Hoaks, Tulisan Berjudul ‘Mana Teriakan Saya Pancasilamu?’ Ditulis Sekum Muhammadiyah

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah tulisan yang mencatut nama Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti yang berjudul “Mana teriakan Saya Pancasila mu?”.

Adapun tulisan tersebut sempat diterbitkan oleh sebuah situs, yang kemudian kembali disebarkan ulang oleh para pengguna media sosial dan aplikasi perpesanan WhatsApp.

Menanggapi tulisan tersebut tersebut, Abdul Mu’ti pun angkat bicara.

Baca Juga: Mahfud MD Angkat Bicara Soal Tudingan Din Syamsuddin Radikal

Dilansir dari laman muhammadiyah.or.id lewat situs turnbackhoax.id, Senin, 15 Juni 2020, Abdul Mu’ti dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa dirinya tidak pernah menulis atau membuat pernyataan seperti halnya yang terdapat dalam tulisan viral itu.

Abdul Mu’ti menegaskan bahwa tulisan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Laporkan Din Syamsuddin Radikal, GAR ITB Banjir Kecaman

Ia pun mengajak semua pihak, khususnya warga Muhammadiyah untuk bijak dalam bermedia sosial dan tidak mudah mempercayai sebuah tulisan yang belum tentu kebenarannya.

Selain itu, Mu’ti juga meminta masyarakat agar mengedepankan sifat tabayun dan berifikir kritis ketika menerima suatu informasi di media sosial.

Sementara itu, situs hajinews.id yang memuat tulisan tersebut juga telah menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan dalam hal penulisan yang dilakukan oleh pihaknya.

Baca Juga: Muhammadiyah Sarankan Keluarga Ikut Urus Jenazah Pasien COVID-19

Situs tersebut menyampaikan klarifikasinya dan permintaan maafnya lewat sebuah catatan redaksi.

Mereka menyampaikan bahwa artikel yang sebelumnya ditulis dengan nama Abdul Mu’ti itu kini telah diubah.

Sponsored by adnow
Bagikan