Soppeng Jufri terpaksa gigit jari lantaran dirinya harus melunasi hutang kreditnya di Bank Negara Indonesia (BNI) Soppeng.

Berjalan dua tahun dari hutang kreditnya, Jufri hendak melunasi hutangnya namun dirinya diminta membayar Rp 211 juta lebih dari pengambilan kreditnya senilai Rp 210 juta.

Jefri mengatakan bahwa saat ingin melunasi hutangnya, pihak bank meminta agar dirinya membayar Rp 211 juta yang tidak seusai dengan jumlah pengambilannya.

“Saya ambil kredit di Bank BNI, angsuran sudah bayar selama 2 tahun. Saya mau lunasi, namun saat mendatangi BNI cabang Pembantu Soppeng, saya diminta membayar Rp 211 juta lebih sebagai pelunasan,” ujarnya kepada terkini.id, Jumat, 19 Juli 2019.

Mengetahui hal tersebut, ia menilai bahwa bank tersebut tidak masuk akal dan sangat membodoh-bodohi nasabah.

“Gaji saya dipotong sebanyak Rp 2,6 juta. Saya membayarnya selama dua tahun, saya heran ke mana gaji selama ini. Saat menemui karyawan BNI, pihak BNI memberikan denda penalti 2,5%, beberapa hari kemudian saya diminta untuk membayar penalti sebesar 5% dari sisa modal,” ujar Jefri.

” Saya tidak apa kalau ini merupakan aturan perbankan atau bagaimana, yang jelas nilai itu tidak wajar,” ucapnya dengan nada kecewa.

Tanggapan BNI Soppeng

Sementara itu, Kepala Cabang Pembantu BNI Soppeng Wahyuddin didampingi stafnya membenarkan jumlah yang harus dibayar nasabah atas nama Jefri tersebut yakni sebesar Rp 211.549.697.

“Betul, untuk pelunasan nasabah yang harus membayar, karena saat pengambilan bunga flat, jadi jika ingin melunasi sebelum jatuh tempo, kita konversikan dulu ke bunga efektif baru kita hitung pelunasannya,” ujar Wahyuddin saat dikonfirmasi, Jumat, 19 Juli 2019.

Dirinya menjelaskan, jumlah yang harus dibayar tersebut sudah sesuai dengan prosedur, karena bukan pihaknya yang menghitung, melainkan sistem dari perbankan.

“Ini sudah sesuai dengan prosedur, semuanya yang hitung sistem, bukan kami,” jelasnya.

Komentar
Terkini
Soppeng

Inilah Deretan Caleg Terpilih DPRD Soppeng

Terkini.id, Soppeng - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Soppeng melaksanakan rapat peleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Soppeng pada