Hindari Kebiasaan Ini, Supaya Mata Tidak Cepat Menua

Hindari kebiasaan yang membuat mata cepat menua. Sumber : hellosehat.com.

Terkini.id, – Mata yang cepat menua biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kali tidak disadari bisa memberikan efek yang tidak baik untuk mata. Pola hidup yang tidak sehat juga berpengaruh buruk selain pada kesehatan secara keseluruhan, dan membuat mata cepat menua.

Menyadari pentingnya kesehatan mata untuk penglihatan yang baik, ada baiknya disarankan untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memberikan pengaruh buruk buat kesehatan mata.

1. Terpapar Sinar Matahari Tanpa Kacamata Hitam
Sinar ultraviolet (UV dari matahari dapat mempercepat kerusakan mata dan kelopak mata, jika terpapar secara langsung tanpa menggunakan pelindung seperti kacamata hitam yang memiliki UV protection 100%. Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari langsung yang berkepanjangan seperti katarak, degenerasi macula, pinguekula, pterigium atau tumbuhnya lapisan segitiga di permukaan bagian depan mata, kanker mata dan terbakar pada permukaan depan mata atau fotokeratitis.

Sebaiknya jika harus bekerja atau melakukan kegiatan yang terpapar langsung oleh matahari, gunakanlah kacamata pelindung yang bisa mencegah timbulnya dampak negatif bagi kesehatan mata dan membuat mata cepat menua.

2. Sering Menatap Layar Terlalu Lama
Menatap layar komputer, smartphone, tablet dan laptop dapa menyebabkan ketegangan pada mata sehingga mengakibatkan penglihatan mata terganggu, mata menjadi kabur dan sakit kepala. Selalu memberikan waktu istirahat beberapa kali dalam setiap jam selama kurang lebih 30 detik- 1 menit.

Mengurangi waktu menatap smartpone, komputer, laptop, layar kaca akan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata cepat menua.

3. Pola Makan yang Tidak Sehat
Makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan.

Biasakanlah makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah yang bisa memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh terutama untuk kesehatan mata. Di dalam sayur dan buah banyak mengandung vitamin, mineral, asam lemak esensial yang sangat penting untuk kesehatan mata. Selain mengonsumsi sayur dan buah, konsumsilah juga ikan salmon yang dapat mencegah penyakit degenaratif mata.

Jangan lupa melakukan olahraga yang teratur setiap hari dan menjaga berat badan yang ideal juga membantu menjaga kesehatan mata.

4. Suka Merokok
Merokok merusak kesehatan tubuh bahkan seluruh organ tubuh bisa terdampak karena kebiasaan ini.
Penelitian mengungkapkan bahaya merokok sangat berhubungan dengan penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, uveitis, mata kering dan retinopati diabetik, bahkan fakta membuktikan perokok memiliki risiko 4 kali lebih besar mengalami kebutaan dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Jika ingin menjaga kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan, berhentilah merokok saat ini juga bagi mereka yang suka merokok.

5. Lupa melepas soft lens saat tidur
Kebiasaan tidur tanpa melepas soft lens bisa menyebabkan infeksi bahkan berisiko kebutaan. Menggunakan soft lens dalam waktu lama saja sudah bisa membuat mata menjadi sakit dan kering bahkan menyebabkan iritasi mata, apalagi jika sampai dibawa tidur. Hindari kebiasaan ini supaya mata tidak menjadi rusak.

6. Mengabaikan pemeriksaan mata secara rutin
Melakukan pemeriksaan mata secara rutin membantu mendeteksi gangguan penglihatan, penyakit mata, dan masalah kesehatan secara umum dan menghindari dari risiko penyakit mata yang mengancam jiwa seperti glaukoma yang juga bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Jadwalkan waktu untuk lakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Komentar
Terkini