Hindari Kebakaran di Musim Kemarau, Ini Himbauan Plt Kadis Damkar Makassar

Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Taufiek Rachman

Terkini.id, Makassar –  Plt Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar, Taufiek Rachman mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap percikan api. Hal itu merespon musim kemarau di kota Makassar.

“Beberapa hari terakhir, bahkan tiap saat hampir terjadi kebakaran di Makassar,” kata Taufiek.

Ida mengatakan, ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan kebakaran. Mulai dari penggunaan kompor, membakar sampah, hingga alang-alang.

“Waspada bahaya api, terutama kompor di rumah. Kalau sudah pakai kompor, jangan lupa ditutup. Ada alang-alang disamping rumah juga harus waspada. Jangan membakar sampah atau alang-alang,” kata Taufiek.

Semua hal ini, kata dia, tak boleh dianggap sepele. Apalagi, menurut Taufiek, pada musim kemarau ini  suhu yang panas bisa membuat api lebih mudah berkobar.

Menarik untuk Anda:

“Hampir tiap hari ada kasus kebakaran yang disebabkan oleh alang-alang. Baik yang intensitas besar maupun yang berintensitas kecil,” ungkapnya.

Penyebab paling banyak kebakaran di Kota Makassar, kata dia, berasal dari alang-alang. Dia mengatakan alang-alang mudah terbakar bila ada suhu panas.

Ia mengatakan, kadang memang ada yang sengaja dibakar, ada yang tidak. Jadi kalau ada percikan api kecil, harus diperhatikan.

“Aktifitas membakar sampah juga merupakan salah satu penyebab kebakaran,” paparnya.

Taufiek pun melarang masyarakat saat musim kemarau ini untuk tidak membakar sampah. Ia meminta sampah tersebut untuk dikumpulkan.

“Jangan membakar sampah. Kalau ada sampah, kumpul saja, nanti Dinas Kebersihan yang angkat. Kalau kemarau begini, kadang api pembakaran bisa cepat meluas dan akan sulit dikendalikan,” tambahnya.

Kendati begitu, Taufiek mengatakan, pihaknya selalu siap jika ada kebakaran terjadi. Baik secara personil maupun armada.

“Selalu siap kapan pun untuk turun membantu pemadaman api kebakaran,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Update 11 Juli Kasus Covid-19 di Makassar, Sudah Tembus 4.000 Lebih

Viral: Anak Pulau Sangkarrang Minta Duta Besar Belanda Pulangkan Kapal Boskalis

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar